• Food
  • Waspadai Bahaya Terlalu Sering Minum Bubble Tea!

Waspadai Bahaya Terlalu Sering Minum Bubble Tea!

Wed, 12 June 2019

Iklim Indonesia yang panas cenderung bikin lo selalu ingin minum minuman yang segar. Jadi, nggak heran lagi kalau ada banyak minuman “kekinian” di Indonesia. Salah satu yang cukup booming saat ini adalah bubble tea. Namun, ternyata ada anjuran untuk nggak terlalu banyak minum bubble tea karena efeknya ternyata kurang baik untuk kesehatan.

Bubble yang berbahaya

Minuman bubble tea memang sebenarnya berbahan dasar teh. Teh sendiri tergolong sebagai minuman yang menyehatkan karena memiliki kandungan antioksidan. Namun, untuk bisa menghasilkan bubble tea, penjual biasanya menambahkan butiran bubble yang terbuat dari tepung tapioka.

Ternyata bahan bubble ini sulit dicerna oleh tubuh meskipun lo sudah mengunyahnya hingga halus. Ini karena tepung tapioka punya kandungan pati yang tinggi sehingga sulit dihancurkan, bahkan oleh enzim dalam sistem pencernaan manusia. Nggak cuma itu, ada juga penjual yang menambahkan zat pengawet dan pengental pada bubble yang berbahaya buat tubuh.

Kandungan gula yang cukup tinggi

Selain teh dan bubble dari tapioka, bubble tea juga diberi tambahan gula dan condensed milk untuk menambah rasa. Bubble tea dalam ukuran normal atau regular bisa memiliki kandungan gula hingga 36 gram dan 350 kalori. Kalau dibandingkan, jumlah ini setara dengan sekaleng minuman bersoda.

Kandungan gula dan kalori yang tinggi ini bisa membahayakan tubuh. Konsumsi bubble tea yang terlalu sering dikhawatirkan bisa memicu diabetes dan penyakit kronis lainnya. Belum lagi kalau lo suka menambahkan topping yang juga punya kandungan gula tinggi, efeknya pun bisa berkali-kali lipat.

Beralih ke minuman yang lebih sehat

Dari efek yang sudah disebutkan di atas, rasanya sekarang lo harus mulai mengurangi konsumsi minuman bubble tea. Ada banyak alternatif minuman yang lebih sehat, minim gula, dan rendah kalori yang bisa lo konsumsi. Jus atau teh hijau misalnya. Jangan lupakan juga air mineral yang bebas zat tambahan berbahaya.

Memulai kebiasaan sehat mungkin akan terasa berat, tapi bukan berarti lo nggak bakal bisa menjalaninya. Lo bisa mulai dengan mengurangi porsi minum bubble tea. Pelan-pelan, kebiasaan minum bubble tea bakal berubah dengan kebiasaan minum minuman sehat tanpa disadari. Good luck!

 

 

Sources: Thedailymeal.com, webmd.com

Warung Gaul Ayam Malaya yang Legendaris

Wednesday, January 15, 2020 - 17:00
Ayam Malaya dan ayam gohyong adalah menu unggulan dari Warung Gaul Ayam Malaya.

Kuliner yang ada di Jakarta memang sangat beraneka ragam. Salah satu tempat yang memiliki banyak varian kuliner adalah di kawasan Menteng. Berada di Jakarta Pusat, Menteng disebut sebagai salah satu tempat elit karena banyak dihuni oleh para konglomerat dan pejabat. Tempat kuliner yang berada di sekitar sini pun banyak yang kekinian dan cocok banget didatangi untuk tempat nongkrong.

Namun ternyata ada tempat kuliner yang terkenal dan legendaris di daerah Menteng yang cukup berbeda karena hanya berbentuk warung yang sederhana. Warung yang disebut sebagai Warung Gaul Ayam Malaya itu telah berdiri sejak lebih dari 20 tahun yang lalu dan telah memiliki pelanggan yang sangat setia.

 

Populer di Kalangan Pecinta Kuliner Jakarta

Tenda dari Warung Gaul Ayam Malaya.

Bicara soal tempat makan terkenal di daerah Menteng biasanya lo pasti akan berpikiran tempat yang indah dan Instagrammable dengan hidangan makanan yang kekinian. Namun hal itu nggak berlaku bagi warung sederhana yang terletak di Jl Gereja Santa Theresia, Menteng yang satu ini.

Warung Gaul Ayam Malaya hanyalah warung kaki lima sederhana yang hanya menggunakan tenda sebagai atapnya. Meski begitu, warung yang satu ini telah menjadi salah satu tempat makan yang paling ramai dan dikenal oleh pencinta kuliner yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Bahkan dari kota lain di Indonesia.

 

Cita Rasa yang Nggak Diragukan Lagi

Varian menu unggulan dari Warung Gaul Ayam Malaya seperti ayam malaya, ayam gohyong dan nasi goreng.

Salah satu alasan warung sederhana ini memiliki pelanggan setia yang rela antre lama tentunya karena hidangan makanan yang disajikan memiliki citarasa yang sangat nikmat. Di sini lo bisa memesan beragam makanan Chinese food mulai dari aneka nasi goreng, mi goreng, mi kuah, dan ayam kuluyuk. Menu unggulannya lainnya yaitu ayam malaya dan ayam gohyong.

Ayam malaya dan ayam gohyong menjadi dua menu paling favorit dan selalu dipesan oleh banyak pelanggannya. Ayam malaya sendiri merupakan menu olahan daging ayam tanpa tulang yang dibalut dengan tepung. Setelah digoreng, ayam balut tepung tersebut disiram dengan kuah yang memiliki rasa asam manis yang lezat.

Hidangan favorit lain yang selalu dicicipi oleh pelanggan ialah ayam gohyong. Menu yang satu ini dibuat dari daging ayam yang dicincang dan dicampur dengan sedikit daging sapi. Campuran daging cincang tersebut kemudian akan dibalut dengan telur terlebih dahulu sebelum digoreng. Saat disajikan ayam gohyong juga akan diberi kuah berwarna cokelat yang terbuat dari mentega dan kecap asin.

Dua menu favorit tersebut dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 25 ribu rupiah. Satu porsi dari ayam malaya dan ayam gohyong cukup banyak dan rasanya juga nikmat jadi sangat worth it dengan harga yang dibanderolnya tersebut.

Ayam malaya memiliki tekstur renyah yang menggoda, sedangkan ayam gohyong memiliki citarasa yang gurih yang sangat lezat. Jadi apa lo udah siap mencoba dua hidangan favorit dari Warung Gaul Ayam Malaya yang legendaris ini, Urbaners?

 

 

Sources: detik.com, liputan6.com