• Food
  • Tips Agar Bisa Sarapan di Dalam Apartemen Kecil Lo

Tips Agar Bisa Sarapan di Dalam Apartemen Kecil Lo

Thu, 31 May 2018
Tips Agar Bisa Sarapan di Dalam Apartemen Kecil Lo

Salah satu hal yang paling menyebalkan ketika jadi anak rantau adalah lo nggak bisa sarapan dengan teratur di pagi hari, akhirnya membuat badan lo sakit dan malah boros karena harus makan di luar. Mungkin jika lo tinggal bersama saudara atau teman, tentu sarapan bukan lagi jadi soal. Tetapi ketika lo bekerja di tanah rantau atau luar negeri, kemudian lo harus menyewa apartemen, kontrakan, atau kosan yang kecil, tentu lo akan pusing meletakkan kompor, menata meja, kursi, dan lain-lain.

Nah, di dalam artikel kali ini, kita akan mencoba memberikan tips bagaimana agar lo bisa terus sarapan walaupun tempat tinggal lo sempit banget.

 

Gunakan rak yang banyak

Tips pertama adalah gunakan rak yang banyak dan manfaatkan segala space di dinding kamar lo. Jika memang lo nggak punya ruangan dapur sama sekali, lo bisa membuat rak kecil di dinding untuk meletakkan perabotan dapur seperti piring, sendok, atau bahkan kompor listrik. Jangan biarkan perabotan dapur lo ini berantakan, ya.

 

Gunakan warna perabotan yang sama

Tips selanjutnya adalah pilih perabotan dengan warna yang senada, kalau perlu warnanya sama dengan warna tembok lo. Kenapa demikian? Karena dengan ruangan yang sangat kecil, jika lo salah dalam memilih warna atau bentuk perabotan, maka ruangan lo bisa jadi sangat sempit. Selain itu, pilih juga warna netral seperti putih, abu-abu, hijau muda, atau biru muda agar ruangan lo terlihat lebih besar.

 

Manfaatkan teknologi yang keren

Delish.com me-review sebuah produk dengan nama Breakfast Station Maker. Jika dilihat dari bentuknya, produk ini mirip dengan oven, tetapi jika lo lihat lagi ada 3 buah fungsi yang keren banget. Pertama, lo akan melihat toaster yang bisa memanggang atau memanasi segala macam makanan. Lalu kedua ada coffee maker yang bisa membuat kopi dan terakhir fungsi memasak. Yup, lo bisa memasak di produk Breakfast Station Maker ini.

Ketiga tips di atas bisa lo jadikan patokan ketika lo tinggal di apartemen atau kosan yang sempit banget. Semoga menginspirasi ya, Urbaners.

 

Source: delish.com

Buat Lo yang Punya Coffee Shop Pastikan Lo Tahu Apa Itu Cupping

Fri, 25 September 2020
Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Buat lo yang lagi merintis bisnis kedai kopi, ada banyak hal yang mesti lo perhatikan, termasuk dari menjaga kualitas minuman kopi yang akan lo sajikan. Oleh karena itu, lo mesti melakukan cupping sebelum membuka toko, buat mengetahui seberapa jauh kualitas yang akan lo tawarkan.

Coffee cupping atau disebut juga dengan istilah coffee tasting adalah kegiatan yang wajib lo jalankan sebelum menawarkan minuman kopi lo kepada para konsumen. Tapi sebelum jauh membahas soal cupping, apakah lo sudah tahu apa itu coffee cupping?

Siapapun bisa melakukan coffee cupping. Hal ini dikarenakan oleh prosesnya yang bisa lo lakukan sendiri. Secara singkat, mencicipi kopi ini menggunakan dua dari panca indera lo. Pertama adalah hidung untuk mengetahui seberapa bagus aromanya.

Kedua adalah dengan mencicipinya, dalam artian mencoba dengan indera perasa lo atau lidah. Sebenarnya, apa sih tujuan dari dilakukannya coffee cupping ini? Jika ditelisik dari tujuannya, coffee cupping bisa mengetahui bagaimana karakteristik kopi yang lo punya.

Seperti tingkat keasaman dari kopi tersebut atau acidity, sweetness, bittersweet, sampai ke rasa saltiness – deretan karakteristik tersebut akan jadi acuan tersendiri buat lo menawarkan minuman kopi yang ada di kedai.

Terlebih, jika lo mempunyai jenis minuman kopi yang bervariasi seperti cappuccino, atau mochacinno dan sebagainya lagi – jenis-jenis kopi tersebut mesti benar-benar lo ketahui karakteristiknya sehingga jenis minuman yang akan lo buat akan sesuai dengan rasa terbaiknya.

Kelihatannya seru ya melakukan coffee cupping? Selain seru, kalau lo adalah salah satu dari pemilik kedai kopi yang ada, proses ini justru termasuk ke salah satu cara untuk mengetahui kualitas dari kopi-kopi yang lo punya.

 

Lalu Bagaimana Proses Cupping Bisa Berjalan?

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: chicagotribune.com

Hal pertama yang akan disiapkan adalah menggiling berbagai jenis biji kopi yang lo punya terlebih dahulu. Misalnya, lo punya 10 jenis biji kopi spesialti yang berbeda-beda. 10 jenis tersebut digiling masing-masing untuk satu cup saja.

Jadi kurang lebih satu cup memerlukan 12 gram bubuk kopi. Untuk menyeduhnya, sebaiknya lo menggunakan teknik tubruk, yaitu bubuk kopi yang ada langsung diseduh menggunakan air mendidih bersuhu 100 derajat.

Mengapa harus air mendidih seperti itu? Perlu lo ketahui bro kalau kopi yang diseduh dengan air panas seperti itu, dinilai bisa mengeluarkan secara maksimal cita rasa yang ada di dalamnya. Apakah langsung dicoba begitu saja?

Ya nggak dong bro. Setelah semua jenis kopi sudah diseduh dalam cangkir masing-masing. Langkah selanjutnya adalah mendiamkan sejenak agar kopi berekstrasi secara alami selama 4 menit. Setelah 4 menit dan suhu di dalam cangkir tersebut dinilai aman untuk di minum, barulah proses cupping dimulai.

 

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: europeancoffeetrip.com

Mereka para cupper – sebutan untuk mereka yang mempunyai palet rasa kopi yang luas, akan memeriksa karakteristik dari kopi yang diseduh tersebut. Mereka menggunakan sendok untuk mengambil kopinya, lalu menyeruputnya dengan agresif.

Maka dari itu, terlihat para cupper hampir seperti tersedak karena kurang lebih mereka menembakan kopi tersebut sampai ke langit-langit mulutnya agar benar-benar bisa merasakan cita rasa dan karakteristik yang sebenarnya dari kopi itu.

Jika sudah, semua taste dari kopi yang sudah mereka cicipi, akan dicatat kelebihan dan kekurangannya. Di langkah yang seperti inilah lo akan mengetahui apakah kopi yang lo punya itu bagus atau tidak – atau mempunyai karakteristik tersendiri.

Coffee cupping cocok lo lakukan saat pagi hari sebelum kedai dibuka. Ingat, proses ini untuk mengetahui bagaimana deretan kopi yang lo miliki kualitasnya seperti apa. Jadi pastikan melakukan coffee cupping agar lo tahu sudah sejauh mana kualitas yang lo tawarkan untuk para konsumen.

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelaskan dari penjelasan singkat tentang coffee cupping? Jika iya, lo bisa mencobanya nih sekarang!

 

Feature Image – perfectdailygrind.com