5 Toko di Jakarta untuk Belanja Produk Ramah Lingkungan - MLDSPOT
  • Hobby
  • 5 Toko di Jakarta untuk Belanja Produk Ramah Lingkungan

5 Toko di Jakarta untuk Belanja Produk Ramah Lingkungan

Mon, 22 July 2019
5 Toko di Jakarta untuk Belanja Produk Ramah Lingkungan

Belakangan ini lo pasti sudah sering mendengar kampanye pengurangan limbah sampah plastik di Indonesia. Beberapa supermarket bahkan sekarang sudah menerapkan kantong plastik berbayar demi mengurangi tingginya jumlah sampah plastik. Seolah nggak ingin ketinggalan dengan tren gaya hidup eco-friendly, di Jakarta lo bisa menemukan beberapa toko berkonsep bulk store sehingga sangat ramah lingkungan.

 

Evoware

Evoware

Memanfaatkan platform media sosial Instagram, Evoware hadir sebagai salah satu toko yang menyediakan berbagai produk ramah lingkungan. Sebagian besar produk yang diciptakan dibuat dengan memanfaatkan rumput laut sebagai bahan baku. Rumput laut inilah yang kemudian diolah menjadi berbagai kemasan, mulai dari sachet kopi, bungkus makanan, hingga kotak sabun. Persis seperti namanya, Evoware ingin menciptakan evolusi pada masyarakat ibu kota untuk beralih pada produk-produk yang lebih ramah lingkungan.

 

Osem

Osem

Urbaners, selain limbah sampah plastik, ternyata sektor fashion juga menyumbang limbah dalam jumlah yang cukup besar di Jakarta. Beruntung sekarang lo bisa berbelanja beragam produk fashion yang lebih ramah lingkungan di Osem. Sebagian besar kain yang digunakan juga merupakan produk daur ulang. Nggak hanya itu, produk fashion dari Osem bahkan nggak memakai kancing maupun resleting dari plastik, lho!

 

Saruga

Saruga

Berada di Jalan Taman Bintaro, Sektor 1, Saruga jadi salah satu toko di Jakarta yang bisa lo kunjungi untuk mendapatkan produk ramah lingkungan. Seluruh produk yang dijual di Saruga dikemas dengan wadah yang reusable. Menariknya lagi, di Saruga lo juga bisa menemukan berbagai makanan sehat yang dibuat dengan menggunakan bahan pangan utuh alias whole food sehingga mengurangi sampah organik dan anorganik di ibu kota.

 

Naked Inc.

Naked Inc.

Di toko yang mengusung konsep zero waste ini, lo bisa berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari seperti bahan-bahan dapur dan minyak zaitun. Namun, lo wajib membawa tas atau wadah sendiri karena Naked Inc. nggak menyediakan plastik. Mereka menawarkan wadah kaca dan kantong kanvas untuk lo beli seandainya lo lupa bawa sendiri. Kerennya lagi, seluruh produk di Naked Inc. didapatkan dari produsen lokal!

 

The Bulkstore & Co.

The Bulkstore & Co.

Mirip seperti Naked Inc., The Bulkstore & Co. juga menerapkan konsep curah sehingga lo harus membawa wadah sendiri. Bedanya, bisa dibilang The Bulkstore & Co. cenderung lebih lengkap. Selain bahan-bahan dapur, toko yang berada di kawasan Jalah Wahid Hasyim, Jakarta Pusat ini juga menjual kacang-kacangan, makanan ringan, peralatan rumah tangga, bahkan hingga produk perawatan tubuh seperti sabun mandi dan deodoran.

 

Urbaners, tunggu apa lagi? Yuk, ubah gaya hidup lo dengan beragam produk yang disediakan oleh beberapa toko ramah lingkungan tadi.

 

 

Source: whatsnewindonesia.com

Biar Tetap Apik, Ini Cara Tepat Rawat Vespa Klasik!

Thu, 18 February 2021
Vespa Klasik

Setiap orang pasti punya hobi masing-masing untuk melengkapi ‘bumbu’ dalam hidup. Hobi emang bukan sebuah hal mutlak yang harus dimiliki setiap orang, tapi kayaknya kalo nggak punya hobi hidup rasanya ada yang kurang nggak sih, bro?

Kalau hobi lo sendiri apa nih? Fotografi kah, fashion enthusiast kah, atau otomotif? Kalau ketertarikan lo ada di otomotif – dan lebih spesifiknya di vespa, lo berada pada halaman artikel yang tepat!

Vespa emang identik dengan kendaraan bermotor yang udah dari dulu punya peminat yang tinggi, bahkan sampai sekarang pun masih diminati. Terlebih vespa klasik. Mau vespa klasik atau baru, sepertinya semua kendaraan harus punya cara perawatannya masing-masing.

Ngomong-ngomong soal vespa , sepertinya kendaraan otentik yang satu ini memerlukan perawatan yang cukup detil dan rutin. Hal ini jangan sampai terlewat – karena bakal berpengaruh berat pada vespa!

Apa aja hal yang harus lo lakuin biar vespa klasik lo menjadi lebih terawat? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya, bro!

Harus pake Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Nggak sembarangan pake bahan bakar, buat lo yang punya vespa klasik ada baiknya menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Karena konon dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi bisa membantu vespa lo performanya lebih bagus.

Hal ini dibuktikan karena bahan bakar beroktan rendah bisa bikin kerak dalam proses pembakaran bahan bakar dan akan berpengaruh pada performa dan tarikan vespa. Pastinya lo mengharapkan vespa lo punya performa yang terus oke dong, bro?

Pake Oli Samping dengan Kualitas Tinggi

Vespa Klasik

Credit image – Rezvilla

Selain bahan bakar, dalam kendaraan bermotor lo juga harus mempertimbangkan oli yang digunakan. Ganti oli selama sebulan sekali udah harus banget lo lakukan secara rutin, tapi pastikan juga menggunakan oli dengan kualitas tinggi.

Dengan menggunakan oli samping berkualitas tinggi, vespa klasik lo akan membakar lebih baik dan ruang bakarnya juga nggak berkerak Menyambung dengan ulasan tentang bahan bakar di atas, menggunakan oli dengan kualitas rendah juga punya dampak yang buruk buat vespa klasik lo.

Buat tau oli mana yang punya kualitas tinggi dan terbaik, lo bisa melakukan riset kecil-kecilan lewat nyari di sosial media atau nanya club temen vespa lo.

Lakukan Perawatan pada Karburator

Karburator emang udah jadi spare part penting pada kendaraan bermotor, nggak terkecuali dengan vespa klasik. Karburator emang punya peran yang penting dalam vespa klasik. Pasalnya, dari karburator inilah yang nantinya bisa mencampurkan bahan bakar dengan udara – sebelum nantinya masuk ke ruang pembakaran.

Komponen ini sering banget menimbulkan masalah pada vespa klasik – untuk itu, karburator dari vespa ini harus lo jaga dengan baik. Cara merawat karburator juga nggak susah kok!

Cukup dengan melepaskan karburator dari tempatnya dan bersihkan karburator dari kotoran atau kerak yang menyumbat aliran bensin dengan karbu cleaner atau penyemprot udara. Cara yang cukup gampang untuk bisa menghasilkan vespa klasik anti mogok kan, bro?

Aki juga Perlu Dirawat, Bro!

Vespa Klasik

Credit image – Modern Vespa

Selain karburator, komponen yang satu ini juga harus lo rawat dengan baik – karena kalo nggak, yang ada vespa lo nggak bisa jalan!

Aki punya fungsi yang penting biar vespa bisa tetap hidup dan bisa jalan. Untuk itu, kondisi aki harus terjamin performanya. Cara merawatnya juga cukup mudah – cukup membersihkan kerak atau karat yang ada di kutub aki serta lebih sering melakukan pengecekan pada ketinggian air aki, jangan sampai pas kekeringan baru sadar, panik, dan keburu mogok vespanya.

Perawatan Busi juga Penting!

Busi pada vespa punya peran sebagai ‘korek’ pada proses pembakaran. Kalau ini nggak dijaga, pastinya proses pembakaran pun jadi nggak lancar. Cara merawat busi bisa dilakukan dengan melakukan penggantian secara rutin.

Karena kalau busi nggak dirawat dengan baik, kualitas oli samping dan bensin pun akan berkurang. Listrik yang dihasilkan spul pun menjadi terlalu kecil. Jadi buat kedepannya, sering-sering ganti busi ya!

Jaga Kabel Perseneling

Vespa Klasik

Credit image - Sticky Features UK

Posisi perseneling pada vespa klasik emang beda-beda, tapi kebanyakan lokasinya berada di bagian setir kiri dimana terdapat ada tuas kopling juga. Seenggaknya, ada 2 kabel yang berlokasi di daerah situ – jadi pastikan nggak ketukar dulu ya.

Menjaga kabel perseneling juga nggak rumit, cukup lakukan penyetelan secara benar dan rutin cek kondisi dari kabel-kabel ini. Mudah banget kan?

Setelah membaca 6 cara merawat vespa dengan baik, sepertinya semua bukan hal sulit kalau lo rutin melakukan pengecekan. Jadi kuncinya untuk merawat vespa adalah – lo harus lebih peka dan perhatian ya, biar umurnya makin panjang, bro!

 

Feature image - iStock