Home Hobby Tips Perawatan Dasar untuk Kulit Pria Harus Lo Coba
 Tips Perawatan Dasar untuk Kulit Pria Harus Lo Coba

Tips Perawatan Dasar untuk Kulit Pria Harus Lo Coba

Tuesday, June 25, 2019 - 15:02
Bagikan
Facebook Twitter Email

Siapa bilang skincare cuma buat wanita? Para pria juga membutuhkan perawatan kulit wajah yang tepat. Bagaimana pun juga, penampilan luar jadi hal pertama yang bakal diperhatikan orang lain saat lo bertemu dan berkenalan. Lagi pula, dengan kondisi wajah yang baik, lo pasti juga bakal merasa lebih percaya diri dalam menjalani hari.

 

Rutin mencuci wajah dengan double cleansing

Rutin mencuci wajah dengan double cleansing

Lo mungkin berpikir bahwa mencuci wajah dengan sabun muka saja sudah cukup. Tapi nyatanya nggak begitu, Urbaners. Lo disarankan untuk melakukan double cleansing. Sebelum mencuci wajah dengan sabun khusus, sebaiknya lo membersihkan wajah dengan micellar water terlebih dulu. Sekarang ada banyak jenis micellar water yang dijual di pasaran sehingga lo bisa memilih yang sesuai kebutuhan.

Dengan double cleansing, lo bisa menghilangkan kotoran dan mengurangi minyak berlebih yang mengendap di pori-pori kulit. Masalahnya, kalau pori-pori tersumbat, biasanya kulit wajah bakal lebih rentan jerawatan dan tampak kusam. Lakukan double cleansing ini setiap pagi dan malam hari untuk hasil maksimal.

 

Eksfoliasi 2-3 kali dalam seminggu

Eksfoliasi 2-3 kali dalam seminggu

Membersihkan wajah nggak cukup hanya dengan membasuh dan mencuci muka dengan air. Lebih dari itu, lo harus membersihkan dan menggosok secara perlahan sel kulit mati. Sel kulit mati yang nggak terangkat bisa menyebabkan jerawat. Sebaliknya, dengan mengeluarkan sel kulit mati, kulit wajah lo bisa terasa halus dan tentunya bersih.

Namun, jangan lakukan setiap hari, ya. Eksfoliasi berlebihan justru bisa membuat kulit lo kering. Lakukan aja sekitar 2-3 kali dalam seminggu. Pilih produk eksfoliasi dengan scrub yang lembut dan mengandung bahan-bahan yang sesuai kondisi kulit wajah lo.

 

Jaga kelembapan kulit wajah

Jaga kelembapan kulit wajah

 
Kulit wajah yang kering bakal membuat lo terlihat kusam. Oleh sebab itu, pastikan lo selalu menjaga kelembapannya. Pilih pelembap wajah yang diperkaya dengan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kulit. Kalau bingung memilih, lo bisa bertanya kepada beauty advisor yang biasanya menjaga counter produk-produk skincare. Mereka bakal membantu lo memilih produk pelembap yang sesuai jenis kulit.

Agar kulit wajah memiliki kelembapan yang baik, aplikasikan produk pelembap pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur. Biasanya, ada pula produk pelembap yang dibedakan menjadi day cream dan night cream.

 

Jangan lupa pakai pelembap SPF

Jangan lupa pakai pelembap SPF

Coba berdiri di depan cermin, apakah di kulit wajah lo terdapat beberapa bintik hitam? Kemungkinan besar bintik-bintik hitam tersebut muncul akibat wajah yang terlalu sering terpapar sinar matahari. Parahnya, lo nggak menggunakan SPF untuk melindungi kulit wajah lo. Padahal, manfaat SPF ini cukup krusial, lho.

Dengan kulit wajah yang terlindungi SPF, lo bisa terhindar dari radikal bebas yang dikenal berisiko menyebabkan kanker kulit. Jadi, usahakan lo selalu menggunakan SPF setelah pelembap saat pagi hari. Bahkan lo tetap harus memakai SPF walaupun beraktivitas di dalam ruangan. Alasannya karena sinar matahari masih bisa menembus jendela ruangan.

 

Mulai sekarang, lo wajib memberi perhatian lebih kepada kondisi kulit wajah. Tampilan wajah yang oke pasti bakal berpengaruh positif terhadap kepercayaan diri lo, Urbaners.

 

 

Source: GQ.com