Home Hobby Sebelum Mengunjungi Galeri Seni, Pahami Dulu Etikanya!
Sebelum Mengunjungi Galeri Seni, Pahami Dulu Etikanya!

Sebelum Mengunjungi Galeri Seni, Pahami Dulu Etikanya!

Thursday, May 23, 2019 - 11:10
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, lo nggak bisa sembarangan kalau mau berkunjung ke galeri seni. Ada etika dan aturan yang perlu lo pahami sebelum pergi ke galeri seni. Daripada salah dan malu-maluin diri sendiri, baca dulu peraturan apa saja yang diterapkan di galeri seni untuk para pengunjungnya!

 

Jangan sentuh karya seni

Jangan sentuh karya seni

 
Aturan pertama yang harus lo taati saat di galeri adalah nggak menyentuh segala macam karya yang dipamerkan, apapun itu, kecuali memang karya yang dibuat khusus untuk memberikan sentuhan pada pengunjung. Tahan tangan lo buat nggak memegang karya seni yang dipajang, entah itu patung, instalasi, maupun lukisan. Perhatikan juga jarak lo dengan karya seni, jangan terlalu dekat dengan karya dan melebihi garis batas yang sudah ditentukan.

 

Jangan pakai flash buat foto

Jangan pakai flash buat foto

Satu hal yang sering dilakukan pengunjung saat ke galeri seni adalah berfoto. Tapi, jangan pakai flash kalau mau ambil foto. Flash lama-kelamaan bisa merusak karya seni. Bayangkan berapa orang yang datang ke galeri seni dan pakai flash buat foto. Selesai pameran, semua karya seni bisa-bisa mengalami kerusakan karena flash kamera kalau nggak ada aturan ketat tentang hal ini. Jadi, kalau lo mau ke galeri seni dan berfoto dengan karya seni, pastikan lo sudah mematikan flash kamera.

 

Jangan sok tahu

Jangan sok tahu

Kalau kebetulan lo sudah tahu tentang suatu karya seni yang dipamerkan di galeri, jangan sekali-kali memberi komentar atau celetukan yang nggak dibutuhkan. Apabila memang lo sudah tahu soal karya seni tersebut, ada baiknya tahan diri untuk nggak melontarkan komentar dengan suara kencang. Ini akan mengganggu orang lain yang sedang menikmati karya seni yang sama.

 

Hargai karya yang ditampilkan

Hargai karya yang ditampilkan

Urbaners, seni adalah sebuah kebebasan seniman untuk mengekspresikan dirinya. Jadi, kalau misalnya lo menemukan karya seni yang menurut lo “nggak gue banget”, jangan asal mengkritik dan melontarkan rasa nggak suka lo pada karya tersebut. Hal ini akan menyinggung perasaan sang seniman, terlebih bila ia berada di tempat yang sama.

Di samping itu, lo juga bisa menambah ilmu dengan berkunjung ke galeri seni. Caranya, baca informasi yang tertera pada tiap karya seni. Jangan cuma lewat dan numpang foto saja ya, Urbaners!

 

 

Sources: lifestyle.kompas.com