Home Hobby Cetak Foto Digital Pakai Fuji Instax Square SQ10

Cetak Foto Digital Pakai Fuji Instax Square SQ10

Friday, May 5, 2017 - 15:09
Bagikan
Facebook Twitter Email

Takut kehilangan file foto yang sudah diedit tapi malas pergi ke percetakan? Fujifilm kini meluncurkan produk kamera Polaroid “Instax Square SQ10”. Urbaners bisa mencetak foto instan dalam format digital di mana pun berada. Berbeda dengan kamera Polaroid pada umumnya, keunggulan SQ10 bisa terus digunakan meski pengguna kehabisan film.

Seperti dikutip dari Kompas Tekno, Instax SQ10 memiliki fitur yang lebih unggul dibandingkan kamera Polaroid yang sudah ada, seperti auto exposure, facial recognition, autofocus, dual shutter system, 10 pilihan filter, pengendali vignet, pengendali kecerahan, live-view dan alat edit foto. Berikut rincian keunggulan fitur-fitur pada Fujifilm Instax Square SQ10 yang bisa mewujudkan hobi photography Urbaners.

SQ10 memiliki keunikan bisa menghasilkan foto instan juga digital. Sensor digital pengolah gambar SQ10 layaknya milik kamera kompak, yakni sensor CMOS 1/4-inci. Sensor tersebut menangkap gambar persegi (1920 x 1920 piksel) format JPEG.

Pada bagian fisik depan, Instax SQ10 dilengkapi lensa dengan focal length tetap 28.5mm (setara 35mm) dan aperture f/2.4. Bagian belakang kamera terisi dengan layar LCD 3 inci 460 ribu titik untuk memuat hasil tangkapan kamera, juga menjadi kanvas pengguna untuk merevisi dan mengedit gambar. Di bawah kamera ada dudukan tripod berukuran standar.

Pada sisi instan, SQ10 adalah kamera Fujifilm pertama yang menggunakan format Instax Square Film dengan aspek rasio 1: 1 yang berukuran 86 x 72 mm (foto sebenarnya berukuran 62mm x 62mm).

Begitu sebuah foto selesai, baik ditangkap atau selesai diolah dengan beragam filter, SQ10 bisa langsung memproduksi cetakan fisik dalam film format persegi 2,4 inci yang tersimpan di memori internal maupun eksternal. SQ10 dapat menampung hingga 50 foto di memori internalnya, atau bisa juga pengguna mengalihkan penyimpanan ke kartu SD.

Baterai isi ulang berjenis Lithium-Ion serta mengusung antarmuka pengisian Micro USB. Sekitar 160 foto dapat diambil dengan SQ10 sebelum baterai kamera meminta untuk diisi ulang.

Fujifilm Instax Square SQ10 sudah tersedia bulan Mei 2017 dengan dibanderol seharga USD 280  atau sekitar Rp 3,7 juta. Sementara film yang berisikan 10 lembaran persegi dibanderol dengan harga USD 17  atau Rp 226 ribu.

 

 

Source: Kompas.com