• Food
  • Menguak Manfaat Minum Kopi untuk Tubuh

Menguak Manfaat Minum Kopi untuk Tubuh

Mon, 11 March 2019
Menguak 4 Manfaat Minum Kopi untuk Tubuh

Kopi sudah menjadi salah satu bagian yang nggak terpisahkan dari rutinitas pagi orang Indonesia. Belum lengkap rasanya memulai hari tanpa secangkir kopi setiap pagi. Walaupun mungkin kebanyakan orang minum kopi hanya untuk membuat mata melek, sebetulnya ada cukup banyak manfaat minum kopi yang bisa lo rasakan. Apalagi kalau lo minum kopi di saat-saat yang tepat.

Yes, Urbaners, minum kopi sebetulnya nggak bisa dilakukan semau lo. Banyak orang yang minum kopi begitu mereka bangun pagi, padahal hal tersebut nggak dianjurkan. Saat pagi, tubuh memproduksi hormon kortisol, yaitu hormon yang muncul saat lo mengalami stres. Hormon ini juga yang berperan mengubah cadangan energi lo menjadi gula sehingga sel-sel tubuh bisa memanfaatkannya sebagai bahan bakar.

Idealnya, puncak produksi hormon kortisol terjadi pada pukul 8-9 pagi, 12-13 siang, dan 18-19 sore. Kalau lo langsung minum kopi setelah bangun pagi, kandungan kafeinnya bakal meningkatkan toleransi tubuh terhadap kafein. Artinya, bisa-bisa lo membutuhkan jumlah kafein yang lebih banyak setiap pagi demi mendapatkan manfaat sama. Memangnya apa saja manfaat minum kopi untuk tubuh kalau lo melakukannya pada waktu yang tepat?

 

Membantu Meningkatkan Fokus 

Membantu Meningkatkan Fokus

Banyak orang yang bergantung pada secangkir kopi untuk membantu mereka lebih fokus dalam bekerja. Hal ini ternyata benar adanya, Urbaners. Berdasarkan hasil studi yang dilansir oleh Hellosehat.com, kandungan kafein pada kopi yang masuk ke tubuh bakal berinteraksi dengan reseptor adenosin.

Interaksi tersebutlah yang merangsang produksi dopamin, serotonin, dan nonadrenalin. Adanya ketiga senyawa tersebut membuat lo bisa lebih fokus sekaligus memperbaiki mood, jadi lo pun bisa berpikir secara lebih efektif.

 

Menurunkan Risiko Demensia 

Menurunkan Risiko Demensia

Manfaat minum kopi ternyata juga bisa berpengaruh baik terhadap otak. Hal ini sudah dibuktikan melalui riset dari Denmark dan Swedia yang mengadakan survei terhadap 1.400 orang dewasa peminum kopi setiap hari.

Dari hasil riset tersebut, ditemukan bahwa responden yang minum 3-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko 65% lebih rendah untuk terkena penyakit demensia atau pikun. Hal ini bisa terjadi berkat adanya kandungan antioksidan pada kopi, Urbaners.

 

Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2 

Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Tahukah lo bahwa diabetes menjadi penyebab kematian nomor 3 di Indonesia? Artinya, orang Indonesia yang meninggal akibat diabetes tipe 2 sudah bukan menjadi hal yang mengejutkan lagi. Kabar baiknya, lo bisa mengurangi risiko tersebut dengan minum kopi.

Dilansir dari Alodokter.com, hasil riset dari sebuah universitas ternama menunjukkan bahwa orang yang minum lebih dari 1 cangkir kopi setiap hari selama 4 tahun, punya risiko lebih rendah untuk terkena diabetes tipe 2, yaitu sekitar 11%. Namun, jangan tambahkan gula ke dalam kopi lo, ya.

 

Mengoptimalkan Performa Tubuh saat Berolahraga 

Mengoptimalkan Performa Tubuh saat Berolahraga

Manfaat minum kopi untuk tubuh ternyata nggak cuma seputar meningkatkan kinerja otak dan menurunkan risiko penyakit. Kalau minum kopi 30 menit sebelum olahraga, tingkat energi lo bisa meningkat sehingga performa tubuh selama berolahraga pun bakal maksimal. Kandungan kafein dalam kopi juga meningkatkan metabolisme hingga 3-11 persen, yang sangat membantu tubuh lo untuk membakar lemak.

Walaupun manfaat minum kopi terhadap kesehatan tubuh ternyata cukup banyak, lo tetap nggak dianjurkan minum kopi secara berlebihan, ya. Dalam sehari, konsumsi maksimal yang disarankan adalah sekitar 400 mg kopi atau sekitar 4 cangkir kopi buatan sendiri. Jadi, sudah berapa cangkir kopi yang lo minum hari ini?

 

 

Sources: cnnindonesia.com, alodokter.com, doktersehat.com, hellosehat.com

Lapar Tiba-Tiba, 4 Snack Berikut Bisa Lo Buat Hanya dengan 3 Bahan

Fri, 08 May 2020
Mozarella stick dengan keju yang lumer

Kalau perut lo sudah mulai keroncongan dan rasa lapar mulai menyerang, sebaiknya jangan sering-sering ditahan, Bro! Biasakan untuk mengisi perut lo tepat waktu, agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Kalau pun lo nggak sempat masak yang ribet-ribet, lo bisa memilih untuk membuat snack untuk mengisi perut.

Beberapa makanan enak di bawah ini bisa jadi pilihan lo saat lapar menyerang di rumah. Santai, cara membuatnya sama sekali nggak ribet. Apalagi, bahan-bahan yang lo butuhkan juga hanya ada 3 ragam. Cepat proses masaknya, cepat kenyangnya. Ini dia beberapa snack yang bisa lo coba, Bro. Siapa tahu ada yang pas dengan selera lo.

 

Mozzarella Stick

Mozzarella stick dengan kulit lumpia

Para pencinta keju, ini snack rekomendasi buat kalian. Lo hanya butuh 3 bahan untuk membuat mozarella stick. Keju mozzarella, minyak goreng, dan tinggal pilih, mau pakai egg roll wraps atau kulit lumpia untuk membungkus mozzarella ini. Siapkan bahan sesuai dengan banyaknya porsi snack yang ingin lo buat.

Caranya mudah banget, Bro. Lo cukup memotong keju mozzarella memanjang seperti stick, lalu letakkan di atas egg roll wraps atau kulit lumpia tadi. Bungkus sampai keju tertutup sempurna, dan gunakan air sebagai perekat. Berikutnya, lo tinggal goreng bungkusan mozzarella lo. Mozzarella stick siap disantap dengan saus sambal dan tomat. Gurih dan lumer di mulut.

 

Mac and Cheese

Mac and cheese yang terlihat gurih

Masih dengan bahan dasar keju dengan perpaduan antara pasta makaroni dan susu, lo bisa memasak mac and cheese sendiri di rumah. Caranya, rebus dulu makaroni dengan sedikit air. Saat air rebusan berkurang dan makaroni sudah lumayan lunak, masukkan susu cair ke dalam panci rebus. Tunggu sebentar hingga mendidih.

Begitu mendidih, masukkan keju ke dalam panci dengan parutan-parutan besar. Untuk kejunya sendiri, lo bisa memilih sesuai dengan selera lo. Ingat, masak mac and cheese dengan api kecil. Aduk hingga campuran bahan merata. Tunggu sebentar sampai makaroni terlihat terbalut sempurna dengan susu dan keju. Nah, hidangan mac and cheese lo sudah siap!

 

French Fries Corn Dog

French fries corn dog

Kalau french fries bisa jadi sudah terlalu biasa ya, Bro. Lo bisa mencoba modifikasi snack antara french fries dan hot dog ini. Lo hanya butuh 3 bahan dasar, yakni sosis, kentang, dan tepung bumbu serba guna. Lo bisa memilih memakai tusuk sate atau nggak, sesuaikan dengan selera lo saja untuk membuat snack yang satu ini.

Kalau lo pakai tusuk sate, silahkan tusuk sosis, lalu celup sosis ke dalam campuran kental dari tepung bumbu serba guna dan air. Setelah itu, balut sosis tersebut dengan kentang yang sudah lo potong memanjang. Berikutnya, goreng hingga berwarna keemasan. Nikmati selagi hangat dan lengkapi dengan topping agar lebih nikmat, seperti mayonnaise, mustard, atau saus.

 

Omelet Mie dan Telur

Omelet mie dan telur yang nikmat untuk dijadikan snack ringan

Untuk rekomendasi snack yang terakhir, ini buat para pencinta mie instan yang wajib untuk dicoba. Bahan yang perlu lo siapkan hanya 1 bungkus mie instan, 2 butir telur, dan sosis secukupnya. Pilih saja mie instan kesukaan lo dan pilihan rasa yang lo suka.

Caranya, lo tinggal rebus mie instan, lalu buang airnya. Kocok dua butir telur, kemudian masukkan mie instan yang sudah ditiriskan. Potong sosis kecil-kecil, lalu campur rata. Siapkan teflon yang sudah diberi sedikit minyak goreng. Goreng omelet buatan lo di atas teflon. Setelah itu, angkat dan sajikan omelet mie dan telur buatan lo ini dengan saus sambal atau tomat.

 

 

 

Sources: IDN Times, Resep Koki, Liputan6