• Food
  • Ranking Donat Krispy Kreme Versi Delish

Ranking Donat Krispy Kreme Versi Delish

Mon, 11 June 2018
Ranking Donat Krispy Kreme Versi Delish

Walaupun membuka cabang di Indonesia, jaringan toko donat Krispy Kreme masih kalah jika dibandingkan dengan pesaingnya seperti J.Co dan Dunkin’ Donuts. Tapi, di Amerika sana, Krispy Kreme bisa dibilang sangat populer, Urbaners. Krispy Kreme bahkan berhasil mengalahkan Starbucks sebagai produsen kopi paling favorit di Amerika Serikat.

Meski begitu, Krispy Kreme tetap fokus pada menu spesialisasi mereka: donat. Dari puluhan rasa donat yang tersedia, website kuliner Delish baru-baru ini menyusun ranking donat Krispy Kreme terbaik dalam rangka National Donut Day di Amerika. Kira-kira donat rasa apa saja yang menjadi top 5-nya?

 

Chocolate Iced with Sprinkles

Urbaners, lo pernah makan donat kentang yang dilapisi mentega dan ditaburi meses warna-warni? Nah, donat Chocolate Iced with Sprinkles ini bisa dibilang merupakan versi premium dari donat tersebut. Lapisannya bukan menggunakan mentega, melainkan icing cokelat. Baru setelah itu ditaburi meses warna-warni, membuatnya jadi semakin menggoda untuk lo makan.

 

Chocolate Iced Glazed

Kalau kurang suka meses, lo bisa coba donat Chocolate Iced Glazed ini. Pada dasarnya, donat satu ini sama aja seperti Chocolate Iced with Sprinkles pada urutan keempat tadi. Hanya saja, Chocolate Iced Glazed nggak ditaburi dengan meses. Rasanya pas dan nggak terlalu manis. Cokelatnya pun benar-benar terasa. Pantas saja Delish meletakkannya di posisi ketiga.

 

Glazed Chocolate Cake

Konsep cake cokelat berbentuk donat mungkin terdengar absurd, tapi Krispy Kreme berhasil membuat makanan tersebut dengan rasa yang enak. Delish bahkan sampai memberinya ranking kedua sebagai donat terbaik Krispy Kreme. Begitu digigit, lo bisa merasakan tekstur khas cake denga rasa cokelat yang pas. Nggak ketinggalan lapisan gula yang membuatnya semakin nikmat.

 

Original Glazed

Hal-hal klasik memang nggak bakal pernah mati, Urbaners. Begitu juga dengan donat Original Glazed buatan Krispy Kreme yang menurut Delish pantas banget dinobatkan sebagai donat terbaik pada daftar ranking kali ini. Perpaduan donat original bercita rasa agak gurih dan lelehan gula khas Krispy Kreme akan dijamin akan membuatmu kecanduan, apalagi kalau disajikan saat masih hangat.

 

Di antara keempat donat terbaik Krispy Kreme versi Delish tersebut, mana yang udah pernah lo coba, Urbaners?

 

Sources: delish.com

Buat Lo yang Punya Coffee Shop Pastikan Lo Tahu Apa Itu Cupping

Fri, 25 September 2020
Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Buat lo yang lagi merintis bisnis kedai kopi, ada banyak hal yang mesti lo perhatikan, termasuk dari menjaga kualitas minuman kopi yang akan lo sajikan. Oleh karena itu, lo mesti melakukan cupping sebelum membuka toko, buat mengetahui seberapa jauh kualitas yang akan lo tawarkan.

Coffee cupping atau disebut juga dengan istilah coffee tasting adalah kegiatan yang wajib lo jalankan sebelum menawarkan minuman kopi lo kepada para konsumen. Tapi sebelum jauh membahas soal cupping, apakah lo sudah tahu apa itu coffee cupping?

Siapapun bisa melakukan coffee cupping. Hal ini dikarenakan oleh prosesnya yang bisa lo lakukan sendiri. Secara singkat, mencicipi kopi ini menggunakan dua dari panca indera lo. Pertama adalah hidung untuk mengetahui seberapa bagus aromanya.

Kedua adalah dengan mencicipinya, dalam artian mencoba dengan indera perasa lo atau lidah. Sebenarnya, apa sih tujuan dari dilakukannya coffee cupping ini? Jika ditelisik dari tujuannya, coffee cupping bisa mengetahui bagaimana karakteristik kopi yang lo punya.

Seperti tingkat keasaman dari kopi tersebut atau acidity, sweetness, bittersweet, sampai ke rasa saltiness – deretan karakteristik tersebut akan jadi acuan tersendiri buat lo menawarkan minuman kopi yang ada di kedai.

Terlebih, jika lo mempunyai jenis minuman kopi yang bervariasi seperti cappuccino, atau mochacinno dan sebagainya lagi – jenis-jenis kopi tersebut mesti benar-benar lo ketahui karakteristiknya sehingga jenis minuman yang akan lo buat akan sesuai dengan rasa terbaiknya.

Kelihatannya seru ya melakukan coffee cupping? Selain seru, kalau lo adalah salah satu dari pemilik kedai kopi yang ada, proses ini justru termasuk ke salah satu cara untuk mengetahui kualitas dari kopi-kopi yang lo punya.

 

Lalu Bagaimana Proses Cupping Bisa Berjalan?

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: chicagotribune.com

Hal pertama yang akan disiapkan adalah menggiling berbagai jenis biji kopi yang lo punya terlebih dahulu. Misalnya, lo punya 10 jenis biji kopi spesialti yang berbeda-beda. 10 jenis tersebut digiling masing-masing untuk satu cup saja.

Jadi kurang lebih satu cup memerlukan 12 gram bubuk kopi. Untuk menyeduhnya, sebaiknya lo menggunakan teknik tubruk, yaitu bubuk kopi yang ada langsung diseduh menggunakan air mendidih bersuhu 100 derajat.

Mengapa harus air mendidih seperti itu? Perlu lo ketahui bro kalau kopi yang diseduh dengan air panas seperti itu, dinilai bisa mengeluarkan secara maksimal cita rasa yang ada di dalamnya. Apakah langsung dicoba begitu saja?

Ya nggak dong bro. Setelah semua jenis kopi sudah diseduh dalam cangkir masing-masing. Langkah selanjutnya adalah mendiamkan sejenak agar kopi berekstrasi secara alami selama 4 menit. Setelah 4 menit dan suhu di dalam cangkir tersebut dinilai aman untuk di minum, barulah proses cupping dimulai.

 

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: europeancoffeetrip.com

Mereka para cupper – sebutan untuk mereka yang mempunyai palet rasa kopi yang luas, akan memeriksa karakteristik dari kopi yang diseduh tersebut. Mereka menggunakan sendok untuk mengambil kopinya, lalu menyeruputnya dengan agresif.

Maka dari itu, terlihat para cupper hampir seperti tersedak karena kurang lebih mereka menembakan kopi tersebut sampai ke langit-langit mulutnya agar benar-benar bisa merasakan cita rasa dan karakteristik yang sebenarnya dari kopi itu.

Jika sudah, semua taste dari kopi yang sudah mereka cicipi, akan dicatat kelebihan dan kekurangannya. Di langkah yang seperti inilah lo akan mengetahui apakah kopi yang lo punya itu bagus atau tidak – atau mempunyai karakteristik tersendiri.

Coffee cupping cocok lo lakukan saat pagi hari sebelum kedai dibuka. Ingat, proses ini untuk mengetahui bagaimana deretan kopi yang lo miliki kualitasnya seperti apa. Jadi pastikan melakukan coffee cupping agar lo tahu sudah sejauh mana kualitas yang lo tawarkan untuk para konsumen.

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelaskan dari penjelasan singkat tentang coffee cupping? Jika iya, lo bisa mencobanya nih sekarang!

 

Feature Image – perfectdailygrind.com