Trending
Jumat, 02 Oktober 2015

Tema Indonesia dalam Board Game Luar Negeri

  • Share
  • fb-share
Tema Indonesia dalam Board Game Luar Negeri

Board game berasal dari benua Eropa dan berkembang pesat di sana, terutama Jerman. Setiap tahunnya, banyak bermunculan board game baru di belahan Benua tersebut. Siapa sangka kalau ada pembuat board game yang memilih Indonesia sebagai sumber temanya? Tapi, kebanyakan dari board game tersebut hanya menggunakan Indonesia sebagai referensi visual mereka.

 

Java

Rupanya pulau tanah Jawa yang subur menginspirasi Michael Kiesling dan Wolfgang Kramer untuk membuat boardgame bertema Jawa. Kedua orang jerman tersebut merancang permainan dengan sistem berlomba-lomba membangun desa. Seperti halnya kalau lagi tinggal di desa, lo sebagai pemain akan diajak untuk membuat sistem irigasi dan membajak sawah. Pemain dengan peradaban paling maju akan dinyatakan sebagai pemenang.

 

Indonesia

Board game buatan orang Belanda bernama Joris Wiersinga ini disebut-sebut sebagai salah satu game legendaris di dunia karena punya tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Pemain akan berperan sebagai pedagang yang ditunjuk oleh Sultan dari Solo (ada kemungkinan yang dimaksud adalah Mataram) untuk menguasai pelabuhan dan merebut komoditi pangan serta kapal milik musuh. Pemenang akan ditentukan dari jumlah kekayaan mereka.

 

Batavia

Pada permainan ini, lo akan bermain sebagai bagian dari kongsi dagang Hindia Timur, Inggris, Belanda, Swedia, Denmark, dan Perancis. Pemain harus berlomba untuk mengunjungi setiap pos perdagangan milik lawan. Sayangnya, meski mengambil nama Batavia, Dan Glimne dan Grzegorz Rejchtman sebagai kreator nggak melibatkan Indonesia sebagai salah satu kongsi dagang dalam permainannya. Kedua orang asal Swedia tersebut hanya menjadikan Batavia sebagai sumber visual permainan ciptaan mereka.

 

Expedition Sumatra

Orang Jerman kayaknya hobi banget bikin board games. ‘Expediation Sumatra’ juga diciptakan oleh dua orang Jerman bernama Jens Jahnke dan Britta Stöckmann. Dalam permainan ini, lo akan bertindak sebagai anggota tim dari balai observasi perlindungan hewan asal Eropa. Lo akan menelusuri hutan-hutan di Sumatra yang disimbolkan menjadi petak-petak pada papan. Tugas lo adalah menemukan dan membawa keluar hewan-hewan yang terancam punah sebelum mereka diincar oleh pemburu liar

 

Borneo

Board game yang judulnya diambil dari nama lain pulau Kalimantan ini dibuat oleh orang asal Italia bernama Paolo Mori. Permainan ini mengharuskan lo untuk bertindak sebagai pedagang rempah-rempah pada abad ke-17. Kalau lo lebih sukses dari pemain lain, maka lo akan menjadi juragan rempah-rempah paling hebat dan bisa memenangkan permainan.

 

Seperti yang bisa lo lihat, dari ketujuh board games bertema Indonesia di atas, nggak ada satu pun yang dibuat oleh orang Indonesia. Permainannya sendiri juga nggak terlalu banyak menceritakan Indonesia selain hanya untuk referensi visual. Mungkin ini saatnya lo istirahat dari PlayStation dan Xbox untuk main board game asli Indonesia ini, ya.

 

Source: boardgame.id, Wikimedia.org

 

 

Comments
diana mayasari
Keren banget
Heni Oen
salah satu game legendaris