Home Food Waspadai Bahaya Terlalu Sering Minum Bubble Tea!

Waspadai Bahaya Terlalu Sering Minum Bubble Tea!

Wednesday, June 12, 2019 - 15:11
Bagikan
Facebook Twitter Email

Iklim Indonesia yang panas cenderung bikin lo selalu ingin minum minuman yang segar. Jadi, nggak heran lagi kalau ada banyak minuman “kekinian” di Indonesia. Salah satu yang cukup booming saat ini adalah bubble tea. Namun, ternyata ada anjuran untuk nggak terlalu banyak minum bubble tea karena efeknya ternyata kurang baik untuk kesehatan.

Bubble yang berbahaya

Minuman bubble tea memang sebenarnya berbahan dasar teh. Teh sendiri tergolong sebagai minuman yang menyehatkan karena memiliki kandungan antioksidan. Namun, untuk bisa menghasilkan bubble tea, penjual biasanya menambahkan butiran bubble yang terbuat dari tepung tapioka.

Ternyata bahan bubble ini sulit dicerna oleh tubuh meskipun lo sudah mengunyahnya hingga halus. Ini karena tepung tapioka punya kandungan pati yang tinggi sehingga sulit dihancurkan, bahkan oleh enzim dalam sistem pencernaan manusia. Nggak cuma itu, ada juga penjual yang menambahkan zat pengawet dan pengental pada bubble yang berbahaya buat tubuh.

Kandungan gula yang cukup tinggi

Selain teh dan bubble dari tapioka, bubble tea juga diberi tambahan gula dan condensed milk untuk menambah rasa. Bubble tea dalam ukuran normal atau regular bisa memiliki kandungan gula hingga 36 gram dan 350 kalori. Kalau dibandingkan, jumlah ini setara dengan sekaleng minuman bersoda.

Kandungan gula dan kalori yang tinggi ini bisa membahayakan tubuh. Konsumsi bubble tea yang terlalu sering dikhawatirkan bisa memicu diabetes dan penyakit kronis lainnya. Belum lagi kalau lo suka menambahkan topping yang juga punya kandungan gula tinggi, efeknya pun bisa berkali-kali lipat.

Beralih ke minuman yang lebih sehat

Dari efek yang sudah disebutkan di atas, rasanya sekarang lo harus mulai mengurangi konsumsi minuman bubble tea. Ada banyak alternatif minuman yang lebih sehat, minim gula, dan rendah kalori yang bisa lo konsumsi. Jus atau teh hijau misalnya. Jangan lupakan juga air mineral yang bebas zat tambahan berbahaya.

Memulai kebiasaan sehat mungkin akan terasa berat, tapi bukan berarti lo nggak bakal bisa menjalaninya. Lo bisa mulai dengan mengurangi porsi minum bubble tea. Pelan-pelan, kebiasaan minum bubble tea bakal berubah dengan kebiasaan minum minuman sehat tanpa disadari. Good luck!

 

 

Sources: Thedailymeal.com, webmd.com