• Food
  • Dominique Crenn, Koki Wanita Pertama AS yang Raih Michelin Stars

Dominique Crenn, Koki Wanita Pertama AS yang Raih Michelin Stars

Wed, 12 December 2018
Dominique Crenn, Koki Wanita Pertama AS yang Raih Michelin Stars

Amerika Serikat kini memiliki koki wanita yang cukup berpengaruh. Dia adalah Dominique Creen yang beberapa waktu lalu memperoleh penghargaan begengsi bintang tiga dari Michelin Guide. Koki kelahiran Perancis yang kini menetap di Amerika Serikat tersebut mendapatkan pujian dan penghargaan atas prestasinya. Simak kisahnya berikut

 

Wujudkan Restoran Kecil Naik Status

Wujudkan Restoran Kecil Naik Status

Raihan tiga bintang Michelin Stars bukan tanpa alasan diberikan kepada Dominique Crenn. Penghargaan tersebut diberikan karena konsep hidangan yang disajikannya. Dirinya memiliki restoran yang diberi nama Atelier Creen dan dibuka sejak 2011. Restoran tersebut adalah restoran kecil yang hanya memiliki delapan meja saja.

Meski begitu, di sini menawarkan sensasi makan dengan harga 335 dolar atau setara 4.7 juta rupiah. Berkat buah tangan Dominique Crenn yang berpengalaman selama puluhan tahun dalam meramu makanan, nggak heran kalau di restoran tersebut keseimbangan rasa, seni dan teknis begitu memukau para juri dan tim peninjau Michelin Guide.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur International Michelin Guide, Gwendal Poullennec. Menurutnya pengalaman kuliner dan konsistensinya menjadikan hidangannya berkualitas tinggi. Menanggapi hal ini Dominque hanya menjawabnya dengan ramah dan dirinya terbuka dengan hal baru. Berkat prestasinya tersebut, kini Atelier Creen naik status dari bintang dua menjadi bintang tiga.

 

Pernah Singgah di Indonesia

Pernah Singgah di Indonesia

Kisah hidup Dominique Crenn memang nggak selalu mulus Urbaners dan dia harus berpindah-pindah tempat untuk menyambung hidup dan mengasah kemampuannya dalam mengolah masakan. Beberapa tempat pernah dia singgahi, mulai dari kota-kota besar di Amerika Serikat seperti San Francisco hingga menginjakkan kakinya di Indonesia. Dia pertama kali karirnya sebagai juru masak di Stars, sebuah restoran yang dikelola selebritis Jeremiah Tower.

Dikutip dari CNN Indonesia, saat merantau di Indonesia Dominique Creen pernah bekerja sebagai kepala koki di Intercontinental Hotel, Jakarta. Beberapa prestasi pun berhasil dia torehkan di negeri orang ini. Salah satunya adalah jadi kepala koko wanita pertama di Indonesia. Memang, pada saat itu kepala koki di hotel-hotel besar umumnya didominasi oleh laki-laki. Hal inilah yang membuat dirinya unik dan cukup dikenal di kalangan dunia koki Indonesia.

Namun, kerusuhan 1998 yang menuntut mundurnya Presiden Soeharto berbuntut panjang. Nggak cuma bagi masyarakat kota Jakarta saja, tetap juga termasuk bagi para perantau dari luar negeri sepertinya. Akibat huru-hara 1998 tersebut, membuat Dominique Crenn terpaksa meninggalkan Indonesia dan harus kembali ke Amerika Serikat.

Prestasi yang ditorehkan Dominique Crenn tersebut menjadikannya sebagai koki wanita AS pertama yang meraih bintang tiga Michelin Stars Urbaners. Sedangkan empat koki peraih bintang tiga serupa berada di Eropa.

 

 

Source: Foodbeast, CNN Indonesia

Buat Lo yang Punya Coffee Shop Pastikan Lo Tahu Apa Itu Cupping

Fri, 25 September 2020
Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Buat lo yang lagi merintis bisnis kedai kopi, ada banyak hal yang mesti lo perhatikan, termasuk dari menjaga kualitas minuman kopi yang akan lo sajikan. Oleh karena itu, lo mesti melakukan cupping sebelum membuka toko, buat mengetahui seberapa jauh kualitas yang akan lo tawarkan.

Coffee cupping atau disebut juga dengan istilah coffee tasting adalah kegiatan yang wajib lo jalankan sebelum menawarkan minuman kopi lo kepada para konsumen. Tapi sebelum jauh membahas soal cupping, apakah lo sudah tahu apa itu coffee cupping?

Siapapun bisa melakukan coffee cupping. Hal ini dikarenakan oleh prosesnya yang bisa lo lakukan sendiri. Secara singkat, mencicipi kopi ini menggunakan dua dari panca indera lo. Pertama adalah hidung untuk mengetahui seberapa bagus aromanya.

Kedua adalah dengan mencicipinya, dalam artian mencoba dengan indera perasa lo atau lidah. Sebenarnya, apa sih tujuan dari dilakukannya coffee cupping ini? Jika ditelisik dari tujuannya, coffee cupping bisa mengetahui bagaimana karakteristik kopi yang lo punya.

Seperti tingkat keasaman dari kopi tersebut atau acidity, sweetness, bittersweet, sampai ke rasa saltiness – deretan karakteristik tersebut akan jadi acuan tersendiri buat lo menawarkan minuman kopi yang ada di kedai.

Terlebih, jika lo mempunyai jenis minuman kopi yang bervariasi seperti cappuccino, atau mochacinno dan sebagainya lagi – jenis-jenis kopi tersebut mesti benar-benar lo ketahui karakteristiknya sehingga jenis minuman yang akan lo buat akan sesuai dengan rasa terbaiknya.

Kelihatannya seru ya melakukan coffee cupping? Selain seru, kalau lo adalah salah satu dari pemilik kedai kopi yang ada, proses ini justru termasuk ke salah satu cara untuk mengetahui kualitas dari kopi-kopi yang lo punya.

 

Lalu Bagaimana Proses Cupping Bisa Berjalan?

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: chicagotribune.com

Hal pertama yang akan disiapkan adalah menggiling berbagai jenis biji kopi yang lo punya terlebih dahulu. Misalnya, lo punya 10 jenis biji kopi spesialti yang berbeda-beda. 10 jenis tersebut digiling masing-masing untuk satu cup saja.

Jadi kurang lebih satu cup memerlukan 12 gram bubuk kopi. Untuk menyeduhnya, sebaiknya lo menggunakan teknik tubruk, yaitu bubuk kopi yang ada langsung diseduh menggunakan air mendidih bersuhu 100 derajat.

Mengapa harus air mendidih seperti itu? Perlu lo ketahui bro kalau kopi yang diseduh dengan air panas seperti itu, dinilai bisa mengeluarkan secara maksimal cita rasa yang ada di dalamnya. Apakah langsung dicoba begitu saja?

Ya nggak dong bro. Setelah semua jenis kopi sudah diseduh dalam cangkir masing-masing. Langkah selanjutnya adalah mendiamkan sejenak agar kopi berekstrasi secara alami selama 4 menit. Setelah 4 menit dan suhu di dalam cangkir tersebut dinilai aman untuk di minum, barulah proses cupping dimulai.

 

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: europeancoffeetrip.com

Mereka para cupper – sebutan untuk mereka yang mempunyai palet rasa kopi yang luas, akan memeriksa karakteristik dari kopi yang diseduh tersebut. Mereka menggunakan sendok untuk mengambil kopinya, lalu menyeruputnya dengan agresif.

Maka dari itu, terlihat para cupper hampir seperti tersedak karena kurang lebih mereka menembakan kopi tersebut sampai ke langit-langit mulutnya agar benar-benar bisa merasakan cita rasa dan karakteristik yang sebenarnya dari kopi itu.

Jika sudah, semua taste dari kopi yang sudah mereka cicipi, akan dicatat kelebihan dan kekurangannya. Di langkah yang seperti inilah lo akan mengetahui apakah kopi yang lo punya itu bagus atau tidak – atau mempunyai karakteristik tersendiri.

Coffee cupping cocok lo lakukan saat pagi hari sebelum kedai dibuka. Ingat, proses ini untuk mengetahui bagaimana deretan kopi yang lo miliki kualitasnya seperti apa. Jadi pastikan melakukan coffee cupping agar lo tahu sudah sejauh mana kualitas yang lo tawarkan untuk para konsumen.

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelaskan dari penjelasan singkat tentang coffee cupping? Jika iya, lo bisa mencobanya nih sekarang!

 

Feature Image – perfectdailygrind.com