Home Hobby 5 Toko di Jakarta untuk Belanja Produk Ramah Lingkungan
5 Toko di Jakarta untuk Belanja Produk Ramah Lingkungan

5 Toko di Jakarta untuk Belanja Produk Ramah Lingkungan

Monday, July 22, 2019 - 11:10
Bagikan
Facebook Twitter Email

Belakangan ini lo pasti sudah sering mendengar kampanye pengurangan limbah sampah plastik di Indonesia. Beberapa supermarket bahkan sekarang sudah menerapkan kantong plastik berbayar demi mengurangi tingginya jumlah sampah plastik. Seolah nggak ingin ketinggalan dengan tren gaya hidup eco-friendly, di Jakarta lo bisa menemukan beberapa toko berkonsep bulk store sehingga sangat ramah lingkungan.

 

Evoware

Evoware

Memanfaatkan platform media sosial Instagram, Evoware hadir sebagai salah satu toko yang menyediakan berbagai produk ramah lingkungan. Sebagian besar produk yang diciptakan dibuat dengan memanfaatkan rumput laut sebagai bahan baku. Rumput laut inilah yang kemudian diolah menjadi berbagai kemasan, mulai dari sachet kopi, bungkus makanan, hingga kotak sabun. Persis seperti namanya, Evoware ingin menciptakan evolusi pada masyarakat ibu kota untuk beralih pada produk-produk yang lebih ramah lingkungan.

 

Osem

Osem

Urbaners, selain limbah sampah plastik, ternyata sektor fashion juga menyumbang limbah dalam jumlah yang cukup besar di Jakarta. Beruntung sekarang lo bisa berbelanja beragam produk fashion yang lebih ramah lingkungan di Osem. Sebagian besar kain yang digunakan juga merupakan produk daur ulang. Nggak hanya itu, produk fashion dari Osem bahkan nggak memakai kancing maupun resleting dari plastik, lho!

 

Saruga

Saruga

Berada di Jalan Taman Bintaro, Sektor 1, Saruga jadi salah satu toko di Jakarta yang bisa lo kunjungi untuk mendapatkan produk ramah lingkungan. Seluruh produk yang dijual di Saruga dikemas dengan wadah yang reusable. Menariknya lagi, di Saruga lo juga bisa menemukan berbagai makanan sehat yang dibuat dengan menggunakan bahan pangan utuh alias whole food sehingga mengurangi sampah organik dan anorganik di ibu kota.

 

Naked Inc.

Naked Inc.

Di toko yang mengusung konsep zero waste ini, lo bisa berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari seperti bahan-bahan dapur dan minyak zaitun. Namun, lo wajib membawa tas atau wadah sendiri karena Naked Inc. nggak menyediakan plastik. Mereka menawarkan wadah kaca dan kantong kanvas untuk lo beli seandainya lo lupa bawa sendiri. Kerennya lagi, seluruh produk di Naked Inc. didapatkan dari produsen lokal!

 

The Bulkstore & Co.

The Bulkstore & Co.

Mirip seperti Naked Inc., The Bulkstore & Co. juga menerapkan konsep curah sehingga lo harus membawa wadah sendiri. Bedanya, bisa dibilang The Bulkstore & Co. cenderung lebih lengkap. Selain bahan-bahan dapur, toko yang berada di kawasan Jalah Wahid Hasyim, Jakarta Pusat ini juga menjual kacang-kacangan, makanan ringan, peralatan rumah tangga, bahkan hingga produk perawatan tubuh seperti sabun mandi dan deodoran.

 

Urbaners, tunggu apa lagi? Yuk, ubah gaya hidup lo dengan beragam produk yang disediakan oleh beberapa toko ramah lingkungan tadi.

 

 

Source: whatsnewindonesia.com