Explore Kuliner Legendaris di Jakarta: Bikin Nostalgia Banget, Bro! - MLDSPOT
  • Food
  • Explore Kuliner Legendaris di Jakarta: Bikin Nostalgia Banget, Bro!

Explore Kuliner Legendaris di Jakarta: Bikin Nostalgia Banget, Bro!

Thu, 17 December 2020
Liburan cuma di Ibukota? Coba wisata kuliner ke sini, bro!

Wisata kuliner udah jadi hal yang pasti lo lakuin kalo jalan-jalan keluar kota, yak an, bro? dan yang pasti lo datengin pertama adalah tempat-tempat yang udah jadi signature dari kota yang lo datengin itu – biar tau taste khas daerah yang lo datengin.

Lagi-lagi ngomongin cuti, jangan sedih, bro, kalau keadaan memaksa lo untuk tetap berada di ibukota selama liburan akhir tahun ini – lo bisa nostalgia wisata kuliner ibukota, bro. Karena pasti masih banyak restoran ibukota yang belum pernah lo datengin.

Kalo ngomongin restoran zaman dulu di ibukota, pasti kebanyakan dari lo akan menjawab Ragusa Restoran Trio, atau Gado-gado Bonbin. Meskipun semuanya emang legendaris, masih banyak restoran di Jakarta yang bisa lo kulik, bro. Biar wisata kuliner lo makin beragam, simak terus restoran yang akan gue bahas dibawah ya, bro.

Mie Ayam Legendaris Gondangdia

Kalau denger kata mie ayam mungkin yang terbesit dipikiran lo cuma mie ayam gerobakan yang suka lo makan didepan kantor. Lebih dari sekedar mie ayam, di Gondangdia, Cikini, ada restoran spesialis mie ayam yang udah ada sejak 1968, bro.

Meskipun sajiannya sama kayak mie ayam pada umumnya, tapi dari rasanya yang nggak berubah, lo pasti akan merasakan mie ayam ini memang beda dari mie ayam yang kebanyakan ada dipasaran.

Selain mie ayam, di restoran ini juga terkenal fuyunghai dan ayam kuluyuk. Karena mostly mereka menyediakan menu-menu Chinese food, lo bisa juga kulik Chinese food-nya yang nggak kalah oke dari mie ayam nya!

Steak Authenthic dari Gandy's Steak House

Liburan cuma di Ibukota? Coba wisata kuliner ke sini, bro!

Credit image - tripadvisor.com

Zaman sekarang makan steak udah bukan jadi makanan yang mewah lagi. Beda sama dulu, makan steak cuma diperbolehkan buat orang-orang yang punya jabatan tinggi atau pengusaha. Napak tilas era itu bisa lo raisain dengan makan steak di Gandy's Steak House.

Suasana yang ada di restoran ini vintage banget, bro. Rasa dari steaknya juga nggak kalah otentik. Atmosfir yang ada disini bikin lo merasakan gimana mewahnya makan steak di zaman dulu. Kalo lo mau coba fine dining dengan menu-menu mewah ala nostalgia, wajib banget buat kesini ya, bro!

Warung Masakan Padang Dengan Rasa Mewah

Liburan cuma di Ibukota? Coba wisata kuliner ke sini, bro!

Credit image - whiteboardjournal

Kalo sekarang banyak rumah makan padang dengan harga selangit dan tempat yang mewah,  di Melawai, tepatnya di Pasar Mayestik ada Rumah Makan Padang Sepakat yang justru ada di pasar tapi rasanya mewah, bro!

Rumah makan padang legendaris ini sudah ada sejak 1969. Yang bikin rumah makan ini mewah adalah menu Gulai Gajebo yang nggak ada di rumah makan padang lainnya. Gulai ini secara bumbu memang sama dari gulai-gulai yang lain, tapi daging briscket yang dijadiin Gulai pasti Cuma bisa lo temuin disini.

Karena menu ini jadi menu favorit yang paling dicari sama pelanggannya, lo mau nyoba makan kesini pastikan lo dateng tepat waktu biar kebagian Gulai Gajebo nya ya, bro!

Kwetiaw Sapi 78: Bikin Lo Serasa di China Town!

Kwetiaw Sapi memang jadi salah satu makanan wajib yang ada di restoran Chinese food. Tapi di Mangga Besar, tepatnya di Taman Sari, lo bisa menemukan restoran khusus yang menyajikan makanan dengan berbagai macam kwetiaw.

Kalau lo biasa cuma makan kwetiaw di goreng atau di rebus, di restoran ini lo bisa nyobain kwetiaw siram yang rasanya sama kayak lo makan di tiongkok langsung. Semua masakan yang ada di restoran ini murni pake kaldu sapi – yang pasti udah kebayang dong, enaknya kayak apa?

Dari kualitas masakannya yang selalu prima dan rasanya yang konsisten, restoran ini selalu jadi tujuan para wisatawan luar kota maupun mancanegara. Penasaran nggak bro sama masakan kwetiaw yang satu ini?

Sangat wajar kalau lo merasa laper setelah membaca artikel ini. Daripada lo bingung mau kemana, mending langsung aja datengin salah satu restoran yang ada diatas, bro. Kalau memang belum sempat, setidaknya kalau weekend nanti ada yang nanya mau makan apa, lo nggak jawab ‘Terserah’ ya, bro!

 

Feature image – wri-indonesia.com

Foto Makanan dibayar Mahal? Coba Intip Serunya Jadi Food Stylist, Bro!

Thu, 14 January 2021
Bukan cuma food photographer, sekarang juga lagi hits profesi food stylist, bro! kayak apa sih profesi ini? dan apa bedanya sama food photographer? simak selengkapnya disini ya, bro!

Merintis karir di bidang kuliner nggak cuma bisa menjadi seorang chef ternyata – ada banyak juga orang yang memilih berkarir di bidang ini sebagai food stylist.  Lo pasti pernah melihat iklan makanan yang menggoda dan seketika bikin lo laper karena gambarnya bikin ngiler. Baik itu di media sosial, tv, maupun website.

Nah gambar menarik itu adalah hasil karya dari seorang food stylist – yaitu orang yang kerjanya bikin makanan keliatan enak, kece, dan siapapun yang liat jadi ngiler dan pengen coba deh, bro!

Siapa yang menyangka profesi ini ternyata banyak diminati dan menghasilkan cuan yang cukup besar? Selain harus memiliki jiwa seni dan kreativitas yang tinggi juga, lo juga dituntut untuk menata makanan agar tampak terlihat menggoda. Tapi selain itu, apa sih yang bikin profesi ini banyak diminati? Simak terus artikel ini buat tau jawabannya, ya! 

 

Baru Muncul, Tapi Kenapa Banyak Diminati?

Simpelnya nih kalo dijelasin, food stylist itu seperti pelukis tapi dalam dunia profesi ini sebetulnya berbeda dengan chef. Kalo chef bikin makanan rasanya enak, kalo  food stylist bikin dalam bentuk tampilannya biar terlihat menggoda dan menarik.

Konon, pekerjaan ini banyak diminati karena sekarang siapa sih yang nggak suka estetika? food stylist melihat hal ini sebagai peluang, bro. Karena maraknya bisnis makanan juga, secara nggak langsung profesi yang satu ini jadi banyak diminati.

Emang untuk menjadi beda kita harus memanfaatkan momen yang baik ya, bro!

Nggak Perlu Jago Masak, yang Penting Jago Plating dan Motret!

 

Bukan cuma food photographer, sekarang juga lagi hits profesi food stylist, bro! kayak apa sih profesi ini? dan apa bedanya sama food photographer? simak selengkapnya disini ya, bro!

Credit image - Byron Tallbot

Tenang bro, untuk menjadi seorang food stylist lo nggak harus jago masak kok. Karena profesi yang satu ini memiliki karakter yang sama sekali berbeda dibanding profesi di bidang kuliner lainnya – seperti yang sudah disebutkan di atas.

Tapi yang perlu lo ketahui – untuk menjadi seorang food stylist lo nggak perlu terjun terlalu dalam di dunia perkulineran. Karena seorang food stylist lo nggak perlu memasak makanan yang lo foto, bro!

Cukup dengan memahami teknik fotografi secara basic dan estetika, lo bisa menyesuaikan angle dan plating yang cocok untuk memotret dan akan menghasilkan foto yang bikin orang yang ngeliatnya tergoda. Karena terkadang, nggak melulu soal makanannya yang menarik – tapi juga angle fotonya!

Orang photogenic? Ini Makanan yang Photogenic

 

Bukan cuma food photographer, sekarang juga lagi hits profesi food stylist, bro! kayak apa sih profesi ini? dan apa bedanya sama food photographer? simak selengkapnya disini ya, bro!

Credit image - NDTV Food

Kalau seorang fotografer biasa lo dituntut mencari talent yang sekiranya terlihat photogenic, sebagai seorang food stylist lo dituntut untuk membuat makanan yang lo foto terlihat photogenic.

tentunya lo harus lo up-to-date dengan tren di dunia kuliner. Dengan ini, lo lebih mudah menata makanan agar terlihat photogenic. Selain itu – lo juga harus memiliki ide-ide kreatif dalam plating dan mata seni yang tajam untuk memilih warna serta bentuk yang menarik.

Cara biar makanan yang lo foto terlihat lebih photogenic adalah dengan plating se-estetikmungkin dan serapi mungkin – setelah itu, lo bisa mencari tempat dengan pencahayaan pas sehingga plating lo tidak terhalangi oleh cahaya yang terlalu terang atau bahkan terlalu gelap.

Bedanya Dengan food photograper?

Kalau lo pernah mendengar istilah food photographer, lo pasti bingung ketika membaca artikel ini – karena, apa bedanya?

Simple, bedanya hanya pada teknik pengambilan fotonya, bro. Food photographer cenderung lebih memperhatikan teknik fotografi nya dalam pengambilan gambar makanan – atau bisa lo sebut sebagai expert nya foto makanan.

Kalau food stylist, cuma sekedar menghias makanan dan ambil fotonya yang paling menarik. Meskipun sekilas sama, ternyata berbeda ya, bro!

Ternyata banyak hal yang harus lo perhatikan untuk menjadi seorang food stylist ya, bro. Meskipun begitu, peluang untuk menjadi food stylist ini bisa banget lo tekuni – apalagi buat lo yang baru merintis bisnis. Jadi, apakah lo tertarik untuk menjadi seorang food stylist, bro?

 

Feature Image - Creative Live