Home Hobby Shigeru Otani yang Konsisten Menjadi Artis Tanah Liat Kontemporer

Shigeru Otani yang Konsisten Menjadi Artis Tanah Liat Kontemporer

Friday, August 31, 2018 - 19:21
Bagikan
Facebook Twitter Email

Jepang mempunyai kerajinan tangan tertua, yaitu tembikar dan porselen yang sudah ada sejak 300 tahun sebelum Masehi. Memang pada saat itu tembikar dan porselen merupakan kerajinan tangan favorit para raja dan kaisar. Lama-kelamaan, kerajinan tangan ini menjadi penghidupan sehari-hari masyarakat Jepang walaupun harus berbenturan dengan kesenian barat yang cenderung praktis dan lebih modern secara tampilan. Sekarang pengrajin tanah liat di Jepang hanya berjumlah ratusan.

Dari sedikit pengrajin tanah liat di Jepang, ada satu seniman yang ternyata masih konsisten dalam membuat sebuah karya. Dia adalah Shigeru Otani, dengan nama panggung Otani Workshop. Dirinya menjadi salah satu artis tanah liat dengan konsep kontemporer. Hypebeast membuatkan video khusus bagaimana Otani bangun pagi-pagi untuk menyelesaikan sebuah karya di sebuah pulau kecil di Jepang.

Membeli sebuah pabrik keramik

Shigeru Otani yang Konsisten Menjadi Artis Tanah Liat Kontemporer

Pulau Awaji menjadi sejarah bagaimana kerajinan tangan keramik di Jepang menghasilkan karya yang sangat eksotis. Di pulau kecil yang berada nggak jauh dari Kobe dan Osaka ini ada puluhan pabrik kecil pengrajin keramik. Sayangnya, setelah tragedi Great Hashin earthquake di tahun 1995, Pulau Awaji hancur. Shigeru Otani yang melihat beberapa pabrik keramik mulai ditinggalkan akhirnya membeli sebuah pabrik keramik di Awaji pada 2017.

Sebelum pindah ke Awaji, Otani selama 10 tahun bekerja di Shigaraki, Jepang. Dari situ karya-karya Otani mendunia. Salah satu ciri khas dari karya Otani adalah bentuk tanah liat yang sangat lucu dan nggak terlalu abstrak. Bahkan bisa dibilang karya dari Otani ini sangat unik karena lebih banyak berwujud kepala manusia yang sangat besar.

Perjuangan seniman keramik

Shigeru Otani yang Konsisten Menjadi Artis Tanah Liat Kontemporer

Di Indonesia sendiri, ada kisah dari Ugo Untoro, pemilik sekaligus pendiri dari Museum Dan Tanah Liat di Yogyakarta. Di museum tersebut, Ugo Untoro menampilkan lukisan serta patung dari seluruh seniman dari Indonesia. Hasil kerasnya tersebut sampai sekarang masih bisa lo lihat di daerah Bantul, Yogyakarta.

Kerja keras seniman yang bisa dibilang sangat anti-mainstream tersebut patut untuk diapresiasi, Urbaners. Lo bisa melihat karya dari Shigeru Otani di gallery-kaikakiki.com dan jangan lupa kunjungi Museum Dan Tanah Liat dari Ugo Untoro di Yogyakarta.

 

Source: hypebeast.com