• Hobby
  • Canon Resmi Hentikan Produksi Kamera Film

Canon Resmi Hentikan Produksi Kamera Film

Tue, 12 June 2018
Canon Resmi Hentikan Produksi Kamera Film

Pada Maret 2018 lalu, Leica mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan produksi kamera film M7. Mengikuti jejak Leica, Canon pun melakukan hal yang sama. Dilansir The Verge pada akhir Mei 2018 kemarin, produsen kamera asal Jepang ini dikabarkan menghentikan produksi kamera film terakhir mereka, EOS-1V.

 

Sebetulnya sudah berhenti produksi sejak 2010

Kabar tersebut ternyata benar adanya, Urbaners. Melalui situs resminya, Canon menyampaikan pernyataan tentang penghentian penjualan EOS-1V.

“Terima kasih banyak atas dukungan Anda terhadap produk-produk Canon. Sayangnya, kami memutuskan untuk menghentikan penjualan kamera film refleks lensa tunggal (SLR) EOS-1V,” tulis pernyataan dalam Bahasa Jepang yang ditranslasi oleh Kumparan tersebut.

Nah, sebetulnya Canon sudah berhenti memproduksi kamera film sejak delapan tahun lalu, tepatnya tahun 2010. Namun, mereka masih menjual stok produk lama. Mulai sekaranglah baru Canon benar-benar berhenti menjual produk kamera film mereka.

 

Masih terima layanan servis hingga 2025

Penggemar film kamera Canon nggak perlu kecewa karena lo masih bisa membeli produk bekasnya di berbagai lapak online. Selain itu, Canon juga masih membuka layanan servis kamera film EOS-1V hingga Oktober 2025. Jadi, bagi yang punya kamera tersebut, lo masih bisa melakukan perbaikan atau konsultasi layanan secara resmi dengan pihak Canon, Urbaners.

 

EOS-1V nggak benar-benar mati

Lagi pula, kamera film EOS-1V ini juga bukannya menghilang dari peredaran begitu aja, kok. Jika ingin punya kamera dengan model menyerupai EOS-1V, lo bisa membeli Canon EOS-1D. Bahkan lensa-lensa EOS-1V juga masih compatible dengan kamera-kamera digital modern zaman sekarang, begitu juga sebaliknya. EOS-1V jadi kamera SLR pertama yang menggunakan sistem elektronik untuk menggerakkan lensa.

Kalau memang lo tetap prefer beli kamera film, nggak perlu bingung karena pesaing Canon, Nikon, masih menjualnya. Lo bisa pilih mau beli kamera FM10 seharga 570 dolar dan F6 seharga 2,700 dolar.

Dengan berhentinya produksi kamera film, mulai sekarang Canon bakal fokus pada kamera digital. Kira-kira inovasi apa yang bakal dilakukan Canon selanjutnya? Kita tunggu bareng-bareng, Urbaners!

 

Sources: engadget.com, kumparan.com, mobitekno.com

Tony Hawk Pro Skater 1& 2 akan Dibuat Kembali dalam Versi 4K HDR

Wed, 20 May 2020
Seorang skater dengan jumper biru dalam Tony Hawk Pro Skater terbaru

Vicarious Visions akhirnya membuat pengumuman tentang garapan game mereka, Tony Hawk Pro 1&2 yang telah di-remake. Pengumuman ini disambut meriah oleh para pecinta game karena digadang-gadang akan hadir dengan kualitas grafik 4K yang tentunya lebih keren daripada versi yang sebelumnya. Ditambah lagi ada banyak kejutan fitur lain di dalam gameplay-nya. Buat lo pecinta game skateboard, nggak boleh melewatkan game yang satu ini #MumpungLagiDirumah.

 

Rilis di Bulan September

Salah satu tampilan dari Tony Hawk Pro Skater dari Vicarious Visions

Tony Hawk Pro Skater 1&2 ini sudah dibuat kembali oleh Vicarious Visions, sebuah studio yang pernah melakukan remaster game keren lainnya, seperti tiga game pertama Crash Bandicoot dari Crash Bandicoot N. Sane Trilogy yang dirilis tahun 2017 lalu. Mereka juga sedang mengembangkan koleksi game Tony Hawk yang baru ini.

Rencananya akan segera dirilis pada tanggal 4 September 2020 ini. Game ini akan segera siap buat lo mainkan di PlayStation4, Windows PC, dan Xbox One. Siap-siap untuk cita rasa dan sentuhan baru di versi remake dari Tony Hawk Pro Skater ini.

 

Didominasi Soundtrack Asli

Tampilan Tony Hawk Pro Skater remastered dimana seorang skater sedang melakukan trik

Dalam versi remaster ini, akan ada original level, pro skater level, dan trick level dari Tony Hawk Pro Skater. Trik-trik dalam game ini termasuk trik the revert, lip tricks, dan wall plant. Tentunya jadi lebih asik buat lo mainkan. Jadi, nggak hanya grafiknya saja yang jadi lebih berkualitas, konten game-nya juga jadi lebih seru.

Di versi terbaru ini juga akan disertakan dengan dominasi soundtrack asli dan beberapa lagu dari penyanyi terkenal lain. Seperti satu lagu dari Dead Kennedys, “Police Truck” juga akan lo dengar mengalun di salah satu set play game Tony Hawk Pro Skater ini. Beberapa lainnya ada “Goldfinger”, “Bad Religion”, “Millencolin”, dan masih banyak lagi.

 

Tutorial Experience yang Lebih Baik

Seorang skater lengkap dengan gear sedang bersiap meluncur dalam tampilan Tony Hawk Pro terbaru

Para penanti setianya juga diberi tahu untuk bersiap-siap karena pengalaman tutorial yang akan disajikan di versi remaster ini akan lebih baik daripada versi sebelumnya. Jadi, buat lo yang belum pernah memainkan Tony Hawk Pro Skater versi terdahulu, lo nggak perlu khawatir. Lo dijamin bisa menyesuaikan dengan cepat di versi yang terbaru ini.

Untuk game remaster Tony Hawk Pro Skater 1&2, akan dibanderol dengan harga Rp593.000. Sementara versi digital deluxe dengan konten unik dan gear khusus di dalam game ini diberi harga Rp741.000. Selain itu, game ini juga disiapkan dalam versi collectors edition dengan harga yang cukup tinggi, yakni sekitar Rp1,5 juta dengan konten istimewa dan deck Birdhouse yang diproduksi secara terbatas.

Lo bisa menambah daftar panjang games seru lainnya yang layak buat dimasukkan ke anggaran lo tahun ini. Rilisan dari Vicarious Visions ini juga patut masuk hitungan game yang ditunggu-tunggu. Apalagi secara genre cukup berbeda dari beberapa game kebanyakan. Buat lo yang suka skate dan game tetapi nggak bisa keluar buat main, game ini bisa jadi pilihan sempurna.

 

 

 

Sources: Polygon,  TheVerge, EuroGame