Xbox Rilis Series X dengan Sederet Games Menarik - MLDSPOT
  • Hobby
  • Xbox Rilis Series X dengan Sederet Games Menarik

Xbox Rilis Series X dengan Sederet Games Menarik

Thu, 14 May 2020
Phil Spencer, Bos Xbox, sedang berbicara dalam perhelatan E3 mengenai Xbox.

Kabar gembira bagi para gamers, Xbox Series X resmi akan dirilis di tahun 2020. Setelah setahun menanti kabar terbaru mengenai rumor Xbox Series X, akhirnya Microsoft mengumumkan spesifikasi dan games untuk generasi terbaru Xbox ini. Semakin canggih dan seru, Xbox Series X akan menemani waktu lo #MumpungLagiDirumah.

 

Diumumkan via Livestream

Potret Xbox Series X terbaru untuk poster pengumuman livestream. 

Setelah perhelatan E3 2020 dibatalkan, Microsoft akhirnya memperkenalkan Xbox generasi terbaru melalui livestream pada hari Kamis lalu (7/5). Selama kurang dari 30 menit, Microsoft menjelaskan spesifikasi, fitur baru, serta games yang akan dirilis dalam Xbox Series X ini. Nggak usah khawatir, Microsoft juga mengumumkan bahwa Xbox Series X akan dijual tahun ini, tepatnya sekitar bulan Oktober-Desember.

Masih banyak informasi mengenai Xbox Series X yang belum diungkap oleh Microsoft. Rencananya, Microsoft akan mengadakan livestream setiap sebulan sekali dengan tema Xbox 20/20. Acara bulanan ini akan mengupas lebih dalam lagi mengenai seluk beluk Xbox generasi terbaru ini. “Starting with May 7 episode of Inside Xbox, we will be showcasing what happens next in the world of Xbox, every month, which is why we’re calling it ‘Xbox 20/20,’” ucap Jerret West selaku CVP Pemasaran Xbox.

 

High Performance, Menyerupai PC Gaming

Perbandingan Xbox Series X dengan PS5 dari segi bentuk dan warna.

Tampak luar, Xbox Series X memiliki desain yang jauh berbeda dengan seri-seri Xbox terdahulu. Berbentuk kotak dengan warna hitam yang elegan dan tambahan logo Xbox, konsol game ini akan dua kali lebih kuat dan memiliki performa tinggi dibandingkan dengan Xbox One X.

Xbox Series X dilengkapi dengan mesin GPU 12 teraflops dengan 52 computer units di kecepatan 1,852 MHz, ditambah lagi desain custom RDNA 2 untuk pencahayaan photorealistic dalam game. Konsol ini juga memiliki memori sebesar 16 GB, lebih besar bila dibandingkan dengan Xbox One X. Lo bisa memainkan games dengan kualitas grafik 4K UHD Blu-ray, bahkan Microsoft pun mengungkapkan ada kemungkinan Xbox Series X bisa mendukung resolusi hingga 8K.

Untuk melengkapi konsol Xbox generasi terbaru ini, Microsoft juga akan merilis wireless controller baru. Tetapi lo nggak perlu repot, aksesoris dari Xbox One X juga masih kompatibel dengan Xbox Series X ini, bahkan lo juga masih bisa memainkan games dari seri sebelumnya melalui fitur Smart Delivery.

 

Penuh dengan Games Menarik

Tampilan gameplay Assassin’s Creed: Valhalla dengan karakter utama sedang berperang.

Belum lengkap rasanya kalau lo belum tahu games apa saja yang akan dirilis untuk Xbox Series X. Lo akan disuguhkan dengan games legendaris, seperti Assassin's Creed dan Yakuza, serta games baru yang nggak kalah menarik.

Pertama ada game baru bernama Bright Memory Infinite yang menggabungkan aksi senjata api, pedang, sihir, dan mobil dengan grafik menakjubkan. Bagi para pecinta game balapan mobil, Dirt 5 juga akan dirilis di Xbox Series X. Lalu, Scorn akan menambah daftar panjang game tembakan first-person dan horor favorit lo, nih.

Game Yakuza juga kembali dengan sekuel Yakuza: Like a Dragon yang dipenuhi aksi gila ala mafia Jepang ini. Nggak lupa juga dengan Assassin’s Creed: Valhalla yang semakin buat para gamers hype dengan rilisnya Xbox Series X.

 

 

Sources: Mashable, Tech Radar, Games Radar

Bukan Jenis Genre, Ini Arti dari Band Indie Indonesia yang Sebenarnya!

Wed, 17 March 2021
Band Indie Indonesia

Gaya musik sekarang ini emang beragam banget, kalo kemarin sempet ngebahas Indonesian City Pop sama Irama Nusantara dan genre Lo-Fi yang sekarang juga banyak peminatnya, ada satu genre – yang sebenarnya juga bukan genre, yang saat ini banyak diminati, yaitu Indie!

Semakin banyaknya muncul band indie Indonesia membuat para penikmat musik awam menganggap bahwa indie merupakan sebuah genre. Nyatanya, indie bukan genre ataupun gaya musik, bro!

Identik dengan musik dan lagu yang easy listening dan memiliki lirik yang kreatif, musik Indie memnghadirkan Terus kenapa kehadiran band indie Indonesia bisa membawa pemahaman kalau Indie merupakan sebuah genre? Langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini, bro!

Mengenal Arti Indie yang Sebenarnya

Band Indie Indonesia

Credit image – Careers in Music

Sebelum dikenal sebagai sebuah genre, Indie sebenarnya memiliki arti independen – atau sesuatu yang bersifat mandiri, bebas, atau bahkan ‘merdeka’. Indie dalam musik digambarkan sebagai sesuatu yang dilakukan sendiri, bebas, tanpa ada gangguan dari pihak lain yang mencoba mengatur proses produksi.

Hal ini dilakukan oleh seorang musisi atau band indie Indonesia biasanya memilih jalan ini untuk berkarya dengan bebas tanpa adanya label yang menaungi. Para musisi indie biasanya membiayai semua pengeluaran secara independen – mulai dari biaya produksi, pemasaran sampai distribusinya.

Sebutan indie  awalnya digunakan untuk membedakan antara musisi independen dengan musisi lain yang terikat label. Hal itu dilakukan untuk menekan bahwa musisi indie berada di label rekaman independennya sendiri dan lebih bebas mengekspresikan gaya musiknya ataupun dalam membuat suatu karya. 

Indie Bukan Genre, Bro!

Band Indie Indonesia

Credit image - Spotify

Pemahaman bahwa genre merupakan sebuah genre masih banyak dinilai salah oleh banyak orang. Seperti yang udah disebutkan di atas – jelas indie bukan sebuah genre, melainkan gerakan mandiri dari musisi untuk menciptakan karyanya.

Namun kata indie dapat menjadi tambahan deskriptif untuk sebuah genre, misalnya memberikan pemahaman dari perbedaan antara aspek musik dan aspek bisnis dalam musik. Misalnya: indie-rock, indie-pop, indie-rap, dan sebagainya. Tambahan deskriptif ini juga digunakan oleh platform musik Spotify untuk membuat playlist dari musisi-musisi Indie Indonesia – dengan judul IndieNesia.

Nggak heran lagu-lagu karya musisi indie terbilang unik dan beda dengan lagu kebanyakan – atau lagu-lagu yang biasa ada di peringkat Top 40. Hal inilah yang juga mendorong sebagian orang menganggap indie sebagai sebuah genre musik.

Idealisme Musisi dan Band Indie Indonesia

Tren musisi indie di Indonesia udah berkembang sejak era 80-an. Saat itu kemunculannya identik dengan musik punk-rock yang bergerak tanpa ada bantuan dari major label dan memproduksi musik dan karyanya sendiri tanpa terikat regulasi yang ada saat itu.

Hingga pada era 90-an, istilah indie berkembang menggantikan istilah underground. Saat ini, cukup banyak band-band indie bermunculan, menggambarkan bahwa indie memang terus berkembang di Indonesia. Seperti Sore, The S.I.G.I.T, Danilla Riyadi, dan lain-lain yang musiknya pasti udah sering lo denger.

Pastinya untuk bertahan di industri musik dengan cara yang mandiri ini terbilang susah-susah-gampang, karena biasanya hasil karya yang dipublikasikan akan lewat teman terdekat terlebih dulu dan melakukan konser sederhana ke kota-kota di Indonesia.

Tapi fenomena banyaknya musisi indie saat ini berhasil menghadirkan warna baru dalam industri musik Indonesia dan membuktikan bahwa dengan produksi dan promosi mandiri dapat bertahan di Industri musik.

Pergeseran Makna dari ‘Indie’

Band Indie Indonesia

Credit image – Outfit Styles

Pergeseran makna indie sendiri semakin jauh – nggak cuma dalam hal musik, tapi juga ke dalam gaya hidup. Seperti banyaknya orang yang menjadikan indie sebagai fashion. Pasti lo juga pernah denger kan kata-kata yang bilang; “style lo Indie banget, bro!”

Hal ini berangkat dari stigma musik indie merupakan sebuah genre dan identik dengan sore, senja, kopi, dan hal sebagainya. Padahal, indie nggak ada hubungannya dengan hal-hal tersebut!

Semua hanya menjadi stigma di masyarakat dan menganggap indie sebagai sesuatu yang menunjukan eksistensi diri – padahal sebenarnya nggak paham apa indie yang sebenarnya.

Sekarang lo udah paham kan – kalau indie itu bukan genre lagu, cuman emang gaya musik yang ditampilkan sama musisi indie emang berbeda dari musik-musik dari genre musik kebanyakan.

Kalau lo lebih suka denger yang mana nih, bro? mengingat lo lagi berkunjung ke MLDSPOT, udah jelas kalau lo penikmat jazz, kan?

 

Feature image – BlackXperience