Waspadai Bahaya Terlalu Sering Minum Bubble Tea! - MLDSPOT
  • Food
  • Waspadai Bahaya Terlalu Sering Minum Bubble Tea!

Waspadai Bahaya Terlalu Sering Minum Bubble Tea!

Wed, 12 June 2019

Iklim Indonesia yang panas cenderung bikin lo selalu ingin minum minuman yang segar. Jadi, nggak heran lagi kalau ada banyak minuman “kekinian” di Indonesia. Salah satu yang cukup booming saat ini adalah bubble tea. Namun, ternyata ada anjuran untuk nggak terlalu banyak minum bubble tea karena efeknya ternyata kurang baik untuk kesehatan.

Bubble yang berbahaya

Minuman bubble tea memang sebenarnya berbahan dasar teh. Teh sendiri tergolong sebagai minuman yang menyehatkan karena memiliki kandungan antioksidan. Namun, untuk bisa menghasilkan bubble tea, penjual biasanya menambahkan butiran bubble yang terbuat dari tepung tapioka.

Ternyata bahan bubble ini sulit dicerna oleh tubuh meskipun lo sudah mengunyahnya hingga halus. Ini karena tepung tapioka punya kandungan pati yang tinggi sehingga sulit dihancurkan, bahkan oleh enzim dalam sistem pencernaan manusia. Nggak cuma itu, ada juga penjual yang menambahkan zat pengawet dan pengental pada bubble yang berbahaya buat tubuh.

Kandungan gula yang cukup tinggi

Selain teh dan bubble dari tapioka, bubble tea juga diberi tambahan gula dan condensed milk untuk menambah rasa. Bubble tea dalam ukuran normal atau regular bisa memiliki kandungan gula hingga 36 gram dan 350 kalori. Kalau dibandingkan, jumlah ini setara dengan sekaleng minuman bersoda.

Kandungan gula dan kalori yang tinggi ini bisa membahayakan tubuh. Konsumsi bubble tea yang terlalu sering dikhawatirkan bisa memicu diabetes dan penyakit kronis lainnya. Belum lagi kalau lo suka menambahkan topping yang juga punya kandungan gula tinggi, efeknya pun bisa berkali-kali lipat.

Beralih ke minuman yang lebih sehat

Dari efek yang sudah disebutkan di atas, rasanya sekarang lo harus mulai mengurangi konsumsi minuman bubble tea. Ada banyak alternatif minuman yang lebih sehat, minim gula, dan rendah kalori yang bisa lo konsumsi. Jus atau teh hijau misalnya. Jangan lupakan juga air mineral yang bebas zat tambahan berbahaya.

Memulai kebiasaan sehat mungkin akan terasa berat, tapi bukan berarti lo nggak bakal bisa menjalaninya. Lo bisa mulai dengan mengurangi porsi minum bubble tea. Pelan-pelan, kebiasaan minum bubble tea bakal berubah dengan kebiasaan minum minuman sehat tanpa disadari. Good luck!

 

 

Sources: Thedailymeal.com, webmd.com

Infused Water dari Biji Kopi: Sensasi Minum Cold Brew Tanpa Diseduh!

Fri, 02 April 2021
Biji Kopi

Kopi emang udah jadi minuman yang rasanya wajib dinikmati setiap harinya bagi sebagian orang. Baik itu kopi susu, kopi murni, ataupun kopi yang udah disediakan dalam bentuk kemasan. Yang manapun itu, pokoknya lo ingin menikmati kopi tanpa harus susah bikin, iya kan?

Bagi lo para pecinta cold brew, lo udah pernah denger infused water dari biji kopi belum, bro? Minuman yang identik dengan kesehatan ini ternyata bisa lo nikmati selayaknya minum kopi sehari-hari pada umumnya.

Meskipun nggak seperti cold brew, tapi minuman dari biji kopi yang satu ini wajib untuk lo coba – selain unik, pastinya lo akan menemukan sensasi rasa kopi yang berbeda. Biar nggak penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Minuman dengan Rendaman Biji Kopi

Biji Kopi

Credit image - Oasis

Seperti yang diketahui – infused water merupakan minuman yang direndam dalam waktu yang cukup lama. Jadi untuk infused water yang satu ini bukan menggunakan kopi yang digiling, melainkan menggunakan biji kopi yang disangrai.

Air yang direndam dengan biji kopi selama 7 jam ini bisa bikin lo merasakan sensasi minum kopi yang berbeda. Minuman yang satu ini emang punya sensasi seperti cold brew, tapi nyatanya berbeda, bro!

Minuman ini akan terasa lebih seperti sirup kopi dengan air dingin dan rasa sangrai kopi yang sedikit lebih kuat. Kehadiran infused water pastinya akan menambah variasi dari menu kopi itu sendiri. Lo nggak akan bosen deh, bro!

Campuran Infused Water dari Biji Kopi: Bikin Segar!

Selain jadi minuman yang baru dari jenis kopi, ada sumber yang mengatakan bahwa infused water yang menggunakan biji kopi dan air lemon yang dicampur beberapa tetes madu bisa membuat lo merasakan minuman kopi yang segar.

Minuman infused water dari biji kopi ini juga disarankan untuk direndam selama 12 jam. Hasil dari minuman ini juga punya rasa yang berbeda ini – karena nggak bikin lo serasa lagi minum cold brew mocktail!

Infused Liquor Juga buat Party!

Biji Kopi

Credit image -

Hal menarik yang bisa di bikin dari infused water ini adalah – lo juga bisa mengganti air dengan liquor seperti Vodka!

Salah satu sumber dari internet – yaitu uticacoffeeroasting yang mebuat infused water coffee dengan menggunakan Vodka. Menjadikan vodka sebagai campuran pada minuman ini dianggap cukup menarik tentunya. Dengan menggunakan mason jar dan merendam biji kopi yang ditumbuk kasar dan di sangrai dengan campuran vodka selama 48 jam ini. Kalo jenis minuman yang satu ini, infused water ini bukan untuk kesehatan – tapi malah jadi meriah!

Dari resep infused water ini rasanya lo pasti pengen coba bikin sendiri kan, bro? Jangan lupa buat tag @MLDSPOT kalo udah berhasil bikin resep kopi yang satu ini ya!

 

Feature image - Oasis