Home Hobby Muay Thai for Lifestyle

Muay Thai for Lifestyle

Thursday, February 11, 2016 - 15:09
Bagikan
Facebook Twitter Email

Banyaknya jenis olahraga yang kini beredar seharusnya membuat lo makin semangat untuk membakar lemak dalam tubuh. Salah satu yang sedang digandrungi adalah muay thai. Olahraga asal Thailand tersebut banyak digandrungi oleh penduduk di kota-kota besar, salah satunya adalah Jakarta. Pada tahun 2014, tercatat ada sekitar 50 sanggar muay thai yang telah berdiri di ibu kota. Dan bukan nggak mungkin bahwa jumlah tersebut mengalami peningkatan. Tertarik untuk bergabung, Urbaners?

 

Olahraga Bela Diri untuk Perempuan?

Lebih dari sekadar olahraga, muay thai juga dapat disebut sebagai seni bela diri. Konsepnya mirip dengan kickboxing, dengan fokus teknik yang terletak pada pukulan, tendangan, gerakan siku, dan serangan lutut. Menariknya, di Jakarta, muay thai justru banyak digandrungi oleh kaum wanita. Banyak pusat kebugaran di Jakarta yang menyediakan kelas untuk muay thai. Beberapa di antaranya bahkan menawarkan kelas khusus untuk kaum wanita.

 

Muay Thai for Lifestyle

 

Meski begitu, tujuan utama menjalani olahraga muay thai adalah untuk membakar kalori dalam tubuh. Cukup dengan mengikuti latihan selama satu jam, lo bisa membakar hingga 700 kalori. Sebelumnya, lo harus melakukan stretching terlebih dahulu untuk menghindari adanya cidera. Biasanya, stretching dilakukan dengan cara skipping, latihan fisik, dan latihan drill teknik secara perlahan. Tenang aja, lo pasti bakal dibimbing oleh pelatih yang udah berpengalaman, kok.

 

Muay Thai sebagai Gaya Hidup

Di Jakarta, muay thai udah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya pusat kebugaran dan sanggar-sanggar muay thai yang udah berdiri. Beberapa orang bahkan tergabung dalam komunitas khusus muay thai untuk saling berbagi cerita dan pengalaman mereka terkait dengan olahraga tersebut. Kini, muay thai udah terdaftar secara resmi di bawah naungan KONI melalui Pengurus Besar Muay Thai Indonesia (PBMI) yang diketuai oleh Hary Tanoesoedibjo.

 

Muay Thai for Lifestyle

 

Masih nggak tertarik untuk mencoba olahraga muay thai? Santai aja, Urbaners. Meskipun termasuk sebagai salah satu olahraga high impact, lo nggak perlu takut mencoba karena sesi latihan muay thai bakal disesuaikan dengan tingkat kemampuan lo. Mungkin seluruh tubuh lo bakal terasa sakit saat pertama kali mencoba muay thai, tetapi lama-lama lo pasti bakal terbiasa. Atau sekarang Urbaners lebih penasaran untuk mencoba kickboxing?

 

Source:

99.co

olahraga.kompas.com