Home Hobby 3 Hal yang Wajib Lo Tahu Sebelum Menulis Skrip Film Berdurasi Singkat

3 Hal yang Wajib Lo Tahu Sebelum Menulis Skrip Film Berdurasi Singkat

Wednesday, August 29, 2018 - 15:16
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kemajuan teknologi membuat semua yang dulu dirasa sulit dipelajari, sekarang bisa dengan mudah dilakukan berkat adanya internet. Salah satunya adalah menulis skrip film dengan durasi singkat. Dulu mindset yang muncul adalah lo harus sekolah film dulu untuk menulis skrip. Namun, sekarang lo bisa belajar dari YouTube ataupun artikel tentang bagaimana menulis skrip film berdurasi singkat.

 

Hal Penting Sebelum Menulis Skrip Film Berdurasi Singkat

Nah, jika lo sekarang sedang fokus menulis skrip untuk pembuatan film berdurasi singkat, di sini akan dijelaskan 3 hal yang wajib lo tahu. Bisa jadi ini adalah hal kunci agar lo lancar dalam membuat skrip film.

 

Premis

 

 

Joko Anwar, sutradara film box office Pengabdi Setan, seperti dilansir dari Kompas.com selalu mengatakan bahwa sebelum menulis skrip film, lo harus membuat premis terlebih dahulu. Premis adalah satu kalimat yang berisi deskripsi singkat film yang akan lo buat. Misalnya akan dicontohkan premis dari The Avengers: Infinity Wars, “The Avengers dan teman-temannya harus berkorban untuk mengalahkan musuh terkuat Thanos sebelum dirinya ingin menghancurkan dan menguasai dunia”.

 

Dari premis tersebut sudah terlihat bagaimana awal, konflik, dan ending cerita. Jadi, sebelum menulis skrip, lo wajib mempunyai premis yang bisa menggambarkan dengan jelas jalannya cerita dari awal sampai akhir.

 

Pengembangan Cerita

Selanjutnya adalah lo harus melakukan pengembangan cerita secara bertahap. Ketika lo sudah membuat premis, lo wajib membuat sinopsis film tersebut. Kemudian setelah selesai, lo harus mengembangkan sinopsis menjadi 3 bagian, yaitu bagian awal, konflik, dan juga kesimpulan. Tulis semua imajinasi lo ke dalam pengembangan cerita ini, Urbaners.

 

Format Penulisan Skrip

 

 

Terakhir dan nggak kalah pentingnya adalah lo harus mengetahui format penulisan skrip. Penulisan skrip film ini nggak sembarangan, lo harus mengetahui bagaimana ukuran font, penulisan format judul, sampai penulisan dialog. Kenapa demikian? Karena skrip yang lo buat ini nggak hanya dibaca satu orang, tetapi seluruh kru dan pemeran. Sekarang coba bayangkan kalau lo salah format dalam penulisan skrip, pasti eksekusinya bakal susah.

 

Sekarang lo sudah mengetahui kan apa saja hal yang wajib lo ketahui sebelum menulis skrip film berdurasi singkat. Siap untuk menulis skrip?

 

 

Source: idntimes.com