Home Food Panduan Singkat Cara Membuat Kopi Espresso
Panduan Singkat Cara Membuat Kopi Espresso

Panduan Singkat Cara Membuat Kopi Espresso

Wednesday, May 22, 2019 - 00:08
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sejak dipatenkan oleh Angelo Moriondo pada 1844 silam, kopi espresso masih digemari pencinta kopi hingga kini. Meski terkesan klasik, ada cita rasa tersendiri dalam kopi yang membuatnya selalu dicari. Lalu, bagaimana cara membuat kopi espresso dengan hasil terbaik? Coffee lovers wajib paham cara membuat kopi espresso yang nikmat berikut ini!

 

Bahan kopi terbaik yang bisa lo gunakan

Bahan kopi terbaik yang bisa lo gunakan

 

Cara membuat kopi espresso terbaik bisa dilihat dari bahan kopi yang digunakan. Sebab biji kopi terbaik tersebut dapat berpengaruh besar terhadap cita rasa kopi.  Untuk pembuatan kopi espresso, baik itu berupa one shot maupun double shot, harus dilakukan dengan baik. Khusus untuk espresso blend, ahli kopi menganjurkan untuk memadukan kopi arabika dan robusta.

 

Kalau lo ingin espresso dengan rasa yang lebih tajam, manis, dan beraroma, lo dapat menambahkan central american coffee yang dipercaya dapat menambah tingkat karakter hingga 25%. Lo juga bisa menggunakan bahan dari kopi Sulawesi maupun Sumatera. Untuk menciptakan cita rasa sedikit pedas, lo bisa memilih kopi Ethiopia yang memiliki karakter aromatic.

 

Beberapa hal yang wajib lo perhatikan

Bagaimana pun juga, air menjadi elemen penting dalam cara membuat kopi espresso. Ketika memilih air, pastikan pula kualitasnya baik untuk meminimalisir adanya endapan dan mineral tak baik. Hal tersebut bukan hanya bisa mengubah cita rasa, tetapi juga alat yang digunakan. Guna memastikan air itu baik atau tidak, lo bisa menggunakan water test kits yang banyak dijual di toko-toko tertentu.

Suhu air yang baik untuk menyiapkan kopi adalah yang memiliki suhu 90-96 derajat Celsius. Suhu air terlalu rendah akan menghasilkan lebih banyak brightness dan taste tidak begitu berat. Namun, jika suhunya semakin tinggi, karakternya akan semakin roasty dan intens. Maka dari itu, lo bisa sesuaikan suhu ini dengan selera.

Selanjutnya adalah masalah mengenai takarannya. Standar yang digunakan dalam membuat espresso double shot, misalnya, sebaiknya gunakan 18-21 gram kopi bubuk terbaik. Apabila bubuk kopi yang digunakan semakin banyak, intensitasnya pun akan semakin kuat.

 

Alat yang digunakan

Alat yang digunakan

 

Hal lainnya yang nggak kalah penting untuk lo perhatikan dari cara membuat kopi espresso terbaik adalah alat yang digunakan.  Alat-alat ini  bermacam-macam jenisnya, Urbaners. Biasanya yang paling sering digunakan dan wajib ada antara lain adalah timbangan atau scale. Dalam membuat espresso, biasanya yang digunakan adalah satuan berat gram scale. Dengan berat tersebut, lo bakalan bisa menjaga hasil yang terbaik dan konsisten. Hal ini dikarenakan takaran yang pas akan menciptakan cita rasa kopi yang nikmat.

 

Begitu juga dengan mesin, mesin ini sangatlah berperan penting dalam menjaga kualitas kopi yang dihasilkan. Untuk mesin espresso, ada beberapa jenisnya, mulai dari yang manual, semi otomatis, hingga mesin yang sepenuhnya menggunakan fitur otomatis. Lo perlu memilih mesin yang tepat, terutama dalam menjaga stabilitas temperaturnya hingga mengenai sensible interface.

Setelah mesin, alat yang diperlukan dalam membuat espresso adalah grinder atau gilingan. Semakin konsisten level gilingannya, maka akan semakin konsisten pula rasanya. Para ahli kopi menyarankan lo untuk memilih gilingan dengan tipe burr grinder yang dapat melakukan penggilingan sesuai kemauan lo. Jangan lupa juga untuk menggunakan tamper agar menghasilkan ekstraksi yang merata. Tamper yang paling banyak digunakan adalah yang memiliki portafilter basket dengan diameter 58 milimeter.

 

Kini setelah lo membaca ulasan mengenai cara membuat kopi espresso di atas, sudah siapkah lo untuk menciptakan kopi espresso terbaik buatan sendiri?

 

 

Source: Ottencoffee.co.id