• Food
  • Serba-serbi Coffee Art Latte untuk Para Pencinta Kopi

Serba-serbi Coffee Art Latte untuk Para Pencinta Kopi

Mon, 11 March 2019
Serba-serbi Coffee Art Latte untuk Para Pecinta Kopi

Kopi yang disajikan dengan coffee art latte pasti membuat tampilannya makin cantik. Kalau kopi dikemas dengan penampilan yang menarik, jelas peminatnya juga bakal banyak. Lo sendiri pernah kepikiran untuk membuat coffee art latte sendiri? Yes, art yang satu ini nggak cuma bisa dibuat sama barista. Lo bisa cari tahu caranya di sini.

 

Apa Itu Coffee Art Latte

Apa Itu Coffee Art Latte?

Secara simpel, coffee art latte adalah metode penyajian kopi dengan menuangkan microfoam atau busa susu lembut pada satu shot espresso. Microfoam dituang sedemikian rupa hingga menghasilkan bentuk cantik pada kombinasi latte dan foam susu. Selain membuat kopi, art seperti ini juga bisa diaplikasikan pada minuman yang mengandung susu seperti coklat.

Meracik coffee art latte yang indah sekaligus nggak kehilangan identitas kopinya bisa dibilang susah-susah gampang. Barista harus punya takaran microfoam yang tepat supaya motif pada permukaan kopi bisa kelihatan jelas. Nggak cuma untuk menghasilkan motif yang jelas, takaran microfoam juga harus dijaga supaya rasa kopi nggak hilang.

 

What You Need for Coffee Art Latte 

What You Need for Coffee Art Latte

Pertama, jelas lo butuh microfoam. Lo bisa pakai alat khusus tapi kalau emang nggak ada, peralatan di rumah juga bisa dimanfaatkan. Sediakan low fat milk dan kocok dalam wadah hingga berbusa. Setelah muncul busa, masukkan ke microwave selama 30 detik. Voila, lo sudah bisa dapat microfoam buat coffee art latte.

Kedua, lo butuh espresso. Gunakan 7-8 gram kopi untuk menghasilkan espresso yang pas. Usahakan juga espresso yang dipakai punya sedikit busa pada permukaannya. Busa ini nanti bakal “mengikat” kopi dengan microfoam yang dituang. For additional info, jangan mendiamkan espresso terlalu lama karena bikin busanya hilang dan coffee art latte berantakan. Lo juga butuh beberapa tools khusus seperti milk jug dan barista pen. Buat penggunaannya, lo bisa lihat dalam penjelasan di bawah ini.

 

Coffee Art Latte: Step by Step 

 Step by Step

Penasaran gimana cara bikin coffee art latte? Ada dua teknik yang bisa dipakai buat menghasilkan coffee art latte yang cantik. Lo bisa simak penjelasannya berikut.

 

Free Pouring

Bisa dibilang ini adalah cara paling basic buat bikin coffee art latte. Kalau lo sering lihat latte atau cappuccino dengan motif bunga, nah teknik free pouring inilah yang dipakai. Teknik ini pertama kali dipakai di Amerika, simpel banget dan nggak butuh banyak alat karena lo cuma perlu cangkir buat menuangkan microfoam

Cara menghasilkan motif coffee art cukup dengan menggerakkan cangkir kopi. Pertama, tuangkan satu shot espresso dalam cangkir. Kedua, siapkan microfoam dalam milk jug khusus. Setelah itu, tuang microfoam perlahan sambil menggoyangkan cangkir kopi. Buat beginner, coba buat motif simpel seperti hati atau fern.

 

Etching 

Selain free pouring, ada juga teknik etching. Buat teknik ini, lo butuh alat khusus yang mirip stick. Biasanya alat ini disebut dengan barista pen. Kegunaannya adalah untuk “menggores” permukaan kopi demi menghasilkan motif tertentu. Teknik etching ini nantinya menghasilkan motif yang lebih rumit dari teknik free pouring.

Setelah menyiapkan microfoam, tuangkan one shot espresso dalam cangkir. Lo bisa mulai menuangkan susu pelan-pelan pada cangkir kopi. Begitu kopi dan susu sudah tercampur rata dan busa naik ke permukaan, segera ukir dengan barista pen. Lakukan dengan cepat sebelum busa menghilang.

 

Selain dua teknik di atas, ada juga teknik lain, tapi teknik tersebut harus menggunakan mesin khusus berharga mahal. Buat pemula, teknik free pouring dan etching sudah cukup kok!

Coffee art latte jelas bikin acara minum kopi makin seru. Motif yang cantik pada permukaan kopi pasti bikin lo gatel buat posting foto kopi ke media sosial. Nah, sekarang lo nggak harus ke kafe buat menikmati coffee art latte. Cara-cara di atas bisa dicoba kalau lo senggang dan mau bikin coffee art latte sendiri di rumah.

 

 

Sources: Otten Coffee, Coffee Science

Lapar Tiba-Tiba, 4 Snack Berikut Bisa Lo Buat Hanya dengan 3 Bahan

Fri, 08 May 2020
Mozarella stick dengan keju yang lumer

Kalau perut lo sudah mulai keroncongan dan rasa lapar mulai menyerang, sebaiknya jangan sering-sering ditahan, Bro! Biasakan untuk mengisi perut lo tepat waktu, agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Kalau pun lo nggak sempat masak yang ribet-ribet, lo bisa memilih untuk membuat snack untuk mengisi perut.

Beberapa makanan enak di bawah ini bisa jadi pilihan lo saat lapar menyerang di rumah. Santai, cara membuatnya sama sekali nggak ribet. Apalagi, bahan-bahan yang lo butuhkan juga hanya ada 3 ragam. Cepat proses masaknya, cepat kenyangnya. Ini dia beberapa snack yang bisa lo coba, Bro. Siapa tahu ada yang pas dengan selera lo.

 

Mozzarella Stick

Mozzarella stick dengan kulit lumpia

Para pencinta keju, ini snack rekomendasi buat kalian. Lo hanya butuh 3 bahan untuk membuat mozarella stick. Keju mozzarella, minyak goreng, dan tinggal pilih, mau pakai egg roll wraps atau kulit lumpia untuk membungkus mozzarella ini. Siapkan bahan sesuai dengan banyaknya porsi snack yang ingin lo buat.

Caranya mudah banget, Bro. Lo cukup memotong keju mozzarella memanjang seperti stick, lalu letakkan di atas egg roll wraps atau kulit lumpia tadi. Bungkus sampai keju tertutup sempurna, dan gunakan air sebagai perekat. Berikutnya, lo tinggal goreng bungkusan mozzarella lo. Mozzarella stick siap disantap dengan saus sambal dan tomat. Gurih dan lumer di mulut.

 

Mac and Cheese

Mac and cheese yang terlihat gurih

Masih dengan bahan dasar keju dengan perpaduan antara pasta makaroni dan susu, lo bisa memasak mac and cheese sendiri di rumah. Caranya, rebus dulu makaroni dengan sedikit air. Saat air rebusan berkurang dan makaroni sudah lumayan lunak, masukkan susu cair ke dalam panci rebus. Tunggu sebentar hingga mendidih.

Begitu mendidih, masukkan keju ke dalam panci dengan parutan-parutan besar. Untuk kejunya sendiri, lo bisa memilih sesuai dengan selera lo. Ingat, masak mac and cheese dengan api kecil. Aduk hingga campuran bahan merata. Tunggu sebentar sampai makaroni terlihat terbalut sempurna dengan susu dan keju. Nah, hidangan mac and cheese lo sudah siap!

 

French Fries Corn Dog

French fries corn dog

Kalau french fries bisa jadi sudah terlalu biasa ya, Bro. Lo bisa mencoba modifikasi snack antara french fries dan hot dog ini. Lo hanya butuh 3 bahan dasar, yakni sosis, kentang, dan tepung bumbu serba guna. Lo bisa memilih memakai tusuk sate atau nggak, sesuaikan dengan selera lo saja untuk membuat snack yang satu ini.

Kalau lo pakai tusuk sate, silahkan tusuk sosis, lalu celup sosis ke dalam campuran kental dari tepung bumbu serba guna dan air. Setelah itu, balut sosis tersebut dengan kentang yang sudah lo potong memanjang. Berikutnya, goreng hingga berwarna keemasan. Nikmati selagi hangat dan lengkapi dengan topping agar lebih nikmat, seperti mayonnaise, mustard, atau saus.

 

Omelet Mie dan Telur

Omelet mie dan telur yang nikmat untuk dijadikan snack ringan

Untuk rekomendasi snack yang terakhir, ini buat para pencinta mie instan yang wajib untuk dicoba. Bahan yang perlu lo siapkan hanya 1 bungkus mie instan, 2 butir telur, dan sosis secukupnya. Pilih saja mie instan kesukaan lo dan pilihan rasa yang lo suka.

Caranya, lo tinggal rebus mie instan, lalu buang airnya. Kocok dua butir telur, kemudian masukkan mie instan yang sudah ditiriskan. Potong sosis kecil-kecil, lalu campur rata. Siapkan teflon yang sudah diberi sedikit minyak goreng. Goreng omelet buatan lo di atas teflon. Setelah itu, angkat dan sajikan omelet mie dan telur buatan lo ini dengan saus sambal atau tomat.

 

 

 

Sources: IDN Times, Resep Koki, Liputan6