Trending
Rabu, 08 April 2015

Balapan Pakai Mobil? Siapa Takut!

  • Share
  • fb-share
Balapan Pakai Mobil? Siapa Takut!

Bukan mainan anak-anak, karting adalah suatu variasi balapan yang dilakukan menggunakan kendaraan roda empat yang kecil dan terbuka. Kendaraannya disebut Karts, go-karts, atau Gearbox/shifter karts, tergantung dari design-nya. Karting biasanya dilakukan pada circit khusus yang dikecilkan agar sesuai dengan kendaraannya. Kart-nya sendiri mempunyai kecepatan yang berbeda – beda, beberapa jenis yang dinamakan Superkarts dapat menempuh kecepatan melebihi 260 kilometer per-jam (160 mph), sedangkan go-karts yang biasanya terdapat di taman bermain mempunyai kecepatan yang dibatasi tidak melebihi 25 kilometer per-jam (16 mph).

Karting juga dianggap sebagai pijakan untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi dalam motorsports. Bukan menjadi sebuah rahasia lagi bahwa, banyak pembalap – pembalap pro yang mengawali karirnya dari Karting. Karting dibuka untuk siapapun yang ingin berpatisipasi, dan siapapun diizinkan untuk melakukan balapan setiap hari dalam seminggu, tanpa batasan apapun. Balapan menggunakan Kart sebenernya sama saja seperti balapan menggunakan mobil balap bisa, hanya saja dibuat dalam skala yang lebih kecil. Circuit yang dipakai untuk karting dinamakan “short circuit”, tapi bisa juga balapan dilakukan di arena balap sungguhan dengan menggunakan kart yang lebih kuat, yaitu Superkart. Peraturan balapannya sebagaimana balapan pada umumnya, pemenangnya ditentukan oleh siapa yang terlebih dahulu melewati garis finish setelah melewati beberapa lap yang ditentukan. Karting dibagi menjadi 4 kategori inti: Cadet, Junior, Senior, dan Gearbox.

Kart racing secara umum dianggap sebagai bentuk olahraga kendaraan bermotor yang ekonomis. Sebagai sebuah aktivitas rekreasi, kegiatan ini dapat dilakukan oleh siapapun, dan sebagai sebuah sarana olahraga, Karting hanya diizinkan untuk siapapun yang sudah berumur 8 tahun ke atas. Di USA, Karting dijalankan oleh beberapa organisasi diantaranya IKF (International Kart Federation), WKA (World Karting Federation), dan KART (Karters of America Racing Triad). Bagi para urbaners yang tertarik untuk jadi pembalap Kart, tunggu apalagi! Pertama – tama lo harus tau dulu lo jenis pembalap seperti apa dan pengen Kart tipe apa, abis itu baru deh hubungin klub – klub Karting terdekat!

 

 

 

Comments
Aldi hidayat
Keren abis sih
sumardiyono
Balapan Pakai Mobil? Siapa Takut!