Home Hobby Jakarta Inline Skate Community (JISCO): Meluncur Mencari Kebebasan
Jakarta Inline Skate Community (JISCO): Meluncur Mencari Kebebasan

Jakarta Inline Skate Community (JISCO): Meluncur Mencari Kebebasan

Wednesday, May 15, 2019 - 16:59
Bagikan
Facebook Twitter Email

Di balik gedung-gedung tinggi dan padatnya pemukiman penduduk di Ibukota Jakarta, ada sekumpulan anak muda yang setiap minggunya berkumpul di sebuah taman. Mereka meluncur dengan sepatu roda dan memamerkan berbagai gaya dan trik yang mengundang decak kagum. Ya, itulah komunitas Jakarta Inline Skate Community (JISCO), yang merupakan wadah bagi penghobi sepatu roda di Jakarta. Selain kegiatan latihan rutin setiap pekan, komunitas ini turut aktif di berbagai kompetisi, dan juga kerap menggelar acara bakti sosial dan charity, lho!

 

Wadah Penghobi Sepatu Roda di Ibukota

Wadah Penghobi Sepatu Roda di Ibukota

Berbicara soal inline skate, sebenarnya olahraga yang satu ini tergolong dalam olahraga ekstrem. Butuh nyali dan keseimbangan yang baik untuk memainkannya. Soalnya, berbeda dengan sepatu roda pada umumnya yang memiliki dua roda di depan dan dua roda di belakang, inline skate hanya memiliki roda dua, tiga, empat atau lima yang disusun dalam satu garis lurus.

Olahraga dan permainan sepatu roda sendiri mulai booming di Indonesia sejak tahun 1990-an dan terus berkembang hingga saat ini. Seiring perkembangannya, komunitas yang menjadi wadah yang menyatukan para pencinta sepatu roda pun muncul. Di Ibukota Jakarta sendiri, ada salah satu komunitas yang cukup ternama yaitu Jakarta Inline Skate Community (JISCO).

Sebagai komunitas, JISCO mewadahi para penghobi sepatu roda, baik para pemain pro maupun mereka yang sekedar ingin bermain seru-seruan saja. Karena penggemar sepatu roda itu nggak kenal usia, anggota JISCO pun berasal dari berbagai kalangan dan lintas usia. Mulai dari anak muda, sampai dewasa, pelajar, mahasiswa hingga pekerja. Bahkan ibu rumah tangga pun ada yang menjadi bagian dari komunitas ini!

“Jakarta Inline Skate Community adalah komunitas inline skate di Jakarta yang menjadi tempat berkumpulnya semua jenis permainan inline skate,” kata Putra G Waluyo, ketua komunitas JISCO.

 

Berawal dari Kumpul-kumpul saat Car Free Day

Terbentuknya komunitas ini hanya dimulai dari hal sederhana. “Awalnya kita cuma dari beberapa anak yang memakai sepatu roda bertemu di Bundaran HI pada saat car free day, lama kelamaan semakin banyak dan akhirnya kita membentuk komunitas Jakarta Inline Skate pada tahun 2015,” ujar Yuta, sapaan Putra G Waluyo.

Setelah JISCO resmi berdiri pada 19 Januari 2015, mereka mulai menyusun jadwal kumpul dan latihan rutin. Selain di acara car free day, Taman Menteng yang terletak di Jakarta Pusat menjadi tempat latihan dan rolling setiap Jumat malam. Kehadiran komunitas ini ternyata berdampak positif bagi perkembangan peminat sepatu roda di Ibukota.

“Pertama latihan kita cuma 10 sampai 20 orang, selama empat tahun berdiri, keanggotaan komunitas ini makin bertambah banyak hingga saat ini mencapai 200 orang lebih,” kata Yuta.

Untuk bergabung jadi anggota, caranya cukup simple dan nggak ada syarat khusus. Lo cukup bawa sepatu roda dan ikut berkumpul di Taman Menteng. Disamping itu, tentunya lo harus taat pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta peraturan organisasi.

“Bagi teman-teman yang ingin bergabung, langsung saja join ke basecamp kita,” ujarnya.

 

Berlatih Trik Ekstrem hingga Bakti Sosial

Berlatih Trik Ekstrem hingga Bakti Sosial

Padatnya ibukota Jakarta tak menghalangi penggemar sepatu roda untuk menyalurkan hobi mereka. Ketua JISCO, Yuta mengatakan bahwa sepatu roda sebenarnya adalah olahraga yang simpel, fleksibel, dan bisa dilakukan di berbagai ruang terbuka. Kalau lo mau lebih jago dalam memainkannya, lo bisa ikutan agenda rutin dari JISCO untuk belajar bareng.

Salah satu agenda rutin setiap kumpul adalah rolling atau meluncur dengan berbagai trik freestyle seperti slalom, roller jump, where is the front, dan aksi lainnya. Meskipun nggak gampang untuk melakukan berbagai trik tersebut, anggota komunitas selalu saling berbagi ilmu dan teknik dalam bermain sepatu roda. Jadi, buat lo yang masih pemula dan mau ikutan, nggak perlu khawatir. Apalagi, beberapa anggota komunitas JISCO juga merupakan orang-orang profesional di bidang ini.

“Anggota kami terdiri dari  berbagai kategori seperti Urban Skate, Freestyle slalom, Recreation skate, dan Aggressive Inline Skate,” kata Yuta.

Nggak sebatas mengasah kemampuan personal, JISCO turut aktif berpartisipasi di kejuaraan sepatu roda baik tingkat daerah dan nasional. “Kejuaraan yang terakhir kami ikuti adalah V3 Open Bekasi, disana berhasil Juara 1 Skate Cross Pemula Putri dan juara 2 Skate Cross Pemula Putra,” ujarnya.

Selain kegiatan yang bersifat latihan dan perlombaan, komunitas ini juga sering menyelenggarakan berbagai kegiatan amal seperti bakti sosial, family gathering, downhill, rolling bersama yatim dan charity.

Menurut Yuta, berbagai kegiatan itu membawa dampak positif bagi anggotanya. Selain mempererat tali silaturahmi mereka juga semakin memperkenalkan permainan dan olahraga sepatu roda kepada masyarakat. “Dampak positifnya kita jadi semakin banyak teman dan sehobi,” katanya.

Nah, buat lo yang hobi main sepatu roda atau kepingin coba belajar, langsung aja ikutan JISCO di Taman Menteng setiap Jumat malam!