Trending
Selasa, 20 Oktober 2015

Smartwatch, Bukan Sekedar Penunjuk Waktu

  • Share
  • fb-share
Smartwatch, Bukan Sekedar Penunjuk Waktu

Walaupun smartphone lo sekarang bisa nunjukin waktu, tapi ngeliat jam di pergelangan tangan adalah hal yang sangat sakral. Dulu, jam digital adalah jam yang keren banget. Tidak hanya sekedar penunjuk waktu, jam digital sekarang juga bisa alarm, stopwatch, countdown timer sampai pengukur suhu. Trus sekarang coba lo bayangin kalo semua yang ada di smartphone lo ada di layar kecil itu?

 

Kenapa ada smartwatch?

Pada dasarnya, arti dari smartwatch adalah jam tangan yang punya fungsi lebih dari sekedar penunjuk waktu. Pada tahun 1982, Pulsar menjadi perusahaan pertama yang mempopulerkan smartwatch. Ketika itu Pulsar bikin jam tangan yang bisa menyimpan perintah yang lo tulis. Pada saat itu, harga smartwatch gila-gilaan Urbaners, setidaknya pada tahun 80an harga 1 jam smartwatch bisa mencapai 3000 dolar.

Walaupun mempunyai harga selangit, ternyata itu adalah tonggak bebarapa perusahaan lain untuk bikin smartwatch. Puncaknya adalah pada tahun 1992, ketika komputer sudah mulai mudah digunakan. Timex Datalink membuat smartwatch yang bisa terkoneksikan dengan komputer, ketika itu The Timex Datalink Model 150 dapat ngebaca data dari Microsoft Outlook.

 

Semakin modern, semakin mahal

Smartwatch ternyata nggak menjadi fokus utama para perusahaan jam tangan. Banyak komponen serta barang-barang baru yang bikin harga dari smartwatch semakin mahal. Beberapa perusahaan besar seperti Casio, Samsung dan bahkan Microsoft pernah mengembangkan smartwatch lho Urbaners, tapi entah kenapa harga smartwatch bisa setara dengan membeli smartphone. Akan tetapi Urbaners, Microsoft membuat terobosan baru bahwa smarwatch ini bisa terkoneksi dengan jam smartphone pakai Bluetooth dan itu merubah masa depan smartwatch.

 

Pebble mendobrak tradisi smartwatch

Sekitar tahun 2008 sampai tahun 2011, harga smartwatch keluaran Nike, Samsung dan Sony Ericsson bisa mencapai 3 sampai 4 juta rupiah. Mudahnya pengembangan Android adalah salah satu kenapa tren pakai smartwatch begitu kencang, walaupun harga yang dikeluarkan masih cukup mahal.

Sampai akhirnya pada tahun 2012, perusahaan kecil bernama Pebble ngenalin smartwatch. Pebble Watch berharga sangat murah, yaitu 99 dolar atau sekitar 1 juta rupiah. Disaat smartwatch lain mempunyai harga gila-gilaan, Pebble langsung menjadi primadona baru di dunia smartwatch.

 

Source: sonymobile.com, everything-pr.com , cdn2.wtvox.com

 

 

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
Putra ragil
Mantap betul