• Hobby
  • Easy Way do Practice Mindfulness

Easy Way do Practice Mindfulness

Mon, 15 June 2015

Beban kerja, macet, ataupun persoalan lain sering membuat kita stres sehingga jiwa dan pikiran jadi tidak tenang. Buat urbaners yang pernah mengalami hal itu pasti rasanya jadi malas dan berat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Disini lo bisa simak beberapa tips untuk meningkatkan kualitas kesadaran diri atau yang biasa disebut mindfulness agar lo bisa lebih menikmati hari-hari lo.

 

1. Fokus pada saat ini

Saat lo suka mengenang masa lalu dan selalu khawatir dengan masa depan, artinya lo menutup apa yang terjadi saat ini. Sekarang Cobalah untuk menikmati saat ini, konsentrasi dengan apa yang sedang lo kerjakan saat ini, dan kerjakanlah dengan penuh kecintaan.

 

2. Menerima hal apa adanya

Jangan selalu berusaha atau bahkan memaksa untuk mengubah kenyataan agar sesuai dengan keinginan lo. Terimalah apapun yang terjadi dengan tetap penuh percaya diri, untuk lebih membantu lo bisa lebih banyak bergaul dengan orang yang tulus nerima lo dan percaya sama lo.

 

3. Imajinasi itu perlu

Saat lo sedang merasa “jatuh”, lo bisa coba menutup mata sambilmembayangkan apa yang menjadi tujuan hidup lo atau cita-cita lo. Dengan imajinasi tadi, tidak perlu waktu lama lo bakal bisa menemukan kembali semangat lo untuk mewujudkan impian lo menjadi nyata.

 

4. Tidak ada yang sempurna

Ya, tidak ada yang sempurna, jadi lo juga harus mulai menerima ketidaksempurnaan lo, karena kalau lo merasa tidak pernah melakukan kesalahan mungkin lo malah tidak akan pernah menyadari apa sebenarnya potensi terbesar yang lo miliki.

 

5. Mulai dengan langkah kecil

Ada istilah satu perjalanan panjang dimulai dengan satu langkah kecil, itu yang harus segera lo lakukan, memulai. Lo bisa merancang roda map menuju kesuksesan lo dengan mengawalinya dengan satu langkah kecil dan tidak perlu terburu-buru. Buat beberapa target awal dan rayakan keberhasilan-keberhasilan lo saat mencapai target-target itu.

Selain beberapa hal tadi, masih banyak langkah positif untuk meningkatkan kualitas kesadaran diri lo. Yang penting lo harus mengenal diri lo sendiri dan lo bisa mulai mencari hal-hal apa yang akan membuat lo bahagia.

Source: www.viesurmesure.com, www.lifehack.org

 

 

What si mindfulness?
mindfulness adalah sumber internal yang sudah ada dalam diri kita agar mampu mentransformasi diri dalam berelasi dengan stress, emosi, penderitaan dan sakit.

Mindfulness untuk pengobatan
Manusia akan lebih merasa bahagia dan sehat jika mereka tau bagaimana memperlambat ritme hidup dan menikmati apa yang sedang dihadapinya. Karena itu kemampuan untuk hidup dengan penuh kesadaran diri (atau mindfulness) kini diterapkan di beberapa klinik dan RS di dunia, dan merupakan bagian dari pengobatan.

Imajinasi di KBBI
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, imajinasi adalah daya pikir untuk membayangkan (dl angan-angan) atau menciptakan gambar (lukisan, karangan, dsb) kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang

Beda Sama Bartender: Mixologist Adalah 'Kasta' Tertinggi Buat Peracik Minuman!

Fri, 25 September 2020
beda jauh sama bartender, ternyata ini adalah ciri-ciri dari mixologist

Mungkin selama ini kalau lo datang ke bar, yang lo tahu sosok dibalik bar dan yang meracik minuman dikenal dengan nama atau istilah bartender. Tapi, apakah lo tahu kalau bartender sebenarnya adalah orang yang hanya menjalankan menu yang sudah dibuat sebelumnya. Jadi apakah lo tahu siapa dibalik peracik menu minuman yang sebenarnya?

Bartender, memang menjadi frontman di balik meja bar yang lo kunjungi. Tapi percaya atau tidak, walau memang kelihatannya sama, bartender meracik minuman yang sudah ada di menu saja. Dia jarang untuk eksplor rasa atau cara baru untuk membuat minuman yang menarik perhatian.

Nah, bicara soal minuman dan segala hal terkait dengannya, apakah lo tahu istilah mixology? Mixology adalah ilmu yang mendalami tentang peracikan minuman, cocktail, mocktail dan berbagai jenis minuman lainnya, diperdalam di mixology.

 

beda jauh sama bartender, ternyata ini adalah ciri-ciri dari mixologist

Credit Image: lifesavvy.com

Orang-orang yang memperdalam mixology adalah orang-orang dibalik dari menu-menu cocktail yang biasa dibuat oleh bartender, bro. Mereka biasa disebut mixologist. Cukup asing ya istilah ini di telinga lo. Tidak apa-apa, karena memang istilah ini jarang digunakan di Indonesia.

Beberapa tahun terakhir ini, istilah mixologist cukup santer terdengar di sini karena tren minum di beberapa bar di Indonesia. Baik bar-bar yang ada di Jakarta, Bali dan kota-kota besar atau pelosok lainnya. Mixologist jadi sosok yang seksi untuk diperdalam.

Belajar mixology itu cukup membutuhkan waktu, bro. Banyak hal yang perlu lo ketahui untuk lebih dari sekedar menciptakan menu cocktail atau menu minuman yang enak. Mempelajari mixology lebih dari sekedar meracik minuman.

Oleh karena itu, mixologist bisa dikatakan punya kasta yang berbeda sendiri jika dilihat pekerjaannya: peracik minuman. Lalu sebenarnya, mixologist ini sosok dibalik meja bar yang seperti apa sih? Buat lo yang sama penasaran, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Mixologist: Alkohol, Budaya, dan Seni

beda jauh sama bartender, ternyata ini adalah ciri-ciri dari mixologist

Credit Image: fourseasons.com

Mungkin tiga kata di sub judul di atas ini kurang lebih bisa merepresentasikan siapa sebenarnya mixologist itu. Dre Masso, seorang mixologist dari London, Inggris – bercerita kalau seorang mixologist adalah sosok yang jauh berbeda dari bartender biasa.

Meracik minuman tidak seperti menyeduh teh. Menurut Masso, meracik minuman adalah bagian dari pengetahuan dan seni. Oleh karena itu, mixologist adalah mereka yang jauh lebih tinggi daripada sekedar bartender.

Masso sendiri menyatakan kalau seorang mixologist sangat mungkin bisa untuk jadi bartender, tapi seorang bartender – belum tentu bisa untuk jadi mixologist. Hal ini mungkin dikarenakan oleh pengetahuan yang dimiliki mixologist.

Mencampurkan minuman, mixologist sangat mengerti bagaimana bahan-bahannya, keterkaitannya dengan sejarah, budaya bahkan seni terkait pencampuran minuman tersebut. Oleh karena itu, mixologist sangat berhati-hati untuk mencampurkan minuman.

 

beda jauh sama bartender, ternyata ini adalah ciri-ciri dari mixologist

Credit Image: departures-international.com

Mixologist tahu kalau cocktail sendiri mempunyai tiga jenis bagian yang masing-masingnya punya sejarah, budaya dan seni sendiri-sendiri. Tiga jenis cocktail itu adalah The Unforgettable, Contemporary Classic, dan New Era Drinks.

Menurut Masso, masing-masing spesifikasi cocktails punya spirit atau soul tersendiri yang mestinya bisa dirasakan oleh para peminum. Dan tugas para mixologist lah yang memastikan semua hal tersebut harusnya terjadi.

Jadi minum cocktail tidak hanya sekedar minum lagi. Jika dibandingkan dengan minum kopi spesialti, sejarah, budaya dan bahkan seni dari minuman tersebut, bisa terpancarkan dan itulah tugas dari si pembuat minuman.

 

Jadi Siapakah Mixologist Ini?

Mungkin jika disimpulkan, mixologist sepertinya mirip dengan pendongeng, yang tahu persis apa yang sedang ia ceritakan, yang tahu persis apa yang sedang dibawakan. Mixologist tidak hanya sekedar meracik minuman, mereka bercerita melalui racikan tersebut.

Sehingga para pembaca, atau para peminum yang memesan cocktail dari tangan mereka, bisa mengetahui cerita menarik, sekaligus sejarah, budaya sampai seni dalam pembuatan cocktail tersebut.

Wah bagaimana nih bro? Apakah lo tertarik mendalami mixology?

 

Feature Image – masterclass.com