Trending
Selasa, 06 Desember 2016

Kembalinya Jaguar XKSS dari Tahun 1957

  • Share
  • fb-share
Kembalinya Jaguar XKSS dari Tahun 1957

Dirancang pada tahun 1957, Jaguar XKSS bisa dibilang merupakan supercar pertama di dunia. Lama nggak terdengar kabarnya karena memang mobil ini eksklusif banget, akhirnya pada bulan Maret 2016 lalu, Jaguar mengumumkan bahwa mereka bakal “menghidupkan” kembali mobil Jaguar XKSS mereka!

 

Produksi dalam Jumlah Terbatas

Pada tahun 1957, setidaknya sudah ada 25 mobil Jaguar XKSS yang telah berhasil dirakit, baik secara tuntas maupun masih semi tuntas. Sayangnya, pada 12 Februari 1957, pabrik mengalami kebakaran sehingga merusak sembilan Jaguar XKSS yang ada. Sedangkan enam belas mobil lainnya sudah terjual di USA. Nah, dalam proyek ini, Jaguar bakal “meneruskan” perakitan kesembilan Jaguar XKSS tersebut dari awal. Bisa dibayangkan betapa eksklusifnya mobil ini, Urbaners.

 

Dibuat Mirip Banget dengan Versi Aslinya

Karena berkiblat pada versi klasiknya, Jaguar pun merakit Jaguar XKSS berdasarkan desain dan spesifikasi yang benar-benar mirip dengan aslinya. Risetnya sendiri bahkan memakan waktu hingga delapan belas bulan. Hadir dalam dominasi warna Sherwood Green, para teknisi membuat ulang beberapa komponen seperti sasi, bodi, dan part pendukung seperti enam puluh tahun silam. Kemiripan ini bahkan bisa lo lihat sampai bagian roda dan suspensinya!

Nah, agar tetap otentik, proses pembuatan Jaguar XKSS dilakukan secara handmade. Bahkan bagian interiornya pun benar-benar sama dengan versi tahun 1957. Mesinnya menggunakan tipe yang sama, yakni 6-silinder segaris, 3,4 liter bertenaga 262 hp yang memakai karburator Weber DC03 sebanyak tiga buah. Satu-satunya perubahan terletak pada bagian tangki bahan bakar agar. Jaguar menggunakan material yang aman dan sesuai agar bisa menyimpan bensin beroktan tinggi.

 

Bukan Proyek Lanjutan Pertama

Jaguar XKSS bukan satu-satunya tipe mobil yang “dihidupkan” kembali oleh Jaguar. Pada bulan Mei 2014 lalu, Jaguar juga pernah mengumumkan kelanjutan dari pembuatan mobil Lightweight E-type. Sejak awal, mereka berniat untuk memproduksi delapan belas mobil, tetapi hanya dua belas buah yang berhasil diproduksi. Mereka pun akhirnya menciptakan projek khusus untuk “melanjutkan” produksi keeenam mobil Lightweight E-Type tersebut.

Mengingat betapa klasiknya Jaguar XKSS, harga yang dipasang pun nggak kalah “klasik”, yakni sebesar US$1,5 juta atau sekitar Rp 20 milyar. Mungkin James Bond bakal jadi salah satu pembelinya dan menggunakannya untuk franchise film selanjutnya. Kita lihat aja, Urbaners.

 

 

Sources: Mbtech.info, Telegraph.co.uk, Soloraya.com

Comments
Sadam Husaeni tulloh
Kerennnnnn bangettttttt bossssss
Nasiban
Asik bener yak