• Hobby
  • 4 Hal yang Harus Lo Tahu tentang Black Friday

4 Hal yang Harus Lo Tahu tentang Black Friday

Wed, 30 November 2016

Di Indonesia, bulan November nggak jauh dari yang namanya musim hujan dan persiapan menyambut Natal. Nggak begitu halnya dengan warga Amerika Serikat. Setelah puas merayakan Halloween di penghujung bulan Oktober, mereka langsung bersiap untuk beberapa perayaan lain yang ada di bulan November. Salah satunya adalah Black Friday, yang hingga kini menimbulkan kontroversi karena dianggap mendukung budaya konsumtif.

 

Diadakan Sehari Setelah Thanksgiving

Setiap hari Kamis keempat pada bulan November, warga AS merayakan Thanksgiving sebagai ungkapan rasa syukur mereka. Nah, keesokan harinya, tepatnya pada hari Jumat, mereka langsung merayakan Black Friday, yang juga digunakan sebagai ajang curi start untuk berbelanja keperluan Natal. Warga AS rela berdesak-desakan di Black Friday karena memang harga produk yang dibandrol cenderung lebih murah.

 

Salah Satu Hari Berbelanja Terbesar di Dunia

Hari Jumat setelah Thanksgiving disebut sebagai Black Friday karena pada tahun 1966 dulu, pihak kepolisian Philadelphia melihat kemacetan lalu lintas yang luar biasa karena banyak orang berbondong-bondong untuk belanja. Kini, Black Friday telah menjadi salah satu hari berbelanja terbesar di dunia. Orang-orang rela membuka tokonya lebih awal dari biasanya. Nggak heran kalau sejak tahun 2002, Black Friday menjadi hari tersibuk untuk belanja di AS.

 

Menimbulkan Kekerasan

Selama Black Friday, berbagai toko bakal memberikan diskon dan promo besar-besaran. Karena nggak mau kehabisan, beberapa orang biasanya rela menginap di depan toko tertentu. Secara nggak langsung, hal ini menimbulkan “persaingan” di antara konsumen demi bisa mendapat produk yang diinginkan. Bahkan sejak tahun 2006, dilaporkan ada tujuh orang yang meninggal dan 98 orang terluka saat mengikuti Black Friday di US.

 

Diikuti dengan Cyber Monday

Sehabis Black Friday, terbitlah Cyber Monday yang berlangsung pada hari Senin setelahnya. Konsepnya sama seperti Black Friday, tetapi Cyber Monday cuma dilakukan secara online. Istilah ini diciptakan oleh para perusahaan marketing untuk membujuk orang-orang agar mereka mau berbelanja online. Biasanya, berbagai promo untuk Cyber Monday cuma ditawarkan oleh pengusaha berskala kecil yang nggak mampu bersaing dengan pebisnis besar saat Black Friday.

 

Sebenarnya Indonesia pun punya event serupa meskipun nggak diadakan secara nasional. Sebut aja Jakarta Great Sale atau Surabaya Shopping Festival. Belum lagi promo dan diskon saat menjelang Ramadan. Lo mungkin bakal memilih untuk datang ke kawinan mantan daripada harus berdesakan di pusat perbelanjaan!

 

 

Sources: En.wikipedia.org, Republika.co.id, Utekno.com

Tanggal Rilis Cyberpunk 2077 Ditunda Hingga September

Friday, January 24, 2020 - 16:06
Game yang melibatkan Keanu Reeves, Cyberpunk 2077 perilisannya harus ditunda.

Buat penggemar game dan sedang menunggu perilisan Cyberpunk 2077, ada kabar buruk buat lo. Game ambisius dari developer CD Projekt Red ini memang sangat ditunggu oleh banyak penggemar game di seluruh dunia. Sebelumnya mereka menjadwalkan akan merilis Cyberpunk 2077 pada 16 April 2020 mendatang, tapi sayangnya perilisannya harus ditunda hingga 17 September 2020 nanti.

CD Projekt Red mengaku jika sebenarnya game yang paling ditunggu itu sudah selesai, tapi mereka masih harus memberikan beberapa sentuhan lagi agar lebih sempurna. Jadi, dengan berat hati mereka memutuskan untuk menunda perilisannya demi penggemar yang bisa merasakan pengalaman bermain yang lebih sempurna.

 

Umumkan Penundaan Perilisan Cyberpunk 2077 Lewat Twitter

Game dengan cerita futuristik ini ditunda perilisannya karena pihak developer ingin memolesnya hingga lebih sempurna.

Lewat pernyataannya di Twitter, pihak CD Projekt Red mengaku bahwa sebenarnya Cyberpunk 2077 telah selesai dibuat dan sudah bisa dimainkan. Namun, mereka merasa ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Game ini akan memiliki cerita, konten, dan banyak tempat sehingga proses pembuatannya sangat rumit. Jadi developer tersebut pun ingin mengundur perilisan demi game yang lebih sempurna.

“Saat ini kami telah berada di tahap di mana game ini telah selesai dan bisa dimainkan, tapi masih ada pekerjaan yang harus dilakukan,” tulis CD Projekt Red.

“Night City sangat besar dan memiliki banyak cerita, konten dan tempat untuk dikunjungi, tapi karena skalanya yang besar dan tingkat kerumitan dari semuanya maka kami membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pengujian, perbaikan dan pemolesan. Kami ingin Cyberpunk 2077 menjadi pencapaian puncak kami untuk generasi ini. Jadi dengan menunda peluncuran bisa memberikan kami beberapa bulan yang berharga agar bisa membuat game ini sempurna,” tambahnya.

 

Game Ini Sangat Ditunggu karena Ikut Melibatkan Aktor Terkenal Keanu Reeves

Keanu Reeves ikut terlibat dan memerankan karakter bernama Johnny Silverhand.

Selain menjadi proyek ambisius dari CD Projekt Red, game ini juga ditunggu karena juga ikut terlibatnya aktor papan atas Keanu Reeves. Keanu Reeves tidak hanya mengisi suara saja karena sosoknya juga akan ikut bergabung dalam game tersebut dan akan memainkan karakter bernama Johnny Silverhand.

Karakter Johnny Silverhand rupanya cukup unik karena diceritakan sebagai bukan manusia biasa. Karakter itu merupakan sosok yang tidak nyata karena di versi game sebelumnya di Tabletop karakter Johnny Silverhand sudah terbunuh tapi mayatnya belum ditemukan. Meskipun karakternya bukan sosok manusia, tapi dalam game ini Johnny Silverhand ialah seorang pahlawan yang berjuang mencari kebebasan. Karakter ini ini juga sangat menentang sistem yang membelenggu dan ingin membantu mereka yang tertindas. Wah, keren banget ya Urbaners karakternya!

Meskipun lo harus kecewa karena perilisan Cyberpunk 2077 harus ditunda, tapi sepertinya game ini memang akan menyuguhkan keseruan dan pengalaman bermain game yang berbeda, ya Urbaners. Game dengan cerita yang futuristik ini akan bisa dimainkan lewat PS4, PC, Xbox One, dan Stadia lho!

 

 

Sources: cnetcom, gamebrott.com