Home Hobby Contoh Membuat Premis Film untuk Skenario Film Singkat

Contoh Membuat Premis Film untuk Skenario Film Singkat

Wednesday, August 29, 2018 - 15:50
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sebelum membuat sebuah skenario film, lo harus mengetahui premis yang ada di film tersebut. Jika lo mempunyai ide cerita atau imajinasi cerita yang liar, lo akan kesulitan ketika membuat skenario jika lo nggak mempunyai premis yang pas. Kenapa demikian? Premis menjadi ide cerita yang pas karena terdapat karakter, konflik, dan juga kesimpulan.

 

Membuat Premis Film untuk Skenario Film Singkat

Untuk lo yang belum mengerti apa itu premis, premis adalah penjabaran deskripsi film dalam satu kalimat saja. Jadi, jika lo belum bisa menjelaskan film dalam satu kalimat, lo akan kesulitan dalam penjabaran ketika membuat skenario. Nah, melalui artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara membuat premis dalam membuat skenario film singkat.

 

Bagi Antara Karakter, Konflik, dan Kesimpulan

 

 

Cara pertama yang bisa lo lakukan untuk membuat premis film adalah menentukan karakter, konflik, dan kesimpulan. Misalnya untuk karakter, lo bisa menjabarkan siapa saja karakternya, apa hubungannya, siapa protagonisnya, dan lain-lain. Kemudian hubungkan bagaimana konflik antara karakter, dari situ akan terlihat apa saja masalah yang akan muncul. Jangan lupa pikirkan bagaimana ending-nya, ini akan membantu lo membuat premis film.

 

Buat Cerita

 

 

Selanjutnya adalah buat cerita dari karakter dan konflik. Ada beberapa jenis cerita dari sebuah premis. Pertama adalah premis sederhana yang terdiri dari konflik dan bagaimana solusinya. Kedua adalah premis cerita yang tanpa menjelaskan siapa karakter. Sedangkan ketiga adalah cerita yang berupa pertanyaan. Lalu, terakhir adalah premis cerita yang mempunyai awal dan akhir yang sama. Dari ini lo bisa membuat cerita dari premis.

 

Melihat Contoh Premis dari Film Lain

 

 

Jika lo masih bingung bagaimana sebuah premis film dibuat, lo bisa melihat contoh dari premis lain. Misalnya premis dari The Avengers: Infinity War, yaitu “The Avengers dan teman-temannya harus berkorban untuk mengalahkan musuh kuat Thanos sebelum dia menghancurkan dan menguasai dunia”. Kemudian ada premis film Titanic (1997), yaitu “Seorang bangsawan berusia 17 tahun jatuh cinta kepada seorang seniman miskin di atas kapal pesiar mewah tetapi bernasib buruk”.

 

Itulah cara yang bisa lo lakukan untuk membuat premis sebelum menulis skenario. Semoga dengan cara di atas lo akhirnya bisa membuat premis yang pas untuk film singkat lo.

 

 

Source: writermag.com