• Hobby
  • Kembalinya Jaguar XKSS dari Tahun 1957

Kembalinya Jaguar XKSS dari Tahun 1957

Tue, 06 December 2016

Dirancang pada tahun 1957, Jaguar XKSS bisa dibilang merupakan supercar pertama di dunia. Lama nggak terdengar kabarnya karena memang mobil ini eksklusif banget, akhirnya pada bulan Maret 2016 lalu, Jaguar mengumumkan bahwa mereka bakal “menghidupkan” kembali mobil Jaguar XKSS mereka!

 

Produksi dalam Jumlah Terbatas

Pada tahun 1957, setidaknya sudah ada 25 mobil Jaguar XKSS yang telah berhasil dirakit, baik secara tuntas maupun masih semi tuntas. Sayangnya, pada 12 Februari 1957, pabrik mengalami kebakaran sehingga merusak sembilan Jaguar XKSS yang ada. Sedangkan enam belas mobil lainnya sudah terjual di USA. Nah, dalam proyek ini, Jaguar bakal “meneruskan” perakitan kesembilan Jaguar XKSS tersebut dari awal. Bisa dibayangkan betapa eksklusifnya mobil ini, Urbaners.

 

Dibuat Mirip Banget dengan Versi Aslinya

Karena berkiblat pada versi klasiknya, Jaguar pun merakit Jaguar XKSS berdasarkan desain dan spesifikasi yang benar-benar mirip dengan aslinya. Risetnya sendiri bahkan memakan waktu hingga delapan belas bulan. Hadir dalam dominasi warna Sherwood Green, para teknisi membuat ulang beberapa komponen seperti sasi, bodi, dan part pendukung seperti enam puluh tahun silam. Kemiripan ini bahkan bisa lo lihat sampai bagian roda dan suspensinya!

Nah, agar tetap otentik, proses pembuatan Jaguar XKSS dilakukan secara handmade. Bahkan bagian interiornya pun benar-benar sama dengan versi tahun 1957. Mesinnya menggunakan tipe yang sama, yakni 6-silinder segaris, 3,4 liter bertenaga 262 hp yang memakai karburator Weber DC03 sebanyak tiga buah. Satu-satunya perubahan terletak pada bagian tangki bahan bakar agar. Jaguar menggunakan material yang aman dan sesuai agar bisa menyimpan bensin beroktan tinggi.

 

Bukan Proyek Lanjutan Pertama

Jaguar XKSS bukan satu-satunya tipe mobil yang “dihidupkan” kembali oleh Jaguar. Pada bulan Mei 2014 lalu, Jaguar juga pernah mengumumkan kelanjutan dari pembuatan mobil Lightweight E-type. Sejak awal, mereka berniat untuk memproduksi delapan belas mobil, tetapi hanya dua belas buah yang berhasil diproduksi. Mereka pun akhirnya menciptakan projek khusus untuk “melanjutkan” produksi keeenam mobil Lightweight E-Type tersebut.

Mengingat betapa klasiknya Jaguar XKSS, harga yang dipasang pun nggak kalah “klasik”, yakni sebesar US$1,5 juta atau sekitar Rp 20 milyar. Mungkin James Bond bakal jadi salah satu pembelinya dan menggunakannya untuk franchise film selanjutnya. Kita lihat aja, Urbaners.

 

 

Sources: Mbtech.info, Telegraph.co.uk, Soloraya.com

5 Channel YouTube Buat Pencinta Action Figure

Fri, 26 June 2020
Foto studio dengan menggunakan action figure superman dan batman

Buat lo yang hobi koleksi action figure, lima channel YouTube ini wajib ditonton #MumpungLagiDirumah. Kelima content creator ini banyak membahas soal toy hunting, review produk, dan banyak tips yang berguna buat para pencinta action figure. Jadi, siapa aja mereka?

 

Cincy Nerd

Cincy Nerd dalam salah satu video review mainannya

Channel YouTube pertama yang wajib lo tonton adalah Cincy Nerd. Sudah mulai aktif membuat video YouTube sejak sejak September 2015, saat ini Cincy Nerd sudah memiliki subscribers sebanyak 19,4K, Bro! Kebanyakan konten dari Cincy Nerd sendiri berisi aktivitas hunting action figure, baik yang ia lakukan sendiri atau berkolaborasi dengan content creator action figure lainnya.

Selain hunting, video-video dari Cincy Nerd ini juga berisi konten unboxing action figure dan review. Beberapa produk yang sering jadi bahan review channel ini antara lain Hot Toys, Sideshows, NECA, Marvel Legends, Star Wars Black Series, Hasbro, Transformers, DC Mulitverse, dan masih banyak lagi. Lo langsung cek aja ke channel-nya, ya, Bro!

 

Josh Pence

Salah satu video toy hunting dari Josh Pence

Sudah bergabung dan mulai membuat konten mainan sejak 2010, Josh Pence lebih memfokuskan kontennya untuk hunting mainan dan action figure. Hanya sedikit konten vlog Pence yang membahas satu produk action figure khusus.

Tapi belakangan ini, Pence mulai melakukan review action figure dan mainan secara live streaming dari channel YouTube miliknya. Durasi live streaming Pence bisa berjam-jam karena membahas banyak hal, mulai dari review action figure hingga merespon beberapa pertanyaan dari para subscribers-nya. Saat ini subscribers YouTube Josh Pence sudah mencapai 25,2K subscribers.

 

FaceSmacker! Studios

Salah satu tampilan video review Avengers dari FaceSmacker! Studio

Channel yang satu ini sedikit berbeda dengan channel action figure yang lain. Selain konten review, FaceSmacker! Studio juga rajin membuat konten video reaction untuk trailer film dengan tokoh utamanya adalah action figure tersebut. Nggak heran kalau channel yang sudah aktif sejak awal tahun 2017 ini telah memiliki 30,5K subscribers karena konten-konten miliknya lebih dinamis dan nggak terkesan monoton.

 

The Dan-O Channel

Tampilan video The Dan-O Channel saat membahas lightsaber

Di antara empat channel YouTube lainnya, The Dan-O Channel memiliki jumlah subscriber paling banyak, yaitu 63,3K subscribers. Aktif sejak akhir tahun 2013, The Dan-O Channel kebanyakan menyajikan konten-konten Star Wars. Mulai dari series Build Your Own Lightsaber sampai Star Wars Micro Machines, semuanya diulas di The Dan-O Channel.

Tapi nggak cuma action figure atau mainan Star Wars saja yang dijadikan konten di channel ini. Jurassic Park Series juga jadi favorit dan spesialisasi The Dan-O Channel dalam konten-konten videonya. Nggak heran kalau banyak penggemar Star Wars dan Jurassic Park sering memenuhi kolom komentar di video-videonya.

 

Mr Evilcheese

Salah satu tampilan video review dari Mr Evilcheese

Sesuai dengan nama channel-nya, Mr Evilcheese lebih banyak menyajikan konten-konten seputar mainan atau action figure dengan tema horror. Penggemarnya pun nggak sedikit, sudah ada sekitar 31,1K subscribers di channel ini.

Konten-konten di channel ini kebanyakan tentang review action figure. Walaupun Mr Evilcheese dominan dengan konten horor, namun beberapa kali ia juga membahas mengenai action figure heroes dan series terkenal lainnya seperti The Walking Dead, Game of Thrones, Star Wars, dan heroes dari Marvel dan DC Comics.

 

 

 

Source : SuperSorrell, Vidooly, ChannelPages