• Hobby
  • 4 Hal yang Harus Lo Tahu tentang Black Friday

4 Hal yang Harus Lo Tahu tentang Black Friday

Wed, 30 November 2016

Di Indonesia, bulan November nggak jauh dari yang namanya musim hujan dan persiapan menyambut Natal. Nggak begitu halnya dengan warga Amerika Serikat. Setelah puas merayakan Halloween di penghujung bulan Oktober, mereka langsung bersiap untuk beberapa perayaan lain yang ada di bulan November. Salah satunya adalah Black Friday, yang hingga kini menimbulkan kontroversi karena dianggap mendukung budaya konsumtif.

 

Diadakan Sehari Setelah Thanksgiving

Setiap hari Kamis keempat pada bulan November, warga AS merayakan Thanksgiving sebagai ungkapan rasa syukur mereka. Nah, keesokan harinya, tepatnya pada hari Jumat, mereka langsung merayakan Black Friday, yang juga digunakan sebagai ajang curi start untuk berbelanja keperluan Natal. Warga AS rela berdesak-desakan di Black Friday karena memang harga produk yang dibandrol cenderung lebih murah.

 

Salah Satu Hari Berbelanja Terbesar di Dunia

Hari Jumat setelah Thanksgiving disebut sebagai Black Friday karena pada tahun 1966 dulu, pihak kepolisian Philadelphia melihat kemacetan lalu lintas yang luar biasa karena banyak orang berbondong-bondong untuk belanja. Kini, Black Friday telah menjadi salah satu hari berbelanja terbesar di dunia. Orang-orang rela membuka tokonya lebih awal dari biasanya. Nggak heran kalau sejak tahun 2002, Black Friday menjadi hari tersibuk untuk belanja di AS.

 

Menimbulkan Kekerasan

Selama Black Friday, berbagai toko bakal memberikan diskon dan promo besar-besaran. Karena nggak mau kehabisan, beberapa orang biasanya rela menginap di depan toko tertentu. Secara nggak langsung, hal ini menimbulkan “persaingan” di antara konsumen demi bisa mendapat produk yang diinginkan. Bahkan sejak tahun 2006, dilaporkan ada tujuh orang yang meninggal dan 98 orang terluka saat mengikuti Black Friday di US.

 

Diikuti dengan Cyber Monday

Sehabis Black Friday, terbitlah Cyber Monday yang berlangsung pada hari Senin setelahnya. Konsepnya sama seperti Black Friday, tetapi Cyber Monday cuma dilakukan secara online. Istilah ini diciptakan oleh para perusahaan marketing untuk membujuk orang-orang agar mereka mau berbelanja online. Biasanya, berbagai promo untuk Cyber Monday cuma ditawarkan oleh pengusaha berskala kecil yang nggak mampu bersaing dengan pebisnis besar saat Black Friday.

 

Sebenarnya Indonesia pun punya event serupa meskipun nggak diadakan secara nasional. Sebut aja Jakarta Great Sale atau Surabaya Shopping Festival. Belum lagi promo dan diskon saat menjelang Ramadan. Lo mungkin bakal memilih untuk datang ke kawinan mantan daripada harus berdesakan di pusat perbelanjaan!

 

 

Sources: En.wikipedia.org, Republika.co.id, Utekno.com

Tips Membersihkan Lensa Kamera: Pakai 4 Alat Ini ya Bro!

Tue, 22 September 2020
Berikut 4 cara mudah membersihkan lensa kamera lo

Walau memang direkomendasikannya bisa mendatangi tempat servis kamera yang mumpuni untuk membersihkan lensa kamera, tapi alangkah baiknya nih kalau lo yang pakai, jadi lo juga yang harus bisa membersihkannya!

Gini bro, kalau memang kamera itu hanya lo seorang yang menggunakannya, tentu lo tahu persis bagaimana cara memakai atau menggunakannya – dan ini jadi dasar juga untuk mengetahui cara membersihkannya.

Lensa kamera perlu dibersihkan, bro. Terlebih kalau lo suka motret di luar rumah – di mana possibility lensa kamera kena debu, kena kotoran lainnya lebih besar dibandingkan kalau lo sedang photoshoot di rumah atau di studio.

Untuk itu lo mesti bisa membersihkan lensa kamera dari berbagai noda yang ada. Paling umum sih kotoran yang bisa menempel di lensa kamera seperti debu, sidik jari dan noda kecil lainnya. Untuk membersihkannya, lo mesti berhati-hati sekali karena kalau tidak – lensa kamera bisa lecet.

Wah kalau sudah lecet – ini mimpi buruk buat lo bro! Jelas tangkapan gambar tidak akan semaksimal biasanya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang mesti lo ketahui saat ingin membersihkan lensa kamera, terutama alat-alat apa saja yang diperlukan.

Nah, untuk mengurangi risiko lensa kamera yang tergores, atau lensa kamera yang malah rusak karena salah cara membersihkannya – lo bisa simak bahasan yang satu ini dulu karena di bawah ini ada empat cara membersihkan lensa kamera dengan baik.

Penasaran apa saja caranya? Sila simak sampai habis saja bro untuk mengetahui selengkapnya!

 

Pakai Lens Blower

Berikut 4 cara mudah membersihkan lensa kamera lo

Credit Image: premiumbeat.com

Jadi salah satu alat yang paling umum digunakan untuk membersihkan lensa kamera, Lens Blower bisa banget jadi alat pertama yang lo gunakan buat bersihkan debu atau partikel halus yang ada di lensa kamera.

Tapi sebelum lo gunakan ke lensa, pastikan semburan anginnya sudah bersih. Caranya, bisa lo remas dulu ke arah yang lain. Jika sudah dilakukan berkali-kali, barulah dekatkan ke lensa tapi jangan sampai kena lensanya, lalu remas agar angin keluar dari alat ini.

Dari sini, lo bisa memastikan kebersihan lensa kamera. Oh iya, jangan menggunakan mulut untuk membersihkannya ya. Lo tidak perlu meniup udara ke arah lensa kamera karena akan membuat droplets lo menempel di permukaan lensa. Kalau sudah begitu, nanti bisa sulit dibersihkan.

 

Pakai Lens Brush

Berikut 4 cara mudah membersihkan lensa kamera lo

Credit Image: bantenkamera.com

Setelah pakai lens blower, biar kebersihannya semakin maksimal, lo bisa pakai brush atau kuas yang lembut. Disarankan menggunakan kuas dari bahan bulu unta. Ada bro yang jual – memang diperuntukan buat membersihkan lensa kamera!

Saat membersihkan lensa kamera menggunakan kuas ini, lo tidak perlu menekan kuasnya ke arah lensanya, ya. Cukup usap dengan lembut dan jika sudah selesai membersihkannya, tutup lagi kuas agar tidak terkontaminasi dari debu.

 

Kain Pembersih

Berikut 4 cara mudah membersihkan lensa kamera lo

Credit Image:

Bentuknya mungkin lebih mirip kain tapi sangat tipis – tisu pembersih ini jadi alat membersihkan lensa kamera yang cukup direkomendasikan buat lo. Tidak perlu dibasahi, ya. Cukup buka cover lensa, bersihkan dengan tisu pembersih dengan gerakan memutar, jika sudah, kembalikan tisu pembersih ke wadah dan tutup lagi agar tidak terkontaminasi dengan debu atau lainnya.

Ini bukan berarti lo bisa menggunakan semua jenis tisu atau kain untuk membersihkan lensa kamera, ya. Apalagi tisu basah yang mengandung senyawa kimia. Jika tidak bersih saat membersihkannya, malah akan meninggalkan noda dan jadi susah dibersihkannya.

 

Cairan Pembersih

Cairan pembersih ini juga khusus untuk lensa kamera, bro – bukan cairan pembersih lainnya apalagi pembersih lantai. Lo bisa dapatkan cairan ini dengan beli di online store atau datang ke tempat servis kamera langsung.

Menggunakan cairan pembersih ini juga tidak serta merta si lensa kamera lo semprotkan langsung cairannya, ya. Gunakan kain khusus untuk lensa kamera lo, basahi atau semprot kain tersebut, barulah digunakan di lensa kamera yang mau dibersihkan.

Usap dengan perlahan dan tidak perlu lo tekan karena nantinya malah akan memperburuk kondisi lensa kamera lo. Jika sudah bersih – tutup lensa kamera dan bersihkan kain yang lo gunakan lalu kembalikan ke tempat yang aman dari debu dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelas dong bagaimana cara membersihkan lensa kamera dengan benar? Kebersihan lensa kamera adalah salah satu kunci mendapatkan foto yang maksimal, nih! Pastikan lo bisa menerapkannya semua, ya!

 

Feature Image – blibli.com