3 Hal yang Wajib Lo Tahu Sebelum Menulis Skrip Film Berdurasi Singkat - MLDSPOT
  • Hobby
  • 3 Hal yang Wajib Lo Tahu Sebelum Menulis Skrip Film Berdurasi Singkat

3 Hal yang Wajib Lo Tahu Sebelum Menulis Skrip Film Berdurasi Singkat

Wed, 29 August 2018

Kemajuan teknologi membuat semua yang dulu dirasa sulit dipelajari, sekarang bisa dengan mudah dilakukan berkat adanya internet. Salah satunya adalah menulis skrip film dengan durasi singkat. Dulu mindset yang muncul adalah lo harus sekolah film dulu untuk menulis skrip. Namun, sekarang lo bisa belajar dari YouTube ataupun artikel tentang bagaimana menulis skrip film berdurasi singkat.

 

Hal Penting Sebelum Menulis Skrip Film Berdurasi Singkat

Nah, jika lo sekarang sedang fokus menulis skrip untuk pembuatan film berdurasi singkat, di sini akan dijelaskan 3 hal yang wajib lo tahu. Bisa jadi ini adalah hal kunci agar lo lancar dalam membuat skrip film.

 

Premis

 

 

Joko Anwar, sutradara film box office Pengabdi Setan, seperti dilansir dari Kompas.com selalu mengatakan bahwa sebelum menulis skrip film, lo harus membuat premis terlebih dahulu. Premis adalah satu kalimat yang berisi deskripsi singkat film yang akan lo buat. Misalnya akan dicontohkan premis dari The Avengers: Infinity Wars, “The Avengers dan teman-temannya harus berkorban untuk mengalahkan musuh terkuat Thanos sebelum dirinya ingin menghancurkan dan menguasai dunia”.

 

Dari premis tersebut sudah terlihat bagaimana awal, konflik, dan ending cerita. Jadi, sebelum menulis skrip, lo wajib mempunyai premis yang bisa menggambarkan dengan jelas jalannya cerita dari awal sampai akhir.

 

Pengembangan Cerita

Selanjutnya adalah lo harus melakukan pengembangan cerita secara bertahap. Ketika lo sudah membuat premis, lo wajib membuat sinopsis film tersebut. Kemudian setelah selesai, lo harus mengembangkan sinopsis menjadi 3 bagian, yaitu bagian awal, konflik, dan juga kesimpulan. Tulis semua imajinasi lo ke dalam pengembangan cerita ini, Urbaners.

 

Format Penulisan Skrip

 

 

Terakhir dan nggak kalah pentingnya adalah lo harus mengetahui format penulisan skrip. Penulisan skrip film ini nggak sembarangan, lo harus mengetahui bagaimana ukuran font, penulisan format judul, sampai penulisan dialog. Kenapa demikian? Karena skrip yang lo buat ini nggak hanya dibaca satu orang, tetapi seluruh kru dan pemeran. Sekarang coba bayangkan kalau lo salah format dalam penulisan skrip, pasti eksekusinya bakal susah.

 

Sekarang lo sudah mengetahui kan apa saja hal yang wajib lo ketahui sebelum menulis skrip film berdurasi singkat. Siap untuk menulis skrip?

 

 

Source: idntimes.com

Deretan Hal Tentang Sinematografi yang Perlu Lo Ketahui

Wed, 03 March 2021
Sinematografi

Untuk menjadi produktif di era new normal ini emang banyak banget caranya. Ada yang mulai belajar berbisnis, mencoba keahlian baru, ada juga yang mencoba untuk produktif dengan memproduksi konten. Kalau lo sendiri yang mana nih, bro?

Kalau lo adalah golongan yang mencoba keahlian baru dan juga belajar memproduksi konten, lo berada pada halaman yang tepat – karena kali ini MLDSPOT akan membahas tentang hal-hal mengenai sinematografi yang cocok banget buat disimak – terlebih untuk lo yang baru mulai belajar.

Nggak cuma itu – di halaman ini juga akan menemukan teknik sinematografi yang tepat dalam membuat video. Sebelum mulai membuat video, lebih baik lo simak artikel ini selengkapnya. Check this out, bro!

Video Making Starter Pack

Sinematografi

Credit image – SLR Lounge

Sebelum mulai membuat konten dan menentukan teknik-teknik dalam sinematografi, pastikan lo memiliki peralatan kamera dan lensa yang mendukung. Baik kamera analog ataupun digital, kamera yang digunakan akan berpengaruh pada hasil gambar yang akan diambil.

Fitur teknologi yang dimiliki oleh kamera digital memang lebih beragam, lensa yang digunakan pada kamera digital juga akan lebih banyak dan punya kualitas yang lebih baik dari kamera analog. Penggunaan lensa ini juga akan berpengaruh pada proses pengambilan gambar yang akan dilakukan.

Meskipun pake kamera aja sebenarnya udah cukup, tapi untuk menggunakan lensa dalam mengambil gambar juga bisa lo pertimbangkan. Selain itu, untuk membuat gambar lebih stabil lo juga bisa menggunakan stabilizer.

Mengenal Type of Shot

Setelah mempersiapkan kamera dan lensa, teknik sinematografi yang perlu lo ketahui adalah mengenali type of shot yang akan lo gunakan. Setiap gambar yang diambil tentunya akan berbeda jenis shot-nya. Dari tipe ini juga akan berpengaruh pada kualitas film dan gambar yang dihasilkan.

Dengan mengenal type of shot dari setiap gambar yang akan diambil akan memberikan kesan dan pesan yang berbeda dari video yang dihasilkan. Type of shot sendiri bisa dipilih tergantung keperluan masing-masing scene dan pastinya dari tipe pengambilan gambar ini akan berpengaruh pada isi video.

Type of shot yang perlu lo ketahui dan bisa lo gunakan adalah long shot, full shot, medium shot, medium close up shot, dan close up shot. Dari tipe-tipe inilah lo akan mengambil gambar yang sesuai yang dibutuhkan oleh video yang akan lo hasilkan.

Angle yang Tepat? Pelajari Camera Movement!

Sinematografi

Credit image - Freepik

Sudut pengambilan gambar memang bisa diambil melalui type of shot, namun selain itu – dalam sinematografi lo juga harus mengetahui angle yang tepat untuk setiap scene yang akan lo ambil. Angle ini juga yang nantinya akan membuat persepsi dan pandangan yang berbeda dari video yang dihasilkan.

Baik high maupun low angle, semuanya memiliki keunggulan masing-masing sesuai dengan kebutuhan video yang akan lo hasilkan. Untuk scene observasi atau close up, pasti membutuhkan angle kamera yang berbeda.

Untuk menentukan angle juga perlu mempelajari camera movement terlebih dahulu. Karena setiap pergerakan kamera untuk pengambilan gambar akan berpengaruh pada output yang akan dihasilkan. Jadi pastikan setiap scene disesuaikan dengan kebutuhan scene lo ya, bro!

Memiliki Komposisi yang Tepat

Untuk menciptakan sebuah video, selain teknik yang berpengaruh pada isi konten, dalam sinematografi pastinya juga harus mementingkan isi dan komposisi konten juga merupakan hal yang fundamental. Kalau sinematografinya bagus, isi konten juga harus bagus.

Hal ini dilakukan biar video yang lo hasilkan bisa diterima oleh pasar secara luas dan mendapatkan hasil yang maksimal. Komposisi yang tepat ini juga yang nantinya akan mempengaruhi kualitas video yang dihasilkan. Intinya, jangan sampai video yang lo hasilkan justru nggak memiliki value. 

Penentuan letak yang ideal sesuai dengan angle, pengambilan gambar yang sesuai dengan scene, ditambah efek sinematik, variasi transisi dan isi konten yang menarik akan saling berkesinambungan dan menghasilkan video yang ciamik dan pastinya disukai oleh banyak orang.

Itu dia hal dasar dari sinematografi yang bisa lo pahami sebelum membuat konten. Jadi, kapan mau mulai bikin nih, bro? Jangan lupa kalau udah bikin tag @MLDSPOT di media sosial lo ya!

 

Feature image – Freepik