5 Konten Video Yang Diminati di Youtube: Bisa Banget Buat Nemenin Liburan Lo! - MLDSPOT
  • Hobby
  • 5 Konten Video Yang Diminati di Youtube: Bisa Banget Buat Nemenin Liburan Lo!

5 Konten Video Yang Diminati di Youtube: Bisa Banget Buat Nemenin Liburan Lo!

Thu, 03 December 2020
Deretan tipe konten video di Youtube ini cocok banget lo tonton buat menghabisi waktu bersantai di liburan akhir tahun bro!

LIBURAN AKHIR TAHUN SUDAH DI DEPAN MATA, BRO!

Memasuki bulan Desember 2020, aroma liburan akhir tahun memang semakin wangi terciumnya. Bro, lo sudah ada rencana buat liburan ke mana nih? Mau traveling? Atau Staycation saja? Well, apapun rencana lo, tetap patuhi berbagai protokol yang ada ya!

Maklum, akhir tahun 2020 ini masih diselimuti dengan keadaan new normal di mana berbagai protokol yang ada tetap mesti lo taati. Seperti nongkrong di kafe langganan atau coffee shop favorit, jaga jarak mesti tetap lo terapkan.

Nah, terkait dengan hal-hal seperti itu, liburan akhir tahun bisa lo rayakan #MauLagiDimanapun – even di rumah bro. Masih banyak kok yang bisa lo lakukan walau nggak ke mana-mana dulu untuk sementara ini.

Misalnya seperti menyiapkan makanan untuk feast bersama teman-teman lo di rumah – barbequean tetap jadi salah satu pilihan utama yang bisa lo lakukan di rumah, bro! Dan selain itu, masih banyak kok yang bisa lo lakukan walau di rumah.

 

Deretan tipe konten video di Youtube ini cocok banget lo tonton buat menghabisi waktu bersantai di liburan akhir tahun bro!

Credit Image: everythreeweekly.com

 

Deretan tipe konten video di Youtube ini cocok banget lo tonton buat menghabisi waktu bersantai di liburan akhir tahun bro!

Credit Image: intouchsol.com

Sepertinya misalnya Netflix and chill, melakukan berbagai hobi lo yang mungkin selama ini tertunda, atau bahkan tetap menjalankan bisnis lo supaya cuan di akhir tahun is real! Apapun yang lo lakukan, pastikan itu adalah hal yang lo suka, ya!

Nah, terlepas dari hal itu, kalau traveling sosial media adalah hal yang lo lakukan, seperti sudah buka Instagram, lalu pindah ke Twitter, terus pindah ke Facebook dan LinkedIn – dan terakhir mungkin perjalanan lo bakal berakhir di Youtube!

Nonton konten video di Youtube memang seru dan benar-benar bisa menghabiskan waktu bersantai lo bro. Terkait dengan konten yang ada di Youtube – sebenarnya lo bisa mendapatkan berbagai insight dan juga nilai-nilai entertainment yang tentu tujuannya adalah menghibur.

Nah, di Youtube sendiri, para kreator sebenarnya secara tidak langsung mengkelas-kelaskan, atau mengklasifikasikan konten video mereka agar para viewers tidak mudah bosan saat menonton deretan video yang ada.

Biar lo makin paham dengan tren yang ada dan lo sendiri bisa menghilangkan rasa bosan lo ketika waktu liburan akhir tahun – beberapa deretan tipe konten Youtube ini bisa lo nikmati, bro. Penasaran apa saja deretan tipe konten videonya? Sila simak bahasan kali ini sampai habis untuk mengetahui selengkapnya ya!

 

Video Log – Travel Vlog

Tipe konten video di Youtube yang paling umum dibuat oleh para kreator adalah menceritakan keseharian mereka dengan tipe video log. Nah yang seru lagi adalah melihat mereka traveling dan segala momen seru mereka direkam dan menjadi bentuk travel vlog.

Setidaknya menonton mereka bisa ikut merasakan keseruannya dan mengobati rasa rindu diri lo terhadap traveling bro. Well, lo juga bisa dapat insight – minimal lo tahu bagaimana mengatur rencana liburan lo selanjutnya. Lo bisa tahu bagaimana menyusun itinerary yang benar untuk traveling lo yang akan datang!

 

Buat yang Suka Ditantang!

Challenge video adalah salah satu konten video di Youtube yang juga sering sekali dibuat oleh para kreator. Entah kenapa tipe video seperti ini juga cepat sekali populer. Mungkin dikarenakan oleh thumbnail dan judul videonya yang sudah seperti ‘menantang’ lo untuk menontonnya.

Tipe konten video ini biasanya bisa dibalut dengan bentuk Mukbang atau makan dengan porsi yang sangat besar, atau belanja ke mall dengan budget 100 ribu saja dan masih banyak lainnya. Entah kenapa viewers juga suka dengan tipe konten seperti ini karena mungkin mereka juga merasa tertantang dan penasaran bagaimana si kreator menyelesaikan tantangan yang ad aitu.

 

Video Coba-Coba

Maksudnya video review bro! Tipe konten video Youtube yang satu ini sudah jelas pasti cepat sekali populer. Pasalnya, barang apa, makanan apa, bisa saja dibuat bentuk video mencoba atau mereview. Apalagi kalau barangnya atau objeknya begitu menarik atau yang sedang viral.

Yang paling umum adalah mencoba barang elektronik atau gadget bro. Seperti iPhone 12 – review, atau smartTV review dan masih banyak yang lainnya. Secara tidak langsung, video ini bersifat informatif sehingga mungkin inilah yang membuat banyak orang minat untuk menontonnya.

 

Reaction Video

Nah yang ini juga jadi salah satu konten video Youtube yang cukup populer nih. Melihat si kreator bereaksi, berekspresi terhadapi video lain adalah hal yang kalau dipikir kok aneh juga tapi seru melihatnya. Mungkin karena lo bisa melihat reaksi organik dan non-organik dari si kreator sih bro.

 

Tutorial!

Mirip dengan konten video yang review – bedanya adalah tipe konten yang satu ini seakan mengajari lo melakukan sesuatu. Misalnya untuk memasak sesuatu, untuk membuat kerajinan tertentu – video tutorial adalah salah satu tipe konten Youtube yang paling mudah untuk viral.

Nah menonton semua tipe konten tersebut adalah salah satu pilihan bijak untuk menghabisi waktu bersantai lo bro di libur akhir tahun ini. Bagaimana – apakah lo ada tipe konten video lainnya yang lo suka?

 

Feature Image – wallstreetinsanity.com

Bukan Jenis Genre, Ini Arti dari Band Indie Indonesia yang Sebenarnya!

Wed, 17 March 2021
Band Indie Indonesia

Gaya musik sekarang ini emang beragam banget, kalo kemarin sempet ngebahas Indonesian City Pop sama Irama Nusantara dan genre Lo-Fi yang sekarang juga banyak peminatnya, ada satu genre – yang sebenarnya juga bukan genre, yang saat ini banyak diminati, yaitu Indie!

Semakin banyaknya muncul band indie Indonesia membuat para penikmat musik awam menganggap bahwa indie merupakan sebuah genre. Nyatanya, indie bukan genre ataupun gaya musik, bro!

Identik dengan musik dan lagu yang easy listening dan memiliki lirik yang kreatif, musik Indie memnghadirkan Terus kenapa kehadiran band indie Indonesia bisa membawa pemahaman kalau Indie merupakan sebuah genre? Langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini, bro!

Mengenal Arti Indie yang Sebenarnya

Band Indie Indonesia

Credit image – Careers in Music

Sebelum dikenal sebagai sebuah genre, Indie sebenarnya memiliki arti independen – atau sesuatu yang bersifat mandiri, bebas, atau bahkan ‘merdeka’. Indie dalam musik digambarkan sebagai sesuatu yang dilakukan sendiri, bebas, tanpa ada gangguan dari pihak lain yang mencoba mengatur proses produksi.

Hal ini dilakukan oleh seorang musisi atau band indie Indonesia biasanya memilih jalan ini untuk berkarya dengan bebas tanpa adanya label yang menaungi. Para musisi indie biasanya membiayai semua pengeluaran secara independen – mulai dari biaya produksi, pemasaran sampai distribusinya.

Sebutan indie  awalnya digunakan untuk membedakan antara musisi independen dengan musisi lain yang terikat label. Hal itu dilakukan untuk menekan bahwa musisi indie berada di label rekaman independennya sendiri dan lebih bebas mengekspresikan gaya musiknya ataupun dalam membuat suatu karya. 

Indie Bukan Genre, Bro!

Band Indie Indonesia

Credit image - Spotify

Pemahaman bahwa genre merupakan sebuah genre masih banyak dinilai salah oleh banyak orang. Seperti yang udah disebutkan di atas – jelas indie bukan sebuah genre, melainkan gerakan mandiri dari musisi untuk menciptakan karyanya.

Namun kata indie dapat menjadi tambahan deskriptif untuk sebuah genre, misalnya memberikan pemahaman dari perbedaan antara aspek musik dan aspek bisnis dalam musik. Misalnya: indie-rock, indie-pop, indie-rap, dan sebagainya. Tambahan deskriptif ini juga digunakan oleh platform musik Spotify untuk membuat playlist dari musisi-musisi Indie Indonesia – dengan judul IndieNesia.

Nggak heran lagu-lagu karya musisi indie terbilang unik dan beda dengan lagu kebanyakan – atau lagu-lagu yang biasa ada di peringkat Top 40. Hal inilah yang juga mendorong sebagian orang menganggap indie sebagai sebuah genre musik.

Idealisme Musisi dan Band Indie Indonesia

Tren musisi indie di Indonesia udah berkembang sejak era 80-an. Saat itu kemunculannya identik dengan musik punk-rock yang bergerak tanpa ada bantuan dari major label dan memproduksi musik dan karyanya sendiri tanpa terikat regulasi yang ada saat itu.

Hingga pada era 90-an, istilah indie berkembang menggantikan istilah underground. Saat ini, cukup banyak band-band indie bermunculan, menggambarkan bahwa indie memang terus berkembang di Indonesia. Seperti Sore, The S.I.G.I.T, Danilla Riyadi, dan lain-lain yang musiknya pasti udah sering lo denger.

Pastinya untuk bertahan di industri musik dengan cara yang mandiri ini terbilang susah-susah-gampang, karena biasanya hasil karya yang dipublikasikan akan lewat teman terdekat terlebih dulu dan melakukan konser sederhana ke kota-kota di Indonesia.

Tapi fenomena banyaknya musisi indie saat ini berhasil menghadirkan warna baru dalam industri musik Indonesia dan membuktikan bahwa dengan produksi dan promosi mandiri dapat bertahan di Industri musik.

Pergeseran Makna dari ‘Indie’

Band Indie Indonesia

Credit image – Outfit Styles

Pergeseran makna indie sendiri semakin jauh – nggak cuma dalam hal musik, tapi juga ke dalam gaya hidup. Seperti banyaknya orang yang menjadikan indie sebagai fashion. Pasti lo juga pernah denger kan kata-kata yang bilang; “style lo Indie banget, bro!”

Hal ini berangkat dari stigma musik indie merupakan sebuah genre dan identik dengan sore, senja, kopi, dan hal sebagainya. Padahal, indie nggak ada hubungannya dengan hal-hal tersebut!

Semua hanya menjadi stigma di masyarakat dan menganggap indie sebagai sesuatu yang menunjukan eksistensi diri – padahal sebenarnya nggak paham apa indie yang sebenarnya.

Sekarang lo udah paham kan – kalau indie itu bukan genre lagu, cuman emang gaya musik yang ditampilkan sama musisi indie emang berbeda dari musik-musik dari genre musik kebanyakan.

Kalau lo lebih suka denger yang mana nih, bro? mengingat lo lagi berkunjung ke MLDSPOT, udah jelas kalau lo penikmat jazz, kan?

 

Feature image – BlackXperience