Home Food Ternyata Indonesia Juga Punya Jenis Cokelat Khas, Lho!
Ternyata Indonesia Juga Punya Jenis Cokelat Khas, Lho!

Ternyata Indonesia Juga Punya Jenis Cokelat Khas, Lho!

Tuesday, October 2, 2018 - 11:10
Bagikan
Facebook Twitter Email

Selama ini, Indonesia lebih dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Padahal sebetulnya negara kita juga punya potensi pembudidayaan cokelat yang cukup menjanjikan, Urbaners. Ragam kondisi geografis di Indonesia membuat cokelat tanah air jadi punya cita rasa yang khas.

Salah satu produsen cokelat ternama di Indonesia adalah Pipiltin Cocoa. Menurut mereka, ada beberapa jenis cokelat Indonesia yang wajib banget lo coba. Ini dia 3 di antaranya!

 

Cokelat Tanazozo, Flores

Cokelat Tanazozo, Flores

Urbaners, apa lo tahu kalau di Rajawawo, Flores, Nusa Tenggara Barat, ada sebuah suku bernama Tanazozo? Di sinilah cokelat Tanazozo berasal dan diolah secara lokal. Ditanam di atas 500 mdpl, lahan di sini memiliki tanah yang bercampur batu gamping.

Hasilnya, cokelat Tanazozo pun punya karakter yang cukup unik. Rasa cokelatnya cenderung medium dengan sentuhan rasa kopi dan cengkeh di akhir rasanya. Uniknya lagi, tanpa dicampur gula pun cokelat Tanazozo sudah mengeluarkan manis karena karakter cokelatnya yang lebih organik.   

 

Cokelat Pidie Jaya, Aceh

Cokelat Pidie Jaya, Aceh

Nggak cuma kopi, cokelat di Aceh ternyata juga terkenal strong. Dibandingkan dengan cokelat Tanazozo, cokelat Pidie Jaya cenderung lebih pekat dan pahit. After taste-nya pun asam dan bahkan sedikit pedas. Hal ini nggak terlepas dari kondisi kelembapan iklim Aceh sendiri.

Penanaman cokelat Pidie Jaya dilakukan di tanah setinggi 150-250 mdpl. Proses pengolahannya masih menerapkan metode fermentasi secara tradisional, yaitu menggunakan kotak kayu selama 5 hari.

 

Cokelat Glenmore, Jawa Tengah

Cokelat Glenmore, Jawa Tengah

Mirip seperti cokelat Pidie Jaya, cokelat asal Jawa Tengah ini juga memiliki after taste yang agak asam, tapi cita rasanya nggak begitu pahit. Banyak orang bilang kalau cokelat Glenmore merupakan cokelat yang paling “seimbang” jika dibandingkan dengan jenis cokelat Indonesia lain.

Cokelat Glenmore ditanam di lahan dengan ketinggian 100-200 mdpl. Disebut juga dengan sebutan Cocoa Java, cokelat Glenmore ternyata sudah diekspor ke banyak negara. Bahkan kabarnya cokelat ini juga sudah terkenal di dunia sejak era kolonial, lho!

 

Dari ketiga jenis cokelat Indonesia di atas, mana yang sudah pernah lo cobain, Urbaners?

 

 

Sources: kompas.com