Home Food Jangan Langsung Dibuang, Dapatkan 6 Manfaat Ampas Kopi
Jangan Langsung Dibuang, Dapatkan 6 Manfaat Ampas Kopi

Jangan Langsung Dibuang, Dapatkan 6 Manfaat Ampas Kopi

Tuesday, May 21, 2019 - 00:08
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, buat lo yang hampir setiap hari ngopi pasti belum menyadari kalau sebenarnya ampas kopi punya banyak manfaat. Setelah minum kopi hitam, mulai sekarang jangan langsung buang ampasnya. Berbagai manfaat ampas kopi ini bisa lo dapatkan dengan sangat mudah. Apa saja? Daripada penasaran, yuk cari tahu!

 

Menghilangkan bau amis

Menghilangkan bau amis

Setelah makan seafood, lo pasti sering nggak percaya diri buat berjabat tangan dengan orang lain. Pasalnya, bau amis dari ikan atau makanan laut memang sulit dihilangkan sekalipun sudah mencuci tangan dengan sabun wangi. Nah, hanya dengan bermodal ampas kopi, lo bisa menghilangkan bau amis tersebut. Uniknya lagi, ampas kopi juga mampu bekerja sebagai eksfoliator yang membuat tangan lebih halus, kesat, dan bersih.

 

Mengembalikan warna furnitur yang kusam

Memiliki dekorasi hunian bernuansa kayu memang lagi tren. Sayangnya, merawat furnitur kayu memang nggak gampang. Seiring berjalannya waktu, warna furnitur bisa memudar. Untuk menyiasati kondisi tersebut, lo bisa menggosok beberapa bagian yang kusam dengan ampas kopi. Manfaat ampas kopi ini bisa lo pakai juga untuk menghilangkan noda membandel di kursi, meja, atau lemari kayu. Jelas lebih hemat karena lo nggak perlu membeli furnitur baru, kan?

 

Pengharum ruang di dalam rumah

Bosan dengan wangi pengharum ruang yang itu-itu saja? Setelah ngopi, lo bisa menyisihkan ampasnya untuk dijadikan pengharum ruang. Sebelumnya, pastikan ampas kopi sudah dikeringkan secara sempurna. Kemudian masukkan ampas kopi kering tersebut dalam sebuah wadah terbuka dan tempatkan di dekat ventilasi udara di dalam rumah. Cara ini juga ampuh menghilangkan bau cat di rumah yang baru dihuni, lho!

 

Mencegah bau nggak sedap di dalam kulkas

Mencegah bau nggak sedap di dalam kulkas

Manfaat ampas kopi hitam selanjutnya bisa lo gunakan untuk mencegah bau nggak sedap di dalam kulkas. Ampas kopi ini bisa menggantikan peranan baking soda atau deodoran kulkas yang bisa lo temukan di supermarket. Cukup letakkan bubuk kopi pada wadah terbuka, atau manfaatkan stocking yang sudah nggak terpakai sebagai kemasan ampas kopi yang akan dijadikan pengharum kulkas. Dengan aroma wangi yang khas, ampas kopi hitam mampu mencegah bau nggak sedap di dalam kulkas secara sempurna.

 

Membersihkan kerak di dasar panci

Punya panci berkerak memang bikin lo kesal. Padahal sudah dicuci bersih setiap habis dipakai memasak, tetapi kerak membandel nggak juga hilang. Manfaat ampas kopi berikutnya bisa membantu lo untuk mengatasi masalah tersebut. Lo bisa menggosokkan ampas kopi di dasar panci yang berkerak dengan air. Menariknya, lo juga bisa menambahkan ampas kopi untuk menghilangkan bau amis di berbagai peralatan makan.

 

Menyuburkan tanah

Ampas kopi tergolong sampah organik yang dapat diolah menjadi pupuk kompos. Terlebih ampas kopi memiliki kandungan nitrogen cukup tinggi sehingga sangat menarik perhatian cacing. Di samping itu, manfaat ampas kopi juga dapat meningkatkan kadar oksigen dan air di dalam tanah sehingga tanaman bisa tumbuh lebih subur. Jadi, mulai sekarang lo nggak perlu membeli pupuk. Cukup gunakan manfaat ampas kopi yang lo dapat dari aktivitas ngopi sehari-hari.

 

Urbaners, itulah tadi beberapa manfaat ampas kopi yang selama ini jarang diketahui oleh orang banyak. Gimana menurut pendapat lo?

 

 

Source: idntimes.com