Home Hobby Menjelajah Salju dengan Papan Ski

Menjelajah Salju dengan Papan Ski

Monday, January 25, 2016 - 10:31
Bagikan
Facebook Twitter Email

Winter is here! Memang, sih, Indonesia cuma memiliki musim kemarau dan hujan, tapi bukan berarti lo nggak bisa cabut sebentar ke negara lain untuk menikmati salju. Dan nggak ada aktivitas outdoor lain yang lebih seru untuk dilakukan daripada skiing. Sebagai hobi, skiing mungkin membutuhkan pelatihan lebih karena tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Tapi, begitu udah jago, lo pasti nggak bakal mau berhenti. Sebelum terjun ke arena bersalju untuk skiing, lo wajib memperhatikan beberapa hal berikut ini.

 

Tiga Lapis Pakaian

Kostum menjadi salah satu unsur penting dalam skiing. Biasanya, orang-orang mengenakan tiga lapis pakaian sebelum mereka berseluncur. Tapi, bagi lo yang kurang tahan dengan hawa dingin, lo bisa menambah lapisan pada pakaian lo. Untuk lapis pertama, lo bisa mengenakan legging atau celana khusus olahraga dan baju berlengan panjang. Lalu, tambahkan jaket atau hoodie sebagai lapisan kedua. Kalau lo mau, lo juga bisa menambah lapisan pada bagian celana.

Sedangkan, lapisan ketiga terdiri dari celana dan jaket khusus musim salju, lengkap dengan sarung tangan, goggles, syal, dan yang terpenting adalah helm. Pemakaian helm ini hukumnya wajib, Urbaners. Bahkan apabila lo masih dalam tahap belajar atau sberseluncur pada kecepatan rendah, lo pasti masih bakal jatuh. Untuk itulah helm diperlukan. Lo nggak mau, kan, terjadi apa-apa dengan kepala lo? Nggak perlu memilih kostum yang mewah, kok. Selama ia hangat dan nyaman, lo udah bisa melakukan skiing.

 

Berlatih, Berlatih, dan Berlatih

Ingin cepat-cepat mahir skiing? Sering-sering berlatih, dong, Urbaners! Dan nggak ada cara berlatih yang lebih efektif daripada langsung terjun ke arena bersalju. Tapi, ada beberapa hal yang perlu lo persiapkan, salah satunya adalah melakukan cardio. Hal tersebut akan meningkatkan kinerja otot dan mengurangi lemak dalam tubuh. Kekuatan fisik tubuh lo pun bakal membaik dan hal tersebut akan sangat membantu dalam skiing. Olahraga squats juga cukup membantu untuk meningkatkan kekuatan pada paha.

 

Lebih Asyik Rame-Rame

Pernah denger kalimat bahasa Inggris “the more the merrier”? Kalimat tersebut cocok banget untuk menggambarkan aktivitas skiing. Sebenernya seru, sih, melakukan skiing sendirian. Tetapi, akan jauh lebih menyenangkan apabila lo melakukannya beramai-ramai. Bahkan ketika lo udah jago, lo bakal tetap butuh temen untuk membantu lo ketika terjadi hal-hal di luar dugaan. Kalau lo terjatuh, misalnya, lo nggak perlu khawatir karena ada temen yang siap ngebantu lo.

Gimana, Urbaners? Tertarik untuk menjadikan olahraga skiing sebagai hobi? Apabila lo masih terhitung sebagai pemula, kenali simbol warna pada arena skiing lo. Lingkaran hijau menandakan tingkat kesulitan paling rendah, kotak biru memiliki tingkat kesulitan sedang, sedangkan tingkat kesulitan paling tinggi ditandai oleh wajik hitam. Tunggu apa lagi? Let’s ski!

 

Source: dailyuw.com, uffpost.com