Home Hobby Canon Resmi Hentikan Produksi Kamera Film
Canon Resmi Hentikan Produksi Kamera Film

Canon Resmi Hentikan Produksi Kamera Film

Tuesday, June 12, 2018 - 08:25
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pada Maret 2018 lalu, Leica mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan produksi kamera film M7. Mengikuti jejak Leica, Canon pun melakukan hal yang sama. Dilansir The Verge pada akhir Mei 2018 kemarin, produsen kamera asal Jepang ini dikabarkan menghentikan produksi kamera film terakhir mereka, EOS-1V.

 

Sebetulnya sudah berhenti produksi sejak 2010

Kabar tersebut ternyata benar adanya, Urbaners. Melalui situs resminya, Canon menyampaikan pernyataan tentang penghentian penjualan EOS-1V.

“Terima kasih banyak atas dukungan Anda terhadap produk-produk Canon. Sayangnya, kami memutuskan untuk menghentikan penjualan kamera film refleks lensa tunggal (SLR) EOS-1V,” tulis pernyataan dalam Bahasa Jepang yang ditranslasi oleh Kumparan tersebut.

Nah, sebetulnya Canon sudah berhenti memproduksi kamera film sejak delapan tahun lalu, tepatnya tahun 2010. Namun, mereka masih menjual stok produk lama. Mulai sekaranglah baru Canon benar-benar berhenti menjual produk kamera film mereka.

 

Masih terima layanan servis hingga 2025

Penggemar film kamera Canon nggak perlu kecewa karena lo masih bisa membeli produk bekasnya di berbagai lapak online. Selain itu, Canon juga masih membuka layanan servis kamera film EOS-1V hingga Oktober 2025. Jadi, bagi yang punya kamera tersebut, lo masih bisa melakukan perbaikan atau konsultasi layanan secara resmi dengan pihak Canon, Urbaners.

 

EOS-1V nggak benar-benar mati

Lagi pula, kamera film EOS-1V ini juga bukannya menghilang dari peredaran begitu aja, kok. Jika ingin punya kamera dengan model menyerupai EOS-1V, lo bisa membeli Canon EOS-1D. Bahkan lensa-lensa EOS-1V juga masih compatible dengan kamera-kamera digital modern zaman sekarang, begitu juga sebaliknya. EOS-1V jadi kamera SLR pertama yang menggunakan sistem elektronik untuk menggerakkan lensa.

Kalau memang lo tetap prefer beli kamera film, nggak perlu bingung karena pesaing Canon, Nikon, masih menjualnya. Lo bisa pilih mau beli kamera FM10 seharga 570 dolar dan F6 seharga 2,700 dolar.

Dengan berhentinya produksi kamera film, mulai sekarang Canon bakal fokus pada kamera digital. Kira-kira inovasi apa yang bakal dilakukan Canon selanjutnya? Kita tunggu bareng-bareng, Urbaners!

 

Sources: engadget.com, kumparan.com, mobitekno.com