Trending
Jumat, 09 Desember 2016

Kenalin Nih Mobil Listrik Tercepat di Dunia, NIO EP9

  • Share
  • fb-share
Kenalin Nih Mobil Listrik Tercepat di Dunia, NIO EP9

Sejak keluarnya Tesla sebagai pengembang mobil listrik terkemuka di dunia, mulai banyak produsen otomotif yang melirik potensi besar kendaraan ramah lingkungan ini. Salah satunya adalah perusahaan asal Tiongkok, NextEV. Baru-baru ini dikabarkan bahwa salah satu mobil buatan mereka mampu memecahkan rekor menjadi mobil tercepat di sirkuit Nürbhurgring, Jerman.

 

Diujicoba di lintasan populer

Produsen mobil listrik asal Tiongkok, NextEV, agaknya patut berbangga dengan raihannya baru-baru ini. Supercar milik mereka yang bernama NIO EP9 baru saja memecahkan rekor sebagai mobil listrik tercepat di sirkuit Nürbhurgring, Jerman. Sirkuit tersebut merupakan sirkuit paling populer sebagai lokasi pembuktian mobil-mobil tercepat di dunia. EP9 pun berhasil mengalahkan rekor di sirkuit berjuluk “Green Hell” tersebut dengan capaian 7 menit, 05,12 detik.

Tak hanya itu, EP9 juga sempat mengalahkan rekor mobil listrik tercepat di sirkuit Perancis, Paul Ricard, dengan catatan waktu 1 menit 52,78 detik, melindas rekor sebelumnya dengan 2 menit 40 detik.

 

Kalah tipis dengan Tesla

Spesifikasi yang dibawa oleh mobil listrik ini pun cukup menarik. Akselerasi dari nol hingga 200 km per jam hanya dibutuhkan waktu 7,1 detik. Belum lagi top speed yang mencapai 321 km per jam. Meski begitu, akselerasinya dari nol ke 100 km per jam tercatat hanya 2.7 detik saja, lebih lamban 0,2 detik dari mobil listrik milik Tesla, P100D dengan Ludicrous Mode.

Selain itu, performa mobil listrik EP9 ini juga menawan. Pengguna dapat men-charge baterai dari kosong hingga penuh hanya dalam waktu 45 menit. Mobil ini pun dapat melaju hingga jarak 265 mil atau hampir 430 km setelah diisi daya penuh.

EP9 bisa jadi merupakan awal dari perkembangan mobil listrik super dari NIO. Melihat spesifikasi yang dimiliki oleh EP9, rasanya nggak mustahil bila kelanjutan mobil listrik dari NIO bakalan lebih keren bahkan melampaui Tesla.

Meski sudah diumumkan, bukan berarti mobil ini sudah siap jual. NIO sendiri belum mengeluarkan tanggal resmi penjualan mobil listrik kece ini. Tapi yang jelas, mobil ini bakal beri warna tersendiri bagi persaingan mobil listrik dunia.

 

Source: nio.io, techcrunch.com

Comments
SAWI TRI
Diujicoba di lintasan populer
Hamzah
Mantaaaaaaaap