Pinewood Derby: The Science in Speed - MLDSPOT
  • Hobby
  • Pinewood Derby: The Science in Speed

Pinewood Derby: The Science in Speed

Mon, 06 April 2015

Mungkin lo udah nggak asing lagi dengan mainan mobil berkecepatan tinggi, seperti tamiya dan Hot Wheels. Tapi, pernah dengar tentang “pinewood derby”? Permainan yang melibatkan mobil kayu ini juga mempertaruhkan kecepatan di atas lintasan balap. Hanya aja, pinewood derby memberikan tantangan lebih. Lo harus benar-benar membuat mobil aerodinamis dari sebuah balok kayu yang sederhana.

Permainan pinewood derby sebenarnya mudah, lo cukup meluncurkan mobil balap kreasi lo di atas track lurus yang udah disiapkan. Mobil yang paling cepat mencapai garis finish adalah pemenangnya. Masalahnya terletak pada bagaimana menciptakan mobil kayu berkecepatan maksimum. Kalau lo tertarik dengan tantangan pinewood derby ini, lo bisa mengikuti beberapa tips yang erat kaitannya dengan ilmu fisika.

Kunci utama dari mobil pinewood derby adalah gravitasi, sehingga lo harus membuat mobil kayu yang memiliki energi potensial secara maksimal. Sebaliknya, rancanglah desain mobil yang mampu meminimalisir gesekan dan hambatan udara karena kedua hal tersebut bisa memperlambat laju mobil lo. Ada beberapa hal penting lain yang sebaiknya lo ingat, seperti: hindari membuat mobil dengan bagian depan yang runcing, tambahkan beban di bagian belakang mobil, maksimalkan berat mobil sampai batas yang diperbolehkan, gunakan roda yang ringan, bentuklah mobil menyerupai wedge, angkat sedikit satu roda sehingga roda itu nggak benar-benar menyentuh lintasan, dan gunakan banyak grafit. Semua hal tersebut sangat berperan untuk mengoptimalkan kecepatan mobil kayu buatan lo.

Saat membuat mobil kayu, lo juga bisa memperhatikan beberapa peraturan umum dalam kompetisi balap pinewood derby. Untuk dimensi mobil, pastikan panjang mobil nggak lebih dari 7 inci dan lebar mobil nggak lebih dari 2,75 inci. Selain itu, beri jarak 1,75 inci antarroda dan 0,375 inci antara mobil dan lintasan. Biasanya, berat mobil dibatasi cuma sampai 5 ons aja. Peraturan ini berguna untuk menyeragamkan mobil-mobil kayu yang akan dilombakan dalam kompetisi balap pinewood derby.

Meski pinewood derby hanya sebuah permainan, namun banyak orang yang memberikan perhatian serius terhadap mobil kayu ini. Lebih dari sekedar cepat, kesuksesan mobil pinewood derby juga terletak pada ketelitian dan kreativitas pembuatnya. Ingat, nggak ada kata “terlambat” untuk terjun ke dunia pinewood derby. Lo bisa memulainya dengan mencari balok kayu mulai dari sekarang!

 

 

 

 

Sejarah Pinewood Derby
Pinewood derby pertama kali diselenggarakan oleh Cub Scout Pack, semacam komunitas pramuka anak laki-laki di Amerika Serikat, pada tanggal 15 Mei 1953. Konsepnya diciptakan oleh Don Murphy dan disponsori langsung oleh Management Club di North American Aviation.

 

Selain Pinewood Derby
Mirip dengan pinewood derby, terdapat “raingutter regatta” dan “space derby”. Raingutter regatta mengadu kecepatan perahu mainan di suatu saluran sempit. Sedangkan, space derby melibatkan roket mainan yang memiliki baling-baling bertenaga rubber bands.

 

The Longest Pinewood Derby Track
Track pinewood derby yang terpanjang mencapai 97,54 meter! Track yang memiliki 12 jalur itu dibuat oleh Boston Minuteman Council dan Boy Scouts of America di Boston pada tanggal 7 Oktober 2012. Track terpanjang itu pun diakui oleh Guinness World Records.

 

Sejumlah Perspektif Saat Ingin Buat Ilustrasi Original Character, Bro!

Tue, 27 October 2020
Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Originalitas di dunia industri kreatif ini memang sekarang cukup dapat perhatian yang besar. Majunya teknologi membuat beberapa ide dan desain bisa saja mirip bahkan ternyata sama. Ini jadi catatan tersendiri untuk para ilustrator saat ingin membuat original character.

OC atau original character menurut banyak ilustrator adalah karakter yang dibuat tidak berdasarkan referensi karakter yang sudah ada sebelumnya. Sehingga keaslian dari karakter yang diciptakan bisa dipertanggungjawabkan.

Ini artinya, para ilustrator memang menghindari kejadian melanggar hak cipta seseorang atau pihak tertentu, yang sebelumnya sudah membuat terlebih dahulu karakter, ide atau desain sebelumnya. Yang masih ramai diperbincangkan di jagat dunia maya, khususnya di Instagram, terkait dengan ide dan desain, Nike menuntut Warren Lotas terkait desain sepatu yang dibuatnya.

Menurut Nike, desain sneakers yang diciptakan oleh Warren Lotas, mirip sekali dengan Nike SB Low Dunk-nya. Dari bentuk, warna, sampai aksen, kurang lebih mirip – akan tetapi yang membedakan adalah logo swoosh yang diganti menjadi kepala Jason Voorhees.

Well, kalau dari sisi originalitas, Warren Lotas berada di area yang abu-abu. Kalau dari perspektif Nike, jelas Warren menjiplak karya dari ide dan desain mereka. Nah, hal-hal seperti ini lah yang dihindari para pembuat karakter original. Menghindari tuntutan dari tuduhan menjiplak atau plagiat.

Terkait dengan hal tersebut, para ilustrator mempunyai cara tersendiri untuk membuat karakter original atau original character yang benar-benar asli. Belum ada yang punya selain ilustrator tersebut. Semangat seperti ini sih yang bisa lo contoh bro #MauLagiDimanapun – semangat untuk selalu kreatif dan produktif!

Mungkin sekarang lo sudah makin penasaran nih, sebenarnya ada cara-cara seperti apa sih untuk membuat OC dan menghindari tuduhan sebagai plagiat dari karya orang lain? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini ya!

 

Riset Untuk Konsep Karakter

Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Credit Image: freelogoservices.com

Percaya atau nggak ya bro, para ilustrator mesti ‘bertapa’ terlebih dahulu untuk membuat OC. Eits, yang dimaksud bertapa adalah melakukan riset. Riset ini yang akan menentukan bagaimana konsep dari karakter tersebut.

Berbagai aspek dipikirkan di dalam riset tersebut. Mulai dari penampilan fisiknya seperti apa, jenis kelaminnya bagaimana, apakah karakter ini akan murni sosok manusia atau hybrid (gabungan beberapa bentuk mahluk hidup).

Sampai ke aspek apakah karakter ini punya super power tertentu, keahlian apa yang bisa ditonjolkan secara visual, bagaimana ekspresi wajahnya ketika senang ataupun sedih – semua hal dipikirkan dan biarkan imajinasi lo sebagai ilustrator bekerja dengan baik.

Begitu riset selesai dengan hasil yang sudah ditentukan – segala aspek sudah jelas, barulah lo bisa mendesain. Tapi nanti dulu, sebelum lo mulai mendesain, ada tahap lainnya di mana lo mesti menyelesaikannya terlebih dahulu.

 

Menentukan Nama Karakternya

Seperti lahir lagi ke bumi, karakter lo pasti perlu sebuah nama. Bro, nama ini secara nggak langsung bakal sangat merepresentasikan bagaimana karakter yang sudah lo buat, lho. Nah, buat menentukan nama karakter, ada beberapa hal lagi yang perlu lo perhatikan.

Misalnya seperti tidak memberikan nama sesuai dengan nama lo sendiri. Itu namanya hanya copy paste saja bro. Lagipula, jarang sekali para ilustrator di luar sana memberikan nama untuk karakternya sesuai dengan nama aslinya.

Kemudian, karena tidak bisa sama dengan lo untuk nama, pastikan lo juga bisa memberikan nama yang bermakna. Hal ini bakal semakin menguatkan karakter lo dari segi visualnya nanti. Lalu, pastikan juga nama yang lo buat tidak terlalu panjang.

 

Yok Mulai Desain Karakternya!

Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Credit Image: wacom.com

Jika semuanya sudah ditentukan dengan baik – tinggal melakukan desain karakternya, bro. Lo tinggal mengikuti guideline atau hasil riset yang ada untuk membentuk karakter tersebut secara visual. Bagaimana bentuk wajah, bentuk rambut, mata dan sebagainya.

Lo bisa lihat dan bentuk semua aspek karakter tersebut dari hasil riset dan juga penentuan nama yang sudah lo lakukan. Pastikan desain yang lo lakukan masih natural. Imajinasi yang terlalu berlebihan kadang malah bikin lo bingung bagaimana menentukan yang pas untuk karakter lo nanti.

Kemudian, untuk mempermudah karakter lo dikenali oleh banyak kalangan, pastikan ada hal unik di karakter tersebut. Misalnya ada kostum atau aksesoris yang hanya digunakan oleh karakter lo saja. Hal ini bakal memudahkan banyak orang untuk mengetahui karakter yang lo buat seperti apa.

 

Memvisualkan Super Power-nya

Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Credit Image: creativebloq.com

Hal terakhir yang bisa membuat karakter lo semakin sempurna dan terasa bagaimana originialitasnya adalah memberikannya super power. Asal jangan sampai over ya. Sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik, termasuk untuk karakter lo.

Super power ini bisa jadi unique selling point tersendiri untuk karakter yang lo ciptakan. Hal ini dikarenakan oleh super power tersebut bisa dikonversikan sebagai visual tersendiri. Misalnya, saat tertekan, karakter lo tersebut bisa merubah warna rambutnya yang menandakan kekuatan supernya datang.

Hal-hal seperti itu bisa sekali dikembangkan lebih jauh bro. Dari sini originalitas yang lo punya di karakter tersebut akan semakin terlihat dan semakin kental.

Nah, bagaimana nih bro? Dari berbagai penjelasan di atas – proses kreatif dan produktif sudah pasti terus berjalan #MauLagiDimanapun dan seperti apapun kondisinya ya bro! Terlebih, jika lo seorang ilustrator, tidak ada yang bisa nih menghalangi imajinasi lo terkait pembuatan original karakter!

 

Feature Image – dice.com