• Hobby
  • Rossi Bisa Membalap Hingga Usia 45 Tahun

Rossi Bisa Membalap Hingga Usia 45 Tahun

Wed, 30 August 2017

Bagi sebagian orang yang suka MotoGP, kehadiran Valentino Rossi di sirkuit adalah wajib. Tanpa kehadiran Rossi, MotoGP ibarat nonton balapan liar yang dilakukan pemuda-pemuda tanggung di jalan raya. Hanya melihat balapan tanpa ada seni dan sensasi keriuhan.

The Doctor dianggap sebagai magnet untuk mendongkrak popularitas MotoGP. Walau sekarang ada Marc Marquez, Dani Pedrosa, dan Jorge Lorenzo, tetap saja semua mata tertuju pada Rossi. Tak ada Rossi di sirkuit bagaikan makan tanpa garam. Hambar.

Rider asal Italia ini memang bisa dibilang sudah tidak muda lagi. Saat kontraknya habis bersama Movistar Yamaha pada pengujung 2018, Rossi sudah menginjak usia 39 tahun. Tak heran apabila pembahasan tentang kapan Rossi pensiun terus didengungkan.

Sejauh ini Rossi tak membantah dan tak pula mengiyakan kabar soal rencananya mundur dari arena MotoGP. Ia akan memutuskan mundur jika merasa sudah tak lagi bisa tampil kompetitif. Jika hal itu terjadi, dirinya akan meninggalkan dunia yang telah mengharumkan namanya.

"Ketika saya menandatangani kontrak, saya merasa ini akan menjadi yang terakhir. Tapi saya tidak yakin akan hal itu. Saya akan mengambil keputusan (pensiun) di awal musim depan. Tetapi jika masih bisa tampil kompetitif dan menang, saya ingin terus membalap," ujar Rossi.

Mantan petinggi tim Yamaha Factory Racing yang kini menjadi manajer tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio belum melihat tanda-tanda kalau Rossi akan pensiun dalam waktu dekat. Sebaliknya ia melihat Rossi selalu menemukan rangsangan dan kekuatan untuk terus berada di lintasan.

"Hidupnya masih teratur dan dia baik-baik saja. Jika dia masih mau mengikuti rutinitas akhir pekan seperti saat ini, dia mungkin akan balapan dua tahun lagi (hingga usia 40),” ungkap Brivio.

Nah pendapat sama juga diungkapkan Paolo Simoncelli, ayah mendiang Marco Simoncelli. Ia tidak mengerti mengapa semua orang mempertanyakan masa depan Rossi. Menurut dia, cepat atau lambat, juara dunia tujuh kali di kelas utama MotoGP itu akan pensiun dan itu adalah hal normal.

Rossi sejauh ini tidak pernah menunjukkan akan pensiun. Kecintaannya terhadap dunia balap selalu diperlihatkannya dengan terus berlatih dan memberikan sejumlah pengalaman kepada pembalap muda.

"Rossi cepat atau lambat harus mengundurkan diri, itu hal yang normal. Saya tidak mengerti mengapa harus memikirkan dia pensiun. Rossi bisa terus berkarier setidaknya sampai 45 tahun," tandas Simoncelli.

 

 

Source: Sindonews.com, yamahamotogp.com

Tips Membersihkan Lensa Kamera: Pakai 4 Alat Ini ya Bro!

Tue, 22 September 2020
Berikut 4 cara mudah membersihkan lensa kamera lo

Walau memang direkomendasikannya bisa mendatangi tempat servis kamera yang mumpuni untuk membersihkan lensa kamera, tapi alangkah baiknya nih kalau lo yang pakai, jadi lo juga yang harus bisa membersihkannya!

Gini bro, kalau memang kamera itu hanya lo seorang yang menggunakannya, tentu lo tahu persis bagaimana cara memakai atau menggunakannya – dan ini jadi dasar juga untuk mengetahui cara membersihkannya.

Lensa kamera perlu dibersihkan, bro. Terlebih kalau lo suka motret di luar rumah – di mana possibility lensa kamera kena debu, kena kotoran lainnya lebih besar dibandingkan kalau lo sedang photoshoot di rumah atau di studio.

Untuk itu lo mesti bisa membersihkan lensa kamera dari berbagai noda yang ada. Paling umum sih kotoran yang bisa menempel di lensa kamera seperti debu, sidik jari dan noda kecil lainnya. Untuk membersihkannya, lo mesti berhati-hati sekali karena kalau tidak – lensa kamera bisa lecet.

Wah kalau sudah lecet – ini mimpi buruk buat lo bro! Jelas tangkapan gambar tidak akan semaksimal biasanya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang mesti lo ketahui saat ingin membersihkan lensa kamera, terutama alat-alat apa saja yang diperlukan.

Nah, untuk mengurangi risiko lensa kamera yang tergores, atau lensa kamera yang malah rusak karena salah cara membersihkannya – lo bisa simak bahasan yang satu ini dulu karena di bawah ini ada empat cara membersihkan lensa kamera dengan baik.

Penasaran apa saja caranya? Sila simak sampai habis saja bro untuk mengetahui selengkapnya!

 

Pakai Lens Blower

Berikut 4 cara mudah membersihkan lensa kamera lo

Credit Image: premiumbeat.com

Jadi salah satu alat yang paling umum digunakan untuk membersihkan lensa kamera, Lens Blower bisa banget jadi alat pertama yang lo gunakan buat bersihkan debu atau partikel halus yang ada di lensa kamera.

Tapi sebelum lo gunakan ke lensa, pastikan semburan anginnya sudah bersih. Caranya, bisa lo remas dulu ke arah yang lain. Jika sudah dilakukan berkali-kali, barulah dekatkan ke lensa tapi jangan sampai kena lensanya, lalu remas agar angin keluar dari alat ini.

Dari sini, lo bisa memastikan kebersihan lensa kamera. Oh iya, jangan menggunakan mulut untuk membersihkannya ya. Lo tidak perlu meniup udara ke arah lensa kamera karena akan membuat droplets lo menempel di permukaan lensa. Kalau sudah begitu, nanti bisa sulit dibersihkan.

 

Pakai Lens Brush

Berikut 4 cara mudah membersihkan lensa kamera lo

Credit Image: bantenkamera.com

Setelah pakai lens blower, biar kebersihannya semakin maksimal, lo bisa pakai brush atau kuas yang lembut. Disarankan menggunakan kuas dari bahan bulu unta. Ada bro yang jual – memang diperuntukan buat membersihkan lensa kamera!

Saat membersihkan lensa kamera menggunakan kuas ini, lo tidak perlu menekan kuasnya ke arah lensanya, ya. Cukup usap dengan lembut dan jika sudah selesai membersihkannya, tutup lagi kuas agar tidak terkontaminasi dari debu.

 

Kain Pembersih

Berikut 4 cara mudah membersihkan lensa kamera lo

Credit Image:

Bentuknya mungkin lebih mirip kain tapi sangat tipis – tisu pembersih ini jadi alat membersihkan lensa kamera yang cukup direkomendasikan buat lo. Tidak perlu dibasahi, ya. Cukup buka cover lensa, bersihkan dengan tisu pembersih dengan gerakan memutar, jika sudah, kembalikan tisu pembersih ke wadah dan tutup lagi agar tidak terkontaminasi dengan debu atau lainnya.

Ini bukan berarti lo bisa menggunakan semua jenis tisu atau kain untuk membersihkan lensa kamera, ya. Apalagi tisu basah yang mengandung senyawa kimia. Jika tidak bersih saat membersihkannya, malah akan meninggalkan noda dan jadi susah dibersihkannya.

 

Cairan Pembersih

Cairan pembersih ini juga khusus untuk lensa kamera, bro – bukan cairan pembersih lainnya apalagi pembersih lantai. Lo bisa dapatkan cairan ini dengan beli di online store atau datang ke tempat servis kamera langsung.

Menggunakan cairan pembersih ini juga tidak serta merta si lensa kamera lo semprotkan langsung cairannya, ya. Gunakan kain khusus untuk lensa kamera lo, basahi atau semprot kain tersebut, barulah digunakan di lensa kamera yang mau dibersihkan.

Usap dengan perlahan dan tidak perlu lo tekan karena nantinya malah akan memperburuk kondisi lensa kamera lo. Jika sudah bersih – tutup lensa kamera dan bersihkan kain yang lo gunakan lalu kembalikan ke tempat yang aman dari debu dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelas dong bagaimana cara membersihkan lensa kamera dengan benar? Kebersihan lensa kamera adalah salah satu kunci mendapatkan foto yang maksimal, nih! Pastikan lo bisa menerapkannya semua, ya!

 

Feature Image – blibli.com