• Hobby
  • Fotografer Indonesia Raih Medali Emas pada Kontes Foto Nikon di Jepang

Fotografer Indonesia Raih Medali Emas pada Kontes Foto Nikon di Jepang

Fri, 13 September 2019
Thaib Chaidar menerima penghargaan dari Kontes Foto Nikon.

Selama ini, prestasi internasional yang didapatkan oleh putra dan putri bangsa sering kali berasal dari bidang olahraga. Bahkan baru-baru ini pasangan atlet Hendra dan Ahsan menang di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019. Namun, ada juga prestasi internasional datang dari bidang fotografi. Seorang fotografer asal Indonesia, yaitu Thaib Chaidar, berhasil memenangkan kontes foto Nikon di Jepang.

 

Menang Berkat Foto Bertema Harapan

Foto-foto Thaib Chaidar hadir dalam nuansa hitam putih, membuatnya tampak lebih dramatis.

Pada kontes foto Nikon di Jepang, Thaib Chaidar berhasil mendapatkan medali emas untuk kategori umum. Ia menang berkat hasil fotonya yang mengangkat tema hope atau harapan. Foto-foto ini diambil saat Thaib datang ke Papua Barat untuk meliput sebuah klinik yang sedang melakukan operasi katarak gratis kepada orang-orang yang membutuhkan.

Di klinik tersebut, ia melihat seorang wanita dengan ekspresi yang terlihat sedih. Ternyata ia menderita penyakit katarak permanen. “Namun, wanita dalam subjek ini menuju pemulihan setelah operasi,” kata Thaib seperti yang dikutip dari situs goodnewsfromindonesia.id.

 

Bawa Pulang Kamera Nikon Baru dan Hadiah Uang Tunai

Terlihat seorang pasien sedang menjalani perawatan operasi katarak.

Bangga tentunya bisa mewakili Indonesia di event fotografi internasional dan berhasil mendapatkan medali emas. Selain rasa bangga, Thaib juga pulang membawa sejumlah hadiah dari kontes foto Nikon ini. Masing-masing pemenang medali emas berhak mendapatkan sebuah kamera mirrorless Nikon Z7 dengan lensa 24-70 mm atau kamera DSLR Nikon D85. Nggak cuma itu, pihak penyelenggara event juga menyiapkan hadiah uang tunai sebesar 500.000 Yen atau sekitar 66 juta Rupiah.

 

Hasil Foto Dipamerkan di Tokyo

Seorang pasien wanita menjalani operasi katarak.

Seluruh hasil jepretan Thaib tersebut dipamerkan di 2 lokasi selama tanggal 7-13 November 2019. Lokasi pertama adalah Museum Nikon, 2-15-3 Konan, Minato-ku, Tokyo Shinagawa Intercity C Lantai 2. Sedangkan, lokasi kedua adalah Galeri Nikon Plaza Osaka Hilton Plaza West Office Tower 13F, 2-2-2, Umeda Kita-Ku, Osaka.

Tentunya lo juga bisa melihat hasil foto dari para fotografer pemenang lain, Urbaners. Tahun ini, kontes foto Nikon diikuti oleh 33.000 fotografer dari 170 negara, dengan total 97.369 foto yang dilombakan.

 

Ikut bangga rasanya melihat ada fotografer asal Indonesia seperti Thaib Chaidar yang berhasil menorehkan prestasi di kancah internasional. Bagi yang hobi fotografi juga, semoga lo bisa segera menyusul jejak Thaib, ya!

 

 

Sources: tekno.kompas.com, goodnewsfromindonesia.id

Top 4 Game PS4 yang Rilis Tahun 2020

Fri, 03 April 2020
Dua orang tampak sedang memegang konsol dan bermain game

Tahun 2020 bisa jadi tahunnya para pencinta game. Pasalnya, ada sekitar lebih dari 30 game yang akan dirilis untuk konsol Playstation 4 (PS4). Beberapa dari game yang dirilis tahun ini ada yang merupakan game remake, game sekuel, dan sisanya adalah game baru. Sepertinya lo harus benar-benar bisa meluangkan waktu dan menyisihkan uang untuk bisa memainkan rentetan game keren yang akan keluar tahun ini.

Dari banyak game PS4 yang akan dirilis tahun ini, ada beberapa game yang paling dinanti-nantikan serta dibicarakan oleh para gamers. Empat dari sekian banyak game tersebut akan diulas di bawah ini, sebagai teaser pembuka sebelum lo akhirnya bersenang-senang dan seru-seruan dengan game PS4 berikut.

 

Final Fantasy 7 Remake

Cloud Strife dan Tifa Lockhar berdiri bersisian

Pihak Sony akhirnya mengeluarkan kabar gembira yang sudah lama diantisipasi oleh para gamers. Final Fantasy 7 Remake yang sudah diisukan akan dikembangkan sejak tahun 2015 dengan teaser yang rilis di akhir tahun 2019 lalu, akhirnya akan resmi rilis per tanggal 10 April tahun ini. Buat lo yang anak 90-an pasti sudah tahu seri game populer yang satu ini.

Tampil dengan kualitas visual yang lebih baik, game ini akan diluncurkan dengan konsep real time combat yang orisinil. Ini berarti akan lebih banyak pertarungan dalam game remake yang satu ini. Set-nya pun dikabarkan akan diluncurkan dalam beberapa instalasi.

 

Resident Evil 3 Remake

Dua karakter utama dalam game Resident Evil 3 Remake

Satu lagi game PS4 yang akan dirilis kembali dalam bentuk remake selain Final Fantasy 7. Dengan genre survival horror, Resident Evil 3 Remake rilis tanggal 3 April 2020 ini. Setelah sukses dengan Resident Evil 2 Remake, Capcom kembali hype dibicarakan karena kembali membuat game remake stage 3 game ini.

Dalam game ini juga terdapat fitur single-player, termasuk juga 4v1 multiplayer game, Resident Evil Resistance. Sebagai Mastermind di game ini, lo bisa bereksperimen dalam aksi-aksi heroik. Ditambah, lo bisa mengontrol senjata biologi seperti G-Birkin dan Tyrant. Sementara saat lo bermain sebagai Survivors, lo harus bekerja sama untuk melakukan pelarian agar selamat di dalam game. Capcom membawa kembali cerita orisinil Resident Evil di game remake yang satu ini. Ide bagus untuk bermain game sekalian bernostalgia, bukan?

 

Doom Eternal

Karakter game dengan preator helmet dan pedang

Game berikut ini adalah sekuel dari Doom yang rilis di tahun 2016. Bedanya, Doom Eternal hadir dengan lebih banyak jenis senjata yang bisa lo gunakan saat bermain, termasuk banyak gerakan baru, dan musik metal yang menghentak selama permainan berlangsung.

ID Software kembali merilis sekuel lanjutan, plot cerita, dan perlengkapan yang ditingkatkan menjadi lebih baik daripada game sebelumnya. Dengan premis serupa, yakni misi menyelamatkan bumi yang akan diporak-porandakan, game ini juga akan dilengkapi dengan fitur multiplayer yang bisa memungkinkan lo untuk mengontrol para demon di game. Khusus untuk edisi kolektornya, lo bisa mendapatkan set Preator Helmet.

 

Ghost of Tsushima

Karakter Jin tampak sedang berdiri sambil memegang katana

Akan rilis Juni tanggal 26 tahun ini, game dengan genre open-world adventure ini bercerita tentang karakter seorang Samurai bernama Jin yang melawan musuh-musuhnya para tentara Mongol sementara desa tempat tinggalnya dibakar dalam serangan tahun 1274 di Jepang. Dari segi visual dalam teaser-teaser yang dirilis, game ini benar-benar menarik dan dinantikan oleh para gamers.

Sony menggarap game dengan tema kolosal ini dengan aksi-aksi tempur yang memukau. Termasuk berkuda, tebasan, dan permainan pedang yang ciamik dengan pertarungan taktikal yang tentu saja akan sangat seru. Di antara banyaknya game berbasis senjata api, game dengan konsep Samurai ini bisa jadi sangat menyegarkan dan patut lo coba.

 

 

 

Sources: Games Radar, Hobi Game, Tech Radar