Komunitas Fotografi Pemula di Jakarta

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Para Pemula

Friday, August 11, 2017 - 18:03
Bagikan
Facebook Twitter Email

Apa pun ilmunya, belajar bisa lo lakukan di mana saja. Lo nggak harus terpaku pada buku atau informasi yang didapat dari internet. Terutama untuk bidang-bidang seperti fotografi, lo justru harus lebih sering praktik begitu mendapatkan ilmu dasarnya. Kabar baiknya, sekarang kegiatan fotografi sudah banyak menjamur di Indonesia, khususnya kota-kota besar seperti Jakarta. Lo bahkan bisa bergabung dengan komunitas fotografi Jakarta untuk mempertajam ilmu fotografi.

Nggak cuma itu, bergabung dengan komunitas fotografi pemula juga bisa membantu lo untuk menjalin networking dengan sesama fotografer. Jangan merasa malu meskipun lo masih merupakan seorang pemula. Lo justru bisa mendapatkan feedback, saran, dan kritik untuk meningkatkan ilmu fotografi lo. Jadi, singkirkan rasa malu tersebut dan bergabunglah dengan salah satu dari beberapa komunitas fotografi Jakarta berikut ini.

 

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula : Komunitas Belajar Fotografi

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula : Komunitas Belajar Fotografi

The title says it all, Urbaners. Komunitas yang juga disebut dengan JARI ini nggak menerima siapa pun fotografer yang ingin bergabung dengan mereka, nggak peduli kamera apa yang lo gunakan, baik kamera profesional atau kamera ponsel biasa. JARI berharap dengan berkumpulnya fotografer pemula serta para praktisi profesional, komunitas mereka bisa memajukan dunia fotografi di Indonesia. 

Setiap bulannya, JARI biasanya mengadakan acara kumpul bersama selama dua kali. Bagi yang ingin bergabung dengan komunitas fotografi satu ini, lo bisa langsung berkunjung ke akun Facebook mereka. Hingga tulisan ini ditulis, anggota grup JARI di Facebook sudah mencapai lebih dari 100.000, Urbaners!

 

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula : Instanusantara

 Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula : Instanusantara

Thanks to Instagram, sekarang bergabung dengan komunitas fotografi pemula nggak lagi susah. Salah satu komunitas fotografi terbesar di Indonesia yang berbasis di Instagram adalah Instanusantara (@instanusantara). Pertama kali berdiri pada tahun 2012, kini Instanusantara sudah memiliki lebih dari 208.000 followers. Tentunya ribuan followers tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Nah, selain akun utama, Instanusantara juga memiliki beberapa akun regional yang membawahi anggota-anggotanya di daerah tertentu.

Salah satunya adalah Instanusantara Jakarta (@instanusantarajakarta), yang merupakan akun regional bagi para anggota di Jakarta dan sekitarnya. Untuk bergabung dengan Instanusantara Jakarta, lo bisa add akun LINE mereka dengan username “instanusantarajkt”, lalu kirim chat personal. Ini merupakan kesempatan bagus bagi lo untuk belajar fotografi dengan sesama fotografer pemula di Jakarta.

 

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula : National Geographic Indonesia Online

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula : National Geographic Indonesia Online

Awalnya, komunitas fotografi satu ini dikenal melalui situsnya di alamat fotokita.net. Situs tersebut menjadi media bagi para fotografer untuk berbagi pengetahuan dan karya tentang fotografi. Foto Kita mempunyai penilaian dan kriteria khusus dalam menayangkan karya-karya fotografi terbaik. Asiknya, Foto Kita bakal memilih dua foto terbaik untuk dimuat di majalah National Geographic Indonesia setiap bulannya.

Lo mungkin harus bersaing dengan para fotografer yang lebih berpengalaman agar karya lo bisa dimuat di majalah National Geographic Indonesia. Namun, di sinilah lo bisa belajar banyak dari mereka. Serap sebanyak mungkin ilmu, lalu minta para anggota komunitas untuk menilai hasil jepretan lo. Siapa tahu karya lo yang bakal dimuat di majalah National Geographic Indonesia pada bulan berikutnya, Urbaners! 

 

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula : Kelas Pagi Anton Ismael Jakarta Photography

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula : Kelas Pagi Anton Ismael Jakarta Photography

Anton Ismael adalah salah satu fotografer profesional terbaik yang berbasis di Jakarta. Pada tahun 2006, ia merintis sekolah fotografi gratis berbasis komunitas. Dinamakan Kelas Pagi karena kelas fotografi Anton Ismael memang dimulai pada pukul 06.00 hingga 11.00 WIB. Sejak pertama kali berdiri hingga sekarang, Kelas Pagi Anton Ismael Jakarta Photography sudah meluluskan sembilan angkatan. Dari yang awalnya cuma mendirikan pameran fotografi sederhana, kini Kelas Pagi sudah bisa menyelenggarakan pameran dengan kualitas tinggi.

Tertarik buat bergabung dengan komunitas fotografi satu ini, Urbaners? Lo bisa langsung mengunjungi situs resminya mereka atau langsung datang ke Gudang Sarinah Ekosistem, Jalan Pancoran Timur II No. 4E. Selain di Jakarta, Kelas Pagi Antos Ismael juga sudah buka di Yogyakarta, lho.

 

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula : Id-Photographer

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula : Id-Photographer

Komunitas fotografi pemula terakhir yang bisa coba lo daftar adalah Id-Photographer. Untuk bergabung, lo bisa mengunjungi situs resmi mereka. Di situs tersebut, terdapat banyak hasil jepretan pada anggotanya. Nggak cuma itu, komunitas satu ini bahkan cukup rutin update tentang berbagai lomba fotografi yang sedang diselenggarakan.

Nggak ada batasan usia untuk bisa bergabung dengan Id-Photographer, tapi memang lo harus mendaftar secara online dulu. Id-Photographer dapat menjadi wadah oke buat lo para fotografer pemula untuk mendapatkan teknik dan metode tepat dalam berkecimpung di dunia fotografi.

 

Bagaimana Memilih Komunitas Fotografi yang Tepat untuk Pemula

Selain komunitas fotografi Jakarta untuk pemula yang disebutkan di atas, terdapat banyak komunitas fotografi lainnya yang bisa lo ikuti. Pada dasarnya tidak ada kriteria khusus untuk memilih komunitas fotografi untuk pemula yang mana yang bisa lo ikuti. Namun, bagi lo yang masih pemula dalam fotografi, tentu akan lebih baik jika lo memilih komunitas fotografi yang bisa memberikan lo ilmu dan berbagai pengetahuan dalam mengasah kemampuan fotografi.

Dalam hal ini, lo bisa melihat dengan seksama prosedur yang ada pada setiap komunitas dalam hal pembelajaran. Komunitas yang menyediakan media untuk bisa mendapat masukan dan saran serta yang bisa menjadi wadah diskusi dan tukar pikiran tentang fotografi tentu akan memudahkan proses belajar lo dalam hal fotografi.

Sudah nggak ada alasan buat lo untuk merasa rendah diri karena belum punya jam terbang tinggi sebagai fotografer. Para fotografer profesional juga mengawali karir sebagai pemula, kok. Kelima komunitas fotografi di atas bisa membantu lo untuk meningkatkan skill lo, khususnya bagi yang ada di Jakarta.

 

Sources: ganlob.com, fotokita.net, jasafotojakarta.com, bitebrands.co, saveseva.com, kelaspagi.com