• Food
  • Dominique Crenn, Koki Wanita Pertama AS yang Raih Michelin Stars

Dominique Crenn, Koki Wanita Pertama AS yang Raih Michelin Stars

Wed, 12 December 2018
Dominique Crenn, Koki Wanita Pertama AS yang Raih Michelin Stars

Amerika Serikat kini memiliki koki wanita yang cukup berpengaruh. Dia adalah Dominique Creen yang beberapa waktu lalu memperoleh penghargaan begengsi bintang tiga dari Michelin Guide. Koki kelahiran Perancis yang kini menetap di Amerika Serikat tersebut mendapatkan pujian dan penghargaan atas prestasinya. Simak kisahnya berikut

 

Wujudkan Restoran Kecil Naik Status

Wujudkan Restoran Kecil Naik Status

Raihan tiga bintang Michelin Stars bukan tanpa alasan diberikan kepada Dominique Crenn. Penghargaan tersebut diberikan karena konsep hidangan yang disajikannya. Dirinya memiliki restoran yang diberi nama Atelier Creen dan dibuka sejak 2011. Restoran tersebut adalah restoran kecil yang hanya memiliki delapan meja saja.

Meski begitu, di sini menawarkan sensasi makan dengan harga 335 dolar atau setara 4.7 juta rupiah. Berkat buah tangan Dominique Crenn yang berpengalaman selama puluhan tahun dalam meramu makanan, nggak heran kalau di restoran tersebut keseimbangan rasa, seni dan teknis begitu memukau para juri dan tim peninjau Michelin Guide.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur International Michelin Guide, Gwendal Poullennec. Menurutnya pengalaman kuliner dan konsistensinya menjadikan hidangannya berkualitas tinggi. Menanggapi hal ini Dominque hanya menjawabnya dengan ramah dan dirinya terbuka dengan hal baru. Berkat prestasinya tersebut, kini Atelier Creen naik status dari bintang dua menjadi bintang tiga.

 

Pernah Singgah di Indonesia

Pernah Singgah di Indonesia

Kisah hidup Dominique Crenn memang nggak selalu mulus Urbaners dan dia harus berpindah-pindah tempat untuk menyambung hidup dan mengasah kemampuannya dalam mengolah masakan. Beberapa tempat pernah dia singgahi, mulai dari kota-kota besar di Amerika Serikat seperti San Francisco hingga menginjakkan kakinya di Indonesia. Dia pertama kali karirnya sebagai juru masak di Stars, sebuah restoran yang dikelola selebritis Jeremiah Tower.

Dikutip dari CNN Indonesia, saat merantau di Indonesia Dominique Creen pernah bekerja sebagai kepala koki di Intercontinental Hotel, Jakarta. Beberapa prestasi pun berhasil dia torehkan di negeri orang ini. Salah satunya adalah jadi kepala koko wanita pertama di Indonesia. Memang, pada saat itu kepala koki di hotel-hotel besar umumnya didominasi oleh laki-laki. Hal inilah yang membuat dirinya unik dan cukup dikenal di kalangan dunia koki Indonesia.

Namun, kerusuhan 1998 yang menuntut mundurnya Presiden Soeharto berbuntut panjang. Nggak cuma bagi masyarakat kota Jakarta saja, tetap juga termasuk bagi para perantau dari luar negeri sepertinya. Akibat huru-hara 1998 tersebut, membuat Dominique Crenn terpaksa meninggalkan Indonesia dan harus kembali ke Amerika Serikat.

Prestasi yang ditorehkan Dominique Crenn tersebut menjadikannya sebagai koki wanita AS pertama yang meraih bintang tiga Michelin Stars Urbaners. Sedangkan empat koki peraih bintang tiga serupa berada di Eropa.

 

 

Source: Foodbeast, CNN Indonesia

Warung Gaul Ayam Malaya yang Legendaris

Wednesday, January 15, 2020 - 17:00
Ayam Malaya dan ayam gohyong adalah menu unggulan dari Warung Gaul Ayam Malaya.

Kuliner yang ada di Jakarta memang sangat beraneka ragam. Salah satu tempat yang memiliki banyak varian kuliner adalah di kawasan Menteng. Berada di Jakarta Pusat, Menteng disebut sebagai salah satu tempat elit karena banyak dihuni oleh para konglomerat dan pejabat. Tempat kuliner yang berada di sekitar sini pun banyak yang kekinian dan cocok banget didatangi untuk tempat nongkrong.

Namun ternyata ada tempat kuliner yang terkenal dan legendaris di daerah Menteng yang cukup berbeda karena hanya berbentuk warung yang sederhana. Warung yang disebut sebagai Warung Gaul Ayam Malaya itu telah berdiri sejak lebih dari 20 tahun yang lalu dan telah memiliki pelanggan yang sangat setia.

 

Populer di Kalangan Pecinta Kuliner Jakarta

Tenda dari Warung Gaul Ayam Malaya.

Bicara soal tempat makan terkenal di daerah Menteng biasanya lo pasti akan berpikiran tempat yang indah dan Instagrammable dengan hidangan makanan yang kekinian. Namun hal itu nggak berlaku bagi warung sederhana yang terletak di Jl Gereja Santa Theresia, Menteng yang satu ini.

Warung Gaul Ayam Malaya hanyalah warung kaki lima sederhana yang hanya menggunakan tenda sebagai atapnya. Meski begitu, warung yang satu ini telah menjadi salah satu tempat makan yang paling ramai dan dikenal oleh pencinta kuliner yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Bahkan dari kota lain di Indonesia.

 

Cita Rasa yang Nggak Diragukan Lagi

Varian menu unggulan dari Warung Gaul Ayam Malaya seperti ayam malaya, ayam gohyong dan nasi goreng.

Salah satu alasan warung sederhana ini memiliki pelanggan setia yang rela antre lama tentunya karena hidangan makanan yang disajikan memiliki citarasa yang sangat nikmat. Di sini lo bisa memesan beragam makanan Chinese food mulai dari aneka nasi goreng, mi goreng, mi kuah, dan ayam kuluyuk. Menu unggulannya lainnya yaitu ayam malaya dan ayam gohyong.

Ayam malaya dan ayam gohyong menjadi dua menu paling favorit dan selalu dipesan oleh banyak pelanggannya. Ayam malaya sendiri merupakan menu olahan daging ayam tanpa tulang yang dibalut dengan tepung. Setelah digoreng, ayam balut tepung tersebut disiram dengan kuah yang memiliki rasa asam manis yang lezat.

Hidangan favorit lain yang selalu dicicipi oleh pelanggan ialah ayam gohyong. Menu yang satu ini dibuat dari daging ayam yang dicincang dan dicampur dengan sedikit daging sapi. Campuran daging cincang tersebut kemudian akan dibalut dengan telur terlebih dahulu sebelum digoreng. Saat disajikan ayam gohyong juga akan diberi kuah berwarna cokelat yang terbuat dari mentega dan kecap asin.

Dua menu favorit tersebut dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 25 ribu rupiah. Satu porsi dari ayam malaya dan ayam gohyong cukup banyak dan rasanya juga nikmat jadi sangat worth it dengan harga yang dibanderolnya tersebut.

Ayam malaya memiliki tekstur renyah yang menggoda, sedangkan ayam gohyong memiliki citarasa yang gurih yang sangat lezat. Jadi apa lo udah siap mencoba dua hidangan favorit dari Warung Gaul Ayam Malaya yang legendaris ini, Urbaners?

 

 

Sources: detik.com, liputan6.com