Home Food Bukan Ruang, Coffee Shop Estetik yang Homey
Bukan Ruang, Coffee Shop Estetik yang Homey

Bukan Ruang, Coffee Shop Estetik yang Homey

Sunday, May 19, 2019 - 15:35
Bagikan
Facebook Twitter Email

Seiring berkembangnya zaman, menu yang menggugah selera di sebuah coffee shop rasa-rasanya nggak lagi cukup untuk menarik perhatian pengunjung. Banyak orang, barangkali termasuk lo, Urbaners, seringnya mengidamkan coffee shop yang juga estetik sekaligus nyaman disinggahi berlama-lama. Nah, Bukan Ruang bisa menjadi destinasi tepat untuk menyesap kopi dan menyantap sajian lezat sembari menikmati keindahan tiap sudutnya!

Bukan Ruang terletak di Jalan Kemang Raya No. 29, Jakarta Selatan. Bangunannya memang nggak kelihatan langsung dari jalan raya. Lo harus lebih dulu masuk ke dalam semacam gang tepat di sebelah Pos Polisi Kemang untuk menemukannya.

 

Tata Ruang yang Artistik Sekaligus Hangat

Coffee bar yang terletak di tengah ruangan akan langsung menyambut lo usai kaki melangkah masuk ke Bukan Ruang. Barista yang semula tampak sibuk sontak sigap menyapa seraya menyunggingkan senyum paling ramah yang bisa dipamerkannya.

Ketika mengedarkan pandangan, lo akan menyaksikan area dine in yang ditata sedemikian rupa mengelilingi coffee bar. Dengan penataan seperti itu, setiap pengunjung menjadi lebih mudah untuk berinteraksi dengan para barista.

Tata Ruang yang Artistik Sekaligus Hangat

Plafon yang tinggi membuat area seluas 88 meter persegi itu tak terasa sempit. Ditambah lagi dengan deretan jendela kaca besar yang membuat cahaya matahari bisa leluasa menerobos dan menerangi ruangan.

Bukan Ruang menyediakan pilihan tipe seaters untuk pengunjung, mulai dari built-in bench, stools, hingga bar stools. Paduan warna putih dan cokelat pada interior membuat suasana terasa begitu homey, sementara barisan tanaman hijau di sekeliling ruangan menghadirkan kesegaran tersendiri. Sebuah vas mungil berisi sejumput bunga ilalang di tiap meja menguarkan kesan manis nan cantik.

Kembali ke coffee bar, kisi-kisi box putih asimetri yang dibuat dari deretan pipa besi di plafon menjadi focal point yang catchy. Empat pasang lampu gantung menyempurnakan daya tarik area tersebut.

Dengan estetika yang dihidupkan, dilengkapi alunan musik tanpa henti, Bukan Ruang terasa pas untuk lo yang berniat menghabiskan banyak waktu di sana. Belum lagi dengan pelayanannya yang teramat ramah dan lancarnya koneksi wi-fi yang tersedia. Bukan cuma berbagi cerita maupun tawa bersama orang-orang tersayang, lo juga bisa fokus mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaan hingga membaca buku dengan santai.

Tata Ruang yang Artistik Sekaligus Hangat

Gue udah beberapa kali ke sini, sih. Pertama kali ke sini sama teman-teman. Lama-lama gue suka ke sini sendiri cuma untuk baca buku atau mampir minum kopi. Suasananya, sih, yang bikin gue segitu cintanya buat balik lagi, bikin betah,” kata seorang pengunjung bernama Lana.

 

Berfungsi Ganda, Juga untuk Galeri Seni

Tak hanya berfungsi sebagai coffee shop yang aesthetic, Bukan Ruang siap digunakan sebagai lokasi sebuah acara seni. Ya, meja counter coffee bar didesain portabel sehingga sewaktu-waktu dapat dibagi dua dan ditarik mundur.

Area dine in di sekeliling ruangan dimungkinkan untuk menjadi galeri seni. Bidang partisi putih yang dipasang di sepanjang dinding dapat dijadikan latar untuk memasang dan mempertontonkan karya-karya seni. Adjustable lamp juga disediakan untuk meneranginya.

 

Aneka Kopi, Hidangan Khas Indonesia, hingga Menu Sarapan

Coffee shop milik Friska Monita tersebut menyuguhkan pilihan kopi, baik disajikan panas maupun dingin, yang dibanderol dengan kisaran harga Rp18--76 ribu. Pandan Latte yang disajikan panas serta Body Latte dan Coffee Lychee yang dihidangkan dingin menjadi rekomendasi dari para barista. Selain itu, lo juga bisa memesan menu manual brew dengan pilihan biji kopi lokal, impor, guest, hingga limited.

Nggak suka kopi? Tenang. Bukan Ruang tentunya menyediakan pula aneka minuman non-coffee dengan kisaran harga Rp24--34 ribu. Sebut saja sejumlah jus, minuman yang dibuat dengan campuran susu, hingga yang berbahan dasar teh. Lemon Tea dan Lychee Tea, menurut para barista, paling sering dipesan oleh pengunjung.

Aneka Kopi, Hidangan Khas Indonesia, hingga Menu Sarapan

Mengingat Bukan Ruang dibuka mulai pukul 7.30 WIB setiap harinya, tersedia menu sarapan yang bisa dipesan hingga pukul 11.00 WIB. Dibanderol dengan kisaran harga Rp25--35 ribu, lo bisa memilih menu sarapan yang terdiri atas Bubur Kacang Ijo, Bubur Ayam, Omelette, Toast & Scramble, Peanut Butter & Banana, Avocado Toast, hingga Pancake.

Bukan cuma menu ala barat seperti pasta, burger, sandwich, hingga salad, ada juga masakan khas Indonesia yang bisa lo pilih saat bertandang ke Bukan Ruang. Beberapa di antaranya, yakni Nasi Garang Asam Iga, Nasi Goreng Rawon, Nasi Dori Sambal Matah, Nasi Ayam Geprek, Mie Godok Jawa, hingga Mie Nyemek Jawa.

Yang jadi favorit pelanggan dan tak boleh dilewatkan? Tentu saja Nasi Daging Sei. Hidangan seharga Rp55 ribu ini terdiri atas nasi putih, daging sei, dilengkapi sedikit kuah serta sejumput irisan wortel dan kol mentah. Gurih, pedas, dan sedikit asamnya menyatu sempurna, dijamin bakal bikin lo ketagihan!

Gue baru pertama kali ke sini. Sebelumnya baca-baca review dan banyak yang merekomendasikan Nasi Daging Sei. Ternyata bener, enak dan gue suka banget! Gue pastinya akan balik lagi untuk ini, sih, dan juga coba makanan lain yang nggak kalah menggiurkan,” kata seorang pengunjung yang nggak ingin disebutkan namanya.

Aneka Kopi, Hidangan Khas Indonesia, hingga Menu Sarapan

Kalau nggak mau menyantap makanan berat, Bukan Ruang juga menyediakan pilihan cemilan, mulai dari Mix Fries, Wedges, Otak Otak, Hot Wings, hingga Puding Buah, dengan kisaran harga Rp25--35 ribu.

Yang paling recommended itu Mix Fries, isinya kentang, scramble egg, meat, dan sosis,” ucap salah satu barista.

Bagaimana, Urbaners? Pasti sudah nggak sabar, dong, untuk membuktikan seberapa estetik nan homey sembari menikmati berbagai menu yang tersedia di Bukan Ruang. Nggak usah ragu lagi, sempatkan waktu lo--barangkali bersama orang tersayang--buat datang ke coffee shop tersebut!