Komunitas Fotografi Jakarta untuk Para Pemula - MLDSPOT
  • Hobby
  • Komunitas Fotografi Jakarta untuk Para Pemula

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Para Pemula

Fri, 11 August 2017
Komunitas Fotografi Pemula di Jakarta

Apa pun ilmunya, belajar bisa lo lakukan di mana saja. Lo nggak harus terpaku pada buku atau informasi yang didapat dari internet. Terutama untuk bidang-bidang seperti fotografi, lo justru harus lebih sering praktik begitu mendapatkan ilmu dasarnya. Kabar baiknya, sekarang kegiatan fotografi sudah banyak menjamur di Indonesia, khususnya kota-kota besar seperti Jakarta. Lo bahkan bisa bergabung dengan komunitas fotografi Jakarta untuk mempertajam ilmu fotografi.

Nggak cuma itu, bergabung dengan komunitas fotografi pemula juga bisa membantu lo untuk menjalin networking dengan sesama fotografer. Jangan merasa malu meskipun lo masih merupakan seorang pemula. Lo justru bisa mendapatkan feedback, saran, dan kritik untuk meningkatkan ilmu fotografi lo. Jadi, singkirkan rasa malu tersebut dan bergabunglah dengan salah satu dari beberapa komunitas fotografi Jakarta berikut ini.

 

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula: Komunitas Belajar Fotografi

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula: Komunitas Belajar Fotografi

The title says it all, Urbaners. Komunitas Belajar Fotografi yang disingkat JARI menerima siapa pun fotografer yang ingin bergabung dengan mereka, nggak peduli kamera apa yang lo gunakan, baik kamera profesional atau kamera ponsel biasa. JARI berharap dengan berkumpulnya fotografer pemula serta para praktisi profesional, komunitas mereka bisa memajukan dunia fotografi di Indonesia. 

Setiap bulannya, JARI biasanya mengadakan acara kumpul bersama selama dua kali. Bagi yang ingin bergabung dengan komunitas fotografi satu ini, lo bisa langsung berkunjung ke akun Facebook mereka. Hingga tulisan ini ditulis, anggota grup JARI di Facebook sudah mencapai lebih dari 100.000, Urbaners!

 

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula: Instanusantara

 Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula : Instanusantara

Thanks to Instagram, sekarang bergabung dengan komunitas fotografi pemula nggak lagi susah. Salah satu komunitas fotografi terbesar di Indonesia yang berbasis di Instagram adalah Instanusantara (@instanusantara). Pertama kali berdiri pada tahun 2012, kini Instanusantara sudah memiliki lebih dari 208.000 followers. Tentunya ribuan followers tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Nah, selain akun utama, Instanusantara juga memiliki beberapa akun regional yang membawahi anggota-anggotanya di daerah tertentu.

Salah satunya adalah Instanusantara Jakarta (@instanusantarajakarta), yang merupakan akun regional bagi para anggota di Jakarta dan sekitarnya. Untuk bergabung dengan Instanusantara Jakarta, lo bisa add akun LINE mereka dengan username “instanusantarajkt”, lalu kirim chat personal. Ini merupakan kesempatan bagus bagi lo untuk belajar fotografi dengan sesama fotografer pemula di Jakarta.

 

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula: National Geographic Indonesia Online

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula : National Geographic Indonesia Online

Awalnya, komunitas fotografi satu ini dikenal melalui situsnya di alamat fotokita.net. Situs tersebut menjadi media bagi para fotografer untuk berbagi pengetahuan dan karya tentang fotografi. Foto Kita mempunyai penilaian dan kriteria khusus dalam menayangkan karya-karya fotografi terbaik. Asiknya, Foto Kita bakal memilih dua foto terbaik untuk dimuat di majalah National Geographic Indonesia setiap bulannya.

Lo mungkin harus bersaing dengan para fotografer yang lebih berpengalaman agar karya lo bisa dimuat di majalah National Geographic Indonesia. Namun, di sinilah lo bisa belajar banyak dari mereka. Serap sebanyak mungkin ilmu, lalu minta para anggota komunitas untuk menilai hasil jepretan lo. Siapa tahu karya lo yang bakal dimuat di majalah National Geographic Indonesia pada bulan berikutnya, Urbaners! 

 

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula: Kelas Pagi Anton Ismael Jakarta Photography

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula : Kelas Pagi Anton Ismael Jakarta Photography

Anton Ismael adalah salah satu fotografer profesional terbaik yang berbasis di Jakarta. Pada tahun 2006, ia merintis sekolah fotografi gratis berbasis komunitas. Dinamakan Kelas Pagi karena kelas fotografi Anton Ismael memang dimulai pada pukul 06.00 hingga 11.00 WIB. Sejak pertama kali berdiri hingga sekarang, Kelas Pagi Anton Ismael Jakarta Photography sudah meluluskan sembilan angkatan. Dari yang awalnya cuma mendirikan pameran fotografi sederhana, kini Kelas Pagi sudah bisa menyelenggarakan pameran dengan kualitas tinggi.

Tertarik buat bergabung dengan komunitas fotografi satu ini, Urbaners? Lo bisa langsung mengunjungi situs resminya mereka atau langsung datang ke Gudang Sarinah Ekosistem, Jalan Pancoran Timur II No. 4E. Selain di Jakarta, Kelas Pagi Antos Ismael juga sudah buka di Yogyakarta, lho.

 

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula: Id-Photographer

Komunitas Fotografi Jakarta untuk Pemula : Id-Photographer

Komunitas fotografi pemula terakhir yang bisa coba lo daftar adalah Id-Photographer. Untuk bergabung, lo bisa mengunjungi situs resmi mereka. Di situs tersebut, terdapat banyak hasil jepretan pada anggotanya. Nggak cuma itu, komunitas satu ini bahkan cukup rutin update tentang berbagai lomba fotografi yang sedang diselenggarakan.

Nggak ada batasan usia untuk bisa bergabung dengan Id-Photographer, tapi memang lo harus mendaftar secara online dulu. Id-Photographer dapat menjadi wadah oke buat lo para fotografer pemula untuk mendapatkan teknik dan metode tepat dalam berkecimpung di dunia fotografi.

 

Bagaimana Memilih Komunitas Fotografi yang Tepat untuk Pemula

Selain komunitas fotografi Jakarta untuk pemula yang disebutkan di atas, terdapat banyak komunitas fotografi lainnya yang bisa lo ikuti. Pada dasarnya tidak ada kriteria khusus untuk memilih komunitas fotografi untuk pemula yang mana yang bisa lo ikuti. Namun, bagi lo yang masih pemula dalam fotografi, tentu akan lebih baik jika lo memilih komunitas fotografi yang bisa memberikan lo ilmu dan berbagai pengetahuan dalam mengasah kemampuan fotografi.

Dalam hal ini, lo bisa melihat dengan seksama prosedur yang ada pada setiap komunitas dalam hal pembelajaran. Komunitas yang menyediakan media untuk bisa mendapat masukan dan saran serta yang bisa menjadi wadah diskusi dan tukar pikiran tentang fotografi tentu akan memudahkan proses belajar lo dalam hal fotografi.

Sudah nggak ada alasan buat lo untuk merasa rendah diri karena belum punya jam terbang tinggi sebagai fotografer. Para fotografer profesional juga mengawali karir sebagai pemula, kok. Kelima komunitas fotografi di atas bisa membantu lo untuk meningkatkan skill lo, khususnya bagi yang ada di Jakarta.

 

Sources: ganlob.com, fotokita.net, jasafotojakarta.com, bitebrands.co, saveseva.com, kelaspagi.com

Bukan Jenis Genre, Ini Arti dari Band Indie Indonesia yang Sebenarnya!

Wed, 17 March 2021
Band Indie Indonesia

Gaya musik sekarang ini emang beragam banget, kalo kemarin sempet ngebahas Indonesian City Pop sama Irama Nusantara dan genre Lo-Fi yang sekarang juga banyak peminatnya, ada satu genre – yang sebenarnya juga bukan genre, yang saat ini banyak diminati, yaitu Indie!

Semakin banyaknya muncul band indie Indonesia membuat para penikmat musik awam menganggap bahwa indie merupakan sebuah genre. Nyatanya, indie bukan genre ataupun gaya musik, bro!

Identik dengan musik dan lagu yang easy listening dan memiliki lirik yang kreatif, musik Indie memnghadirkan Terus kenapa kehadiran band indie Indonesia bisa membawa pemahaman kalau Indie merupakan sebuah genre? Langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini, bro!

Mengenal Arti Indie yang Sebenarnya

Band Indie Indonesia

Credit image – Careers in Music

Sebelum dikenal sebagai sebuah genre, Indie sebenarnya memiliki arti independen – atau sesuatu yang bersifat mandiri, bebas, atau bahkan ‘merdeka’. Indie dalam musik digambarkan sebagai sesuatu yang dilakukan sendiri, bebas, tanpa ada gangguan dari pihak lain yang mencoba mengatur proses produksi.

Hal ini dilakukan oleh seorang musisi atau band indie Indonesia biasanya memilih jalan ini untuk berkarya dengan bebas tanpa adanya label yang menaungi. Para musisi indie biasanya membiayai semua pengeluaran secara independen – mulai dari biaya produksi, pemasaran sampai distribusinya.

Sebutan indie  awalnya digunakan untuk membedakan antara musisi independen dengan musisi lain yang terikat label. Hal itu dilakukan untuk menekan bahwa musisi indie berada di label rekaman independennya sendiri dan lebih bebas mengekspresikan gaya musiknya ataupun dalam membuat suatu karya. 

Indie Bukan Genre, Bro!

Band Indie Indonesia

Credit image - Spotify

Pemahaman bahwa genre merupakan sebuah genre masih banyak dinilai salah oleh banyak orang. Seperti yang udah disebutkan di atas – jelas indie bukan sebuah genre, melainkan gerakan mandiri dari musisi untuk menciptakan karyanya.

Namun kata indie dapat menjadi tambahan deskriptif untuk sebuah genre, misalnya memberikan pemahaman dari perbedaan antara aspek musik dan aspek bisnis dalam musik. Misalnya: indie-rock, indie-pop, indie-rap, dan sebagainya. Tambahan deskriptif ini juga digunakan oleh platform musik Spotify untuk membuat playlist dari musisi-musisi Indie Indonesia – dengan judul IndieNesia.

Nggak heran lagu-lagu karya musisi indie terbilang unik dan beda dengan lagu kebanyakan – atau lagu-lagu yang biasa ada di peringkat Top 40. Hal inilah yang juga mendorong sebagian orang menganggap indie sebagai sebuah genre musik.

Idealisme Musisi dan Band Indie Indonesia

Tren musisi indie di Indonesia udah berkembang sejak era 80-an. Saat itu kemunculannya identik dengan musik punk-rock yang bergerak tanpa ada bantuan dari major label dan memproduksi musik dan karyanya sendiri tanpa terikat regulasi yang ada saat itu.

Hingga pada era 90-an, istilah indie berkembang menggantikan istilah underground. Saat ini, cukup banyak band-band indie bermunculan, menggambarkan bahwa indie memang terus berkembang di Indonesia. Seperti Sore, The S.I.G.I.T, Danilla Riyadi, dan lain-lain yang musiknya pasti udah sering lo denger.

Pastinya untuk bertahan di industri musik dengan cara yang mandiri ini terbilang susah-susah-gampang, karena biasanya hasil karya yang dipublikasikan akan lewat teman terdekat terlebih dulu dan melakukan konser sederhana ke kota-kota di Indonesia.

Tapi fenomena banyaknya musisi indie saat ini berhasil menghadirkan warna baru dalam industri musik Indonesia dan membuktikan bahwa dengan produksi dan promosi mandiri dapat bertahan di Industri musik.

Pergeseran Makna dari ‘Indie’

Band Indie Indonesia

Credit image – Outfit Styles

Pergeseran makna indie sendiri semakin jauh – nggak cuma dalam hal musik, tapi juga ke dalam gaya hidup. Seperti banyaknya orang yang menjadikan indie sebagai fashion. Pasti lo juga pernah denger kan kata-kata yang bilang; “style lo Indie banget, bro!”

Hal ini berangkat dari stigma musik indie merupakan sebuah genre dan identik dengan sore, senja, kopi, dan hal sebagainya. Padahal, indie nggak ada hubungannya dengan hal-hal tersebut!

Semua hanya menjadi stigma di masyarakat dan menganggap indie sebagai sesuatu yang menunjukan eksistensi diri – padahal sebenarnya nggak paham apa indie yang sebenarnya.

Sekarang lo udah paham kan – kalau indie itu bukan genre lagu, cuman emang gaya musik yang ditampilkan sama musisi indie emang berbeda dari musik-musik dari genre musik kebanyakan.

Kalau lo lebih suka denger yang mana nih, bro? mengingat lo lagi berkunjung ke MLDSPOT, udah jelas kalau lo penikmat jazz, kan?

 

Feature image – BlackXperience