Trending
Kamis, 21 Januari 2016

Miniatur Kereta Api, Dari Hobi Jadi Museum

  • Share
  • fb-share
Miniatur Kereta Api, Dari Hobi Jadi Museum

Mengoleksi miniatur suatu bangunan atau kendaraan merupakan hal yang biasa. Tapi, gimana kalau dari hobi tersebut, lo justru “kebablasan” hingga menjadikannya sebuah museum? Seperti yang dilakukan oleh suatu komunitas bernama Rio Grande Valley Rails di daerah Hidalgo, Texas, berikut ini. Mereka bener-bener totalitas dalam hobi mereka, yakni mengoleksi miniatur kereta api. Yang awalnya cuma bertujuan untuk senang-senang, nama mereka kini jadi dikenal oleh banyak kalangan.

 

Eksis Lebih Dari 20 Tahun

Sebetulnya, “miniatur” merupakan kata yang kurang tepat untuk menggambarkan objek dari hobi Rio Grande Valley Rails. Nggak cuma mengumpulkan miniatur kereta api, mereka juga menciptakan jalur lintas kereta api yang ada di seluruh penjuru kawasan tempat tinggal mereka, Rio Grande Valley. Replika tersebut juga dilengkapi dengan berbagai rambu-rambu lalu lintas dan bangunan-bangunan yang ada di sekitar jalur lintas kereta api.

Lengapnya replika tersebut nggak mengherankan, sebetulnya, mengingat bahwa komunitas Rio Grande Valley Rails telah berdiri sejak 20 tahun lalu. Melalui replika yang dibuat, mereka ingin mempertahankan sejarah dan peninggalan jalur kereta api di Rio Grande Valley. Salah satu anggotanya, Spurgeon ‘Spud’ Brown, mengaku bahwa ia telah memulai hobinya tersebut sejak masih duduk di bangku SMP. Ada pula beberapa anggota berusia lebih tua yang bergabung dengan komunitas unik tersebut.

 

Rela Membayar Mahal

Frank Jacobson, ketua Rio Grande Valley Rails, pernah mempelajari sejarah jalur lintas kereta api di Texas Selatan. Karenanya, ia jadi mengetahui hal-hal yang memengaruhi lintasan di Rio Grande Valley dan nggak diketahui oleh orang lain. Berkat pengetahuannya tersebut, replika lintasan kereta api tersebut pun makin berkembang. Mereka bahkan rela mengeluarkan banyak uang demi memenuhi hobi mereka tersebut, dari mulai mobil-mobilan seharga $5 hingga miniatur yang mencapai $800.

Menarik banget, ya, Urbaners? Rio Grande Valley Rails juga menyediakan tur khusus bagi lo yang ingin mengetahui sejarah di balik setiap pembuatan jalur lintas kereta api. Biasanya, tur tersebut memakan waktu selama kurang-lebih 20 menit. Tentu ada harga khusus yang harus lo bayar. Jadi, dari skala satu hingga Rio Grande Valley Rails, sudah sebesar apa hobi lo berkembang?

 

 

Source: krgv.com, rgvrails.com

Comments
Miftachul Rahardoni
keren banget
Mun mbah iban
Seru seru.