• Food
  • Ternyata Ada Perbedaan Antara Cookies dan Biskuit Lho!

Ternyata Ada Perbedaan Antara Cookies dan Biskuit Lho!

Thu, 09 August 2018
Ternyata Ada Perbedaan Antara Cookies dan Biskuit Lho!

Lo doyan ngemil? Pasti nggak asing lagi sama dua jenis kue kering ini. Jangan cuma makan saja Urbaners, lo juga harus tahu kalau cookies dan biskuit ini ternyata punya perbedaan. Masa sih? Ini beberapa perbedaan antara cookies dan biskuit yang mungkin nggak pernah lo sadari. Nih, simak ulasannya di bawah ini.

 

Dari Bahan Dasar

Dari Bahan Dasar

Urbaners mungkin nggak terlalu paham dengan bahan dasar makanan. Toh, makanan ini, yang penting jelas hasil jadinya kan? Padahal nih, kalo lo paham soal bahan dasar makanan, membedakan cookies dan biskuit cuma perkara remeh lho. Kok bisa? Ternyata, bahan dasar keduanya berbeda, Urbaners.

Baik cookies maupun biskuit memang berbahan dasar tepung terigu, gula, serta butter. Nah perbedaannya terletak pada butter ini. Biskuit perlu butter yang bersuhu dingin, tidak seperti cookies yang hanya butuh butter bersuhu ruangan. Selain itu, cookies menggunakan telur sehingga terasa lebih renyah dan kaya rasa gurih.

 

Dari Pembuatan

Ternyata nih, dari proses pembuatannya aja, dua jenis kue kering ini sudah beda. Kalo lo paham bahasa Latin, nama “biskuit” sendiri sudah merupakan petunjuk. Biskuit asalnya dari bahasa latin bis cotti yang artinya dipanggang dua kali. Berarti nih, dalam prosesnya biskuit harus dipanggang dua kali sebelum akhirnya bisa dimakan.

Beda sama cookies. Nggak seperti biskuit yang harus dipanggang dalam suhu yang tinggi biar matang, cookies cuma butuh panas oven sekitar 150°C untuk kematangan yang pas. Selain itu, cookies identik dengan proses yang lebih mudah dibandingkan dengan biskuit. Jadi nggak usah heran Urbaners kalo cookies lebih mudah dibikin di rumah.

 

Topping

Topping

Nah, ini nih bagian termudah untuk membedakan cookies dan biskuit. Lo bisa lihat dari topping yang dipakai. Biasanya, untuk menambah rasa, cookies ditambahkan topping yang bervariasi seperti chocochip atau cornflakes. Tapi, topping seperti ini nggak bakal lo temukan pada biskuit. Tekstur biskuit yang cenderung keras bakal bikin topping susah menempel pada permukaan biskuit.

Jadi, sebagai gantinya, lo bakal menemukan icing atau krim sebagai topping biskuit. Kedua jenis topping ini akan membuat biskuit terasa lebih lembut dan mudah untuk digigit. Beberapa biskuit bahkan nggak menambahkan topping atau isian agar citarasa aslinya tetap terasa.

Itu tadi perbedaan antara cookies dan biskuit. Info ini mungkin bakal terdengar remeh, tapi siapa yang tahu kan? Di masa depan lo bakal dapat pertanyaan semacam ini?

 

Source: renshawbaking.com

Deretan Resep Masakan Kilat yang Bisa Lo Coba Sekarang Juga!

Mon, 14 September 2020
resep makanan gampang buatnya

Cukup mengejutkan kalau pihak-pihak terkait yang berusaha menyelesaikan pandemi ini beberapa waktu lalu membuat keputusan kalau Pembatasan Sosial Berskala Besar kembali dilakukan dan diterapkan. Welcome to PSBB Part 2.

Beberapa regulasi lainnya yang terkait dengan PSBB ini diprediksi juga akan aktif lagi. Misalnya himbauan untuk bekerja dari rumah atau WFH yang dianjurkan untuk para pegawai kantoran. Walau seperti ini lagi, tapi jelas nggak menghalangi lo buat tetap produktif, ya!

Ada hal seru yang bisa lo lakukan dari rumah selain menyelesaikan pekerjaan rutinitas dari kantor. Jika jam kerja sudah selesai dan lo bisa benar-benar tenang di rumah, lo bisa melakukan hal yang satu ini. Apa hal tersebut? Memasak!

Percaya atau nggak, memasak adalah kegiatan yang bisa memacu kekreativitasan yang ada di dalam diri lo nih! Terlebih jika lo dituntut untuk memasak dengan bahan-bahan sederhana dan yang ada saja di rumah.

Jelas lo dituntut untuk jadi kreatif untuk menyajikan makanan yang enak dan berpenampilan menarik. Oh iya bro! Terkait sama hal ini, @MLDSPOT ngajak lo buat ikutan video kompetisi yang bakal digelar sebentar lagi. Tentang apa nih? Apa berhubungan dengan memasak?

 

mldspot homecooking

Benar sekali! @MLDSPOT dengan #MLDSPOTNEWNORMALHOMECOOKINGngajak lo buat bikin konten video yang menceritakan hal seru saat lo memasak di rumah. Cerita seperti apa nih yang mungkin menarik hati para juri?

Bisa cerita tentang apapun, misalnya – cerita di mana lo harus memasak di jam 10 malam dan bahan makanannya terbatas, tapi lo tetap bisa bikin makanan yang enak dan mengenyangkan. Atau misalnya lo mesti menyiapkan cemilan atau makanan saat gebetan lo main ke rumah, wah pasti banyak sih cerita seru yang bisa lo rekam, dan submit ke #MLDSPOTNEWNORMALHOMECOOKING.

Tapi sabar, akan ada waktunya buat mengumumkan video kompetisi ini akan digelar. Makanya stay up to date di @MLDSPOT ya! Soal hadiah? Jangan ditanya! Bakal banyak hadiah menarik yang bisa lo menangin sampai voucher blibli.com bernilai JUTAAN RUPIAH!

Nah, ngobrolin soal masak-memasak, ada banyak resep makanan yang bisa lo coba. Tapi hanya beberapa resep yang gampang dan hasilnya enak mirip dengan buatan restoran. Beberapa resep ini bakal gue kasih tahu di bahasan kali ini. Penasaran? Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Fettucini Carbonara Ala Kadarnya Aja

resep makan gampang buatnya

Credit Image: herstory.co.id

Kalau mau bikin yang ala resto, ya memang butuh bahan-bahan premium, nih. Tapi kalau mau memanfaatkan bahan yang ada saja, lo bisa dapat bahan-bahannya di convenience store dekat rumah.

Mungkin tambahannya adalah baso-sosis yang bisa jadi pelengkap Fettucini lo. Masaknya juga gampang banget. Lo bisa rebus dulu si fettucini-nya sampai al dente sekitar 10-15 menit saja, terus tumis baso dan sosis sama bawang bombai dan bumbu-bumbu pelengkapnya.

Setelah itu, masukan tumisan tersebut ke rebusan pasta, masukan keju parmesan di parut lalu aduk sampai mengental dan matang. Kurang lebih 5 menit lagi, baru deh bisa lo sajikan selagi hangat!

 

Sushi Ala-Ala (Lagi)

resep makan gampang buatnya

Credit Image: shutterstock.com

Cukup effort kalau lo mau makan sushi di restoran-restoran di luar rumah. Kalau mau buat sendiri, cukup mudah kok buat dikerjain. Lo tinggal sediakan tuna kalengan, nasi hangat dan nori atau rumput laut kering.

Caranya, lo tumis dulu tuna kalengan tersebut lengkap dengan bumbu penyedapnya, sembari itu lo bisa siapkan nasi hangat, berikan garam lalu aduk-aduk. Jika tumisan tuna sudah matang, lalu sisihkan. Sekarang lo bisa siapkan nori, taruh tumisan tuna di atasnya, lapisi lagi dengan nasinya, lalu gulung! Sudah digulung, barulah lo potong-potong sesuai selera! Jadi, bro!

 

Ramen Kuah Susu

Kalau nggak ada ramen instan, lo bisa ganti ini dengan mie instan yang lain. Menu yang satu ini lebih mudah lagi, bro. Lo bisa masak seperti layaknya memasak mie instan pada umumnya. Bedanya, lo bisa tambahkan margarin cair serta susu sebagai pelengkapnya.

Soal rasa? Jangan ditanya, pasti gurih bukan main! Wah bagaimana nih bro? Dari deretan menu simple dan cepat serta gampang dibuat ini, yang mana dulu nih yang mau lo coba?

 

Feature Image - pinterest