Buat Lo yang Coffee Lover, Sudah Pernah Coba Kupi Khop? - MLDSPOT
  • Food
  • Buat Lo yang Coffee Lover, Sudah Pernah Coba Kupi Khop?

Buat Lo yang Coffee Lover, Sudah Pernah Coba Kupi Khop?

Sat, 28 December 2019
penyajian kupi khop yang cukup unik, dengan cara dibalik

Minum kopi menjadi aktivitas menyenangkan masyarakat di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Bicara soal minum kopi, ada kebiasaan unik masyarakat Aceh dalam menikmati segelas kopi saat nongkrong. Yaitu minum kopi dengan gelas terbalik yang biasa disebut dengan Kupi Khop. Seperti apa keunikan cara minum kopi ini dan asal-usulnya? Simak ulasannya di bawah ini.

 

Berawal dari Kebiasaan Masyarakat Pesisir

Tradisi meminum kopi Kupi Khop pada mulanya berasal dari kebiasaan masyarakat di wilayah pesisir Aceh Barat. Masyarakat yang pada umumnya berprofesi sebagai nelayan biasa memesan kopi dan meminumnya sebagian sebelum melaut. Nah, agar kopi ini selalu hangat dan nggak kotor, penyajiannya dilakukan dengan gelas yang terbalik. Dengan begitu, nelayan bisa menikmati kopi yang masih tersisa. Lambat laun, kebiasaan ini menyebar hampir di seluruh daerah Aceh.

Cara minumnya adalah dengan menyelipkan sebuah sedotan kecil pada mulut gelas. Setelah itu, tiup secara perlahan agar ada udara di dalam gelas tersebut. Dengan begitu, kopi akan keluar dari piring kecil yang dijadikan sebagai gelas. Mudah, namun saat lo mempraktikkannya pertama kali agak sedikit susah, Urbaners.

 

Punya Unsur Sejarah yang Kental

Penyajian Kupi Khap khas Tanah Rencong yang unik

Kupi Khop menyimpan berbagai keunikan sejarah dalam perjalannya. Masyarakat di Aceh ada yang menyebutkan jika asal-usul maupun sejarah Kupi Khop berasal dari perkataan Teuku Umar, sang pahlawan nasional yang berasal dari kota Meulaboh, Aceh.

Menjelang gugur di medan pertempuran karena tertembak, Teuku Umar konon mengucapkan ‘Kupi Khop’ sebagai kata terakhir yang keluar dari mulutnya. Ini juga berkaitan dengan adanya sumber sejarah lain yang menyebutkan jika sebelum bertempur, Teuku Umar selalu mengisyaratkan kepada pasukannya untuk menikmati secangkir kopi terlebih dahulu. Demikian diungkapkan oleh Kepala Bidang Bahasa dan Seni Dinas Kebudayan dan Pariwisata Meulaboh sebagaimana dilansir dari laman Good News From Indonesia.

Tempat Nongkrong dan Minum Kupi Khop Asyik di Aceh

cara menikmati segelas kupi khop di sebuah kedai kopi aceh

Setelah lo mengetahui keunikan dan sejarah di balik keberadaan Kupi Khop ini, pasti lo bertanya-tanya mengenai tempat yang asyik untuk menikmati kopi tersebut. Kalau lo liburan ke Tanah Rencong, bisa langsung menuju ke kedai-kedai yang tersedia di pinggir jalan. Salah satunya ada di Kedai Kopi Tubruk & Arabica Jalan AMD No.36, Banda Aceh, khususnya di daerah Batoh.

Nggak cuma bisa menikmati segelas Kupi Khop yang bercita rasa mantap saja, di sini lo seolah berada di Aceh zaman dahulu. Sebab, di sini bangunannya masih mempertahankan arsitektur rumah adat masyarakat Aceh. Masyarakat setempat menyebutnya dengan istilah Rumoh Tjut Nyak Dien. Harganya pun sangat terjangkau mulai dari Rp8.000 sampai Rp20.000 saja tergantung jenis kopinya, murah kan?

 

Jadi, buat lo yang merasa coffee lovers wajib paling nggak sekali seumur hidup mencoba Kupi Khop dari pulau yang ada di ujung barat Indonesia ini, Urbaners!

 

 

Source: goodnewsfromindonesia.id, kumparan.com

Infused Water dari Biji Kopi: Sensasi Minum Cold Brew Tanpa Diseduh!

Fri, 02 April 2021
Biji Kopi

Kopi emang udah jadi minuman yang rasanya wajib dinikmati setiap harinya bagi sebagian orang. Baik itu kopi susu, kopi murni, ataupun kopi yang udah disediakan dalam bentuk kemasan. Yang manapun itu, pokoknya lo ingin menikmati kopi tanpa harus susah bikin, iya kan?

Bagi lo para pecinta cold brew, lo udah pernah denger infused water dari biji kopi belum, bro? Minuman yang identik dengan kesehatan ini ternyata bisa lo nikmati selayaknya minum kopi sehari-hari pada umumnya.

Meskipun nggak seperti cold brew, tapi minuman dari biji kopi yang satu ini wajib untuk lo coba – selain unik, pastinya lo akan menemukan sensasi rasa kopi yang berbeda. Biar nggak penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Minuman dengan Rendaman Biji Kopi

Biji Kopi

Credit image - Oasis

Seperti yang diketahui – infused water merupakan minuman yang direndam dalam waktu yang cukup lama. Jadi untuk infused water yang satu ini bukan menggunakan kopi yang digiling, melainkan menggunakan biji kopi yang disangrai.

Air yang direndam dengan biji kopi selama 7 jam ini bisa bikin lo merasakan sensasi minum kopi yang berbeda. Minuman yang satu ini emang punya sensasi seperti cold brew, tapi nyatanya berbeda, bro!

Minuman ini akan terasa lebih seperti sirup kopi dengan air dingin dan rasa sangrai kopi yang sedikit lebih kuat. Kehadiran infused water pastinya akan menambah variasi dari menu kopi itu sendiri. Lo nggak akan bosen deh, bro!

Campuran Infused Water dari Biji Kopi: Bikin Segar!

Selain jadi minuman yang baru dari jenis kopi, ada sumber yang mengatakan bahwa infused water yang menggunakan biji kopi dan air lemon yang dicampur beberapa tetes madu bisa membuat lo merasakan minuman kopi yang segar.

Minuman infused water dari biji kopi ini juga disarankan untuk direndam selama 12 jam. Hasil dari minuman ini juga punya rasa yang berbeda ini – karena nggak bikin lo serasa lagi minum cold brew mocktail!

Infused Liquor Juga buat Party!

Biji Kopi

Credit image -

Hal menarik yang bisa di bikin dari infused water ini adalah – lo juga bisa mengganti air dengan liquor seperti Vodka!

Salah satu sumber dari internet – yaitu uticacoffeeroasting yang mebuat infused water coffee dengan menggunakan Vodka. Menjadikan vodka sebagai campuran pada minuman ini dianggap cukup menarik tentunya. Dengan menggunakan mason jar dan merendam biji kopi yang ditumbuk kasar dan di sangrai dengan campuran vodka selama 48 jam ini. Kalo jenis minuman yang satu ini, infused water ini bukan untuk kesehatan – tapi malah jadi meriah!

Dari resep infused water ini rasanya lo pasti pengen coba bikin sendiri kan, bro? Jangan lupa buat tag @MLDSPOT kalo udah berhasil bikin resep kopi yang satu ini ya!

 

Feature image - Oasis