• Hobby
  • Contoh Membuat Premis Film untuk Skenario Film Singkat

Contoh Membuat Premis Film untuk Skenario Film Singkat

Wed, 29 August 2018

Sebelum membuat sebuah skenario film, lo harus mengetahui premis yang ada di film tersebut. Jika lo mempunyai ide cerita atau imajinasi cerita yang liar, lo akan kesulitan ketika membuat skenario jika lo nggak mempunyai premis yang pas. Kenapa demikian? Premis menjadi ide cerita yang pas karena terdapat karakter, konflik, dan juga kesimpulan.

 

Membuat Premis Film untuk Skenario Film Singkat

Untuk lo yang belum mengerti apa itu premis, premis adalah penjabaran deskripsi film dalam satu kalimat saja. Jadi, jika lo belum bisa menjelaskan film dalam satu kalimat, lo akan kesulitan dalam penjabaran ketika membuat skenario. Nah, melalui artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara membuat premis dalam membuat skenario film singkat.

 

Bagi Antara Karakter, Konflik, dan Kesimpulan

 

 

Cara pertama yang bisa lo lakukan untuk membuat premis film adalah menentukan karakter, konflik, dan kesimpulan. Misalnya untuk karakter, lo bisa menjabarkan siapa saja karakternya, apa hubungannya, siapa protagonisnya, dan lain-lain. Kemudian hubungkan bagaimana konflik antara karakter, dari situ akan terlihat apa saja masalah yang akan muncul. Jangan lupa pikirkan bagaimana ending-nya, ini akan membantu lo membuat premis film.

 

Buat Cerita

 

 

Selanjutnya adalah buat cerita dari karakter dan konflik. Ada beberapa jenis cerita dari sebuah premis. Pertama adalah premis sederhana yang terdiri dari konflik dan bagaimana solusinya. Kedua adalah premis cerita yang tanpa menjelaskan siapa karakter. Sedangkan ketiga adalah cerita yang berupa pertanyaan. Lalu, terakhir adalah premis cerita yang mempunyai awal dan akhir yang sama. Dari ini lo bisa membuat cerita dari premis.

 

Melihat Contoh Premis dari Film Lain

 

 

Jika lo masih bingung bagaimana sebuah premis film dibuat, lo bisa melihat contoh dari premis lain. Misalnya premis dari The Avengers: Infinity War, yaitu “The Avengers dan teman-temannya harus berkorban untuk mengalahkan musuh kuat Thanos sebelum dia menghancurkan dan menguasai dunia”. Kemudian ada premis film Titanic (1997), yaitu “Seorang bangsawan berusia 17 tahun jatuh cinta kepada seorang seniman miskin di atas kapal pesiar mewah tetapi bernasib buruk”.

 

Itulah cara yang bisa lo lakukan untuk membuat premis sebelum menulis skenario. Semoga dengan cara di atas lo akhirnya bisa membuat premis yang pas untuk film singkat lo.

 

 

Source: writermag.com

Cowok Minder Buat Masak? 5 Trik Ini Langsung Bikin Lo Jadi Jago!

Mon, 28 September 2020
5 tips dan trik ini bisa bikin lo langsung jago masak di rumah!

Siapa bilang sih kalau cowok itu nggak bisa masak? Percaya atau nggak, kalau kebanyakan chef di luar sana itu laki-laki, bro! Makanya, kalau lo masih minder buat masak, buang jauh-jauh deh rasa minder itu. Atau lo minder karena nggak tahu tips dan trik kalau masak?

Bro, ada satu hal yang perlu lo ingat soal masak, anyone can cook! Jadi siapapun bisa masak bahkan jago masak. Lagipula, memasak itu adalah salah satu kegiatan yang bisa memicu proses kreatif yang ada di dalam diri lo nih.

Jadi, kalau proses kreatif yang ada di dalam diri lo terus terpicu dan terpacu, pastinya lo bakal jadi semakin produktif. Itulah nilai positifnya dari memasak. Nah, sekali lagi nih, kalau lo sebagai laki-laki masih minder buat masak, tenang bro, di bawah ini ada tips dan triknya biar langsung jago masak.

Sekalipun lo sebagai pemula, tapi tips dan trik di bawah ini bakal bikin diri lo siap buat masak berbagai menu. By the way, lo sudah pernah coba menu apa saja nih? Bagaimana kalau buat steak enak di rumah? Mumpung lagi WFH, lo bisa coba berbagai resep, bro!

Terkait masak-memasak, seperti yang tadi sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau memasak juga ada tips dan triknya nih. Daripada lo makin penasaran dan menebak-nebak sendiri seperti apa sih tips dan trik yang dimaksud, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Rice Cooker Bisa Bantu Lo Masak Apapun!

5 tips dan trik ini bisa bikin lo langsung jago masak di rumah!

Credit Image: greatist.com

Siapa bilang kalau rice cooker hanya bisa untuk memasak atau menanak nasi saja? Gini bro, di dunia memasak yang kreatif, rice cooker bisa bantu diri lo buat masak apapun yang lo mau. Lho nggak percaya?

Misalnya lo mau memasak sop ayam. Ini mudah banget bro. Lo tinggal siapkan potongan ayam yang sudah dibersihkan. Isi rice cooker dengan air secukupnya, lalu taruh potongan ayam tersebut di dalamnya. Panaskan sejenak, jika sudah terlihat mengeluarkan kaldu, lo bisa tambahkan kondimen lainnya.

Seperti potongan wortel, kentang, buncis, atau bahkan jamur – lalu jangan lupa buat seasoning! Ini penting banget biar sop ayam buatan lo semakin berasa bumbunya. Aduk sampai rata, lalu panaskan dengan tutup penutup rice cooker. Jika sudah mendidih atau mengeluarkan uap – tinggal lo buka, aduk-aduk lagi – lalu sop ayam siap buat disantap!

Cuma buat main course saja? Nggak juga bro – rice cooker bahkan bisa lo gunakan untuk membuat dessert atau makanan penutup yang manis-manis. Oleh karena itu, mempunyai rice cooker dan bisa menggunakannya secara maksimal adalah salah satu pondasi buat jago masak, bro!

 

Tips Mengupas Kentang

5 tips dan trik ini bisa bikin lo langsung jago masak di rumah!

Credit Image: thekitchn.com

Kentang adalah salah satu bahan makanan yang bisa menggantikan keberadaan nasi di piring lo. Buat lo yang suka bikin steak, olahan kentang adalah kondimen terbaik buat menemani steak yang ada di piring lo.

Tapi permasalahannya adalah terkadang sulit banget buat menguliti kentangnya. Benar nggak bro? Oleh karena itu, di tahap yang satu ini, lo bisa merebus kentangnya terlebih dahulu. Tunggu sampai dua menit, lalu angkat dan masukan ke wadah yang sudah berisikan air dingin.

Setelah itu, lo bisa ambil kentangnya lalu bisa dengan mudah lo kuliti dengan tangan kosong. Tidak perlu pakai pisau, tidak perlu pakai peeler. Mindblown? Coba dulu bro, ini bakal makin membuat proses masak lo lebih cepat!

 

Siap Memanfaatkan Bahan yang Ada

Bahan sesederhana apapun sebenarnya bisa lo jadikan masakan, bro. Asal bumbunya ada, dan bahan makanan utamanya juga ada. Teknik memasak itu banyak sekali. Bisa lo rebus dijadikan sup, bisa lo panggang, goreng, dan masih banyak lainnya.

Nah, tahap yang satu ini mesti lo biasakan terlebih dahulu. Lo bisa memulai dengan mencoba resep-resep mudah dan sederhana untuk membiasakan diri memasak dengan bahan seadanya saja. Kalau sudah terbiasa seperti ini, mau masak apa saja akan jadi mudah, bro!

 

Menggoreng Lalu Lengket?

5 tips dan trik ini bisa bikin lo langsung jago masak di rumah!

Credit Image: freepik.com

Salah satu permasalahan yang cukup membuat makanan jadi hancur adalah proses menggoreng yang salah dan bahan makanan jadi lengket ke wajan penggorengan. Satu hal yang perlu lo ketahui, jangan ditambahkan minyak, bro!

Kalau asumsi lo menambahkan minyak nanti jadi licin dan tidak lengket – sepertinya lo kurang tepat. Salah satu trik untuk membetulkan hal ini adalah menambahkan air sedikit ke bahan makanan yang lengket di wajan penggorengan.

Setelah itu, bisa lo akali dengan perlahan membalik atau mengambil bahan makanan tersebut dari wajan. Jangan lupa, mainkan temperatur di mana lo bisa mengecilkan api di kompor sehingga bahan makanan yang sedang lo goreng bisa diselamatkan dari lengketnya penggorengan.

 

Berani Bermain Dengan Bumbu

Menurut lo nih bro, apa sih yang membuat proses memasak bisa memicu kekreativitasan seseorang? Salah satunya adalah berani untuk bermain dengan bumbu masakan, bro. Asal tidak keluar jalur, lo bisa berani untuk memberi bumbu pada masakan.

Lalu bagaimana kalau keasinan, atau kemanisan, atau bahkan jadi hambar? Bro, semua bumbu bisa menyeimbangkan masakan lo asal lo tahu bagaimana menggunakannya. Jadi jangan takut buat bermain dengan bumbu karena proses ini adalah salah satu proses kekreativitasan lo terpacu.

Wah bagaimana nih bro? Dari segala penjelasan yang sudah ada di atas – masa mau minder lagi? Nggak dong ya! Pastikan dari sekarang lo berani mencoba memasak di rumah bro!

 

Feature Image – genesmart.com