Home Hobby Xbox Scarlett, Konsol Game Terbaru Besutan Microsoft

Xbox Scarlett, Konsol Game Terbaru Besutan Microsoft

Wednesday, June 12, 2019 - 15:02
Bagikan
Facebook Twitter Email

Microsoft baru saja mengumumkan proyek game konsol terbarunya, Project Scarlett. Menurut direktur game Microsoft, Phill Spencer, konsol generasi terbaru ini memang dirancang khusus untuk memaksimalkan pengalaman bermain game. Kira-kira seperti apa kemampuan dan teknologinya? Simak ulasannya berikut, Urbaners!

Membuat persaingan semakin ketat

Kemunculan Xbox Scarlett sepertinya bakal membuat persaingan dalam dunia game konsol semakin seru. Khususnya bagi persaingan Microsoft dan Sony yang sebelumnya cukup bersaing sengit melalui konsol unggulan masing-masing, Xbox One dan PlayStation 4, pada 2013 lalu. Apalagi beberapa waktu lalu juga Google baru meluncurkan layanan game bernama Stadia walaupun bentuk layanannya berbentuk streaming. Namun, bukan nggak mungkin Google bakal menyusul Microsoft dan Sony untuk membuat konsol game baru.

Dilengkapi kemampuan super canggih

Sebelum adanya proyek Scarlett, sebenarnya Microsoft sudah memiliki fitur canggih dalam konsol game Xbox One yang diluncurkan pada 2013 lalu. Bahkan untuk beberapa tahun sekali, Microsoft rutin memperbarui konsol game yang dibuat. Lalu, bagaimana dengan kemampuan Xbox generasi terbaru ini?

Kunci dari keunggulan Xbox Project Scarlett ini terletak pada kemunculan SSD sebagai virtual RAM-nya. Adanya SSD virtual diperkirakan bakal mempercepat performa hingga 40 kali daripada generasi sebelumnya. Selain itu juga ada prosesor custom yang menggunakan AMD Zen 2 dan Radeon RDNA yang akan membuat Project Scarlett jauh lebih powerful dibanding Xbox One.

Lalu, didukung dengan GDDR6 RAM terbaru, Xbox Project Scarlett pun hadir dengan resolusi sebesar 8K hingga frame rate 120 fps. Sedangkan dari segi konektivitas, Xbox generasi terbaru ini dilengkapi Bluetooth dan baterai yang bisa bertahan sampai 40 jam serta bisa lo isi ulang.

Tanggal peluncuran masih dirahasiakan

Meskipun banyak yang sudah menunggu kehadiran konsol game terbaru dari Microsoft ini, sepertinya lo masih harus bersabar, Urbaners. Pihak pengembang masih merahasiakan tanggal peluncuran Xbox Project Scarlett ini. Walaupun begitu, bocoran dari ajang Electronic Entertainment Expo atau E3 menyebutkan bahwa konsol game besutan Microsoft tersebut baru bakal memulai debutnya pada tahun depan.

Selain itu, harga yang dibanderol pun dengan harga cukup terjangkau. Rencananya, Xbox Project Scarlett bakal diluncurkan ke pasaran dengan harga 179,99 dolar AS atau sekitar 2,6 juta Rupiah. Lo bisa membelinya secara online melalui situs-situs resmi yang bekerja sama dengan Microsoft.

 

Sudah nggak sabar menantikan kehadiran Xbox terbaru ini ya, Urbaners? Semoga saja bisa segera rilis di Indonesia, ya!

 

Sources: Cnet.com, CNN Indonesia, Kompas