Home Hobby 5 Hobi Yang Akan Ngebuat Lo Makin Pinter

5 Hobi Yang Akan Ngebuat Lo Makin Pinter

Tuesday, March 15, 2016 - 16:55
Bagikan
Facebook Twitter Email

Punya hobi memang menyenangkan. Serasa punya dunia sendiri dan memberikan relaksasi sejenak. Nggak masalah sih, yang penting hepi. Kalau lo punya hobi yang bisa bikin lo makin pinter gimana? Makin seru kan? Nah, kali ini kita bakal ngasih lo info tentang beberapa hobi yang bisa bikin lo makin pinter. Penasaran?

 

Main musik

Banyak yang bilang kalau menguasai alat musik bisa bikin lo makin pinter. Bener banget, Urbaners. Puluhan bahkan ratusan penelitian mengungkapkan hal yang sama. Otak kanan, bagian otak yang mengatur tentang imajinasi dan kreatifitas, bakal terstimulasi berkat adanya musik. Selain bikin otak kanan makin berkembang, emosi kamu juga bakal terlatih dengan baik.

 

Baca buku

Jika lo suka baca buku, artinya lo juga punya wawasan yang luas. Mulai dengan baca novel ringan, lalu kembangkan hobi lo dengan membaca buku-buku dengan topik lain yang lebih berat seperti buku-buku antologi. Pengetahuan lo akan bertambah, dan jangan kaget kalo IQ lo bakal naik dengan signifikan.

 

Meditasi

Hobi yang satu ini biasanya gandeng dengan yoga atau sejenisnya. Dengan meditasi, lo bakal lebih fokus dan lebih mengenal diri lo sendiri. Selain bikin otak makin fokus, meditasi juga bakal ngilangin level stres dan segala bentuk kekhawatiran. Dengan suasana otak yang tenang, lo bisa belajar, berpikir, dan merencanakan sesuatu dengan efektif.

 

Main puzzle

Sudoku, puzzle, board game, atau teka-teki adalah beberapa alat yang bisa bantu ngelatih otak lo. Aktivitas main puzzle seperti ini bisa bikin lo makin pinter karena otak lo akan belajar bagaimana merespon satu situasi dengan jalan yang kreatif. Selain itu, keahlian lo dalam melihat sesuatu dengan beragam prespektif bakal semakin bikin lo makin cepet mengatasi segala masalah.

 

Belajar bahasa baru

Orang-orang polyglot atau menguasai lebih dari satu bahasa biasanya memang hobi untuk mempelajari bahasa baru. Proses belajar bahasa baru ini yang bikin otak jadi terlatih sehingga mudah menganalisa masalah.
Hobi mana nih yang menarik hati lo? Atau mungkin lo adalah salah satu yang memiliki hobi edukatif ini?

 

Source:
lifehack.org