Home Hobby Yuk, Ikut Book Challenge 2019!
Yuk, Ikut Book Challenge 2019!

Yuk, Ikut Book Challenge 2019!

Thursday, January 3, 2019 - 15:25
Bagikan
Facebook Twitter Email

Tiap tahunnya, para book lovers punya resolusi yang nggak muluk-muluk: menambah jumlah buku yang dibaca dari tahun sebelumnya! Rasanya ada kesenangan dan kebanggaan tersendiri saat lo berhasil mencapai target bacaan yang sudah lo buat. Nggak heran kalau tiap tahunnya pula, ada cukup banyak book challenge atau reading challenge yang bertebaran di internet. Lo berniat ikutan, Urbaners?

 

Tantang diri buat baca lebih banyak buku

Tantang diri buat baca lebih banyak buku

Meski mungkin identik banget dengan kutu buku, book challenge bisa diikuti oleh siapa pun. Bahkan sebetulnya book challenge ini cocok banget buat lo yang ingin mulai rajin baca buku. Kebanyakan book challenge yang ada di internet biasanya mengharuskan lo untuk menentukan target jumlah buku buat dibaca. Bagi yang masih pemula, sebaiknya lo mulai aja dari angka yang kecil, misalnya 12. Jadi, lo bisa belajar membiasakan diri buat baca 1 buku per bulan.

Terus, hal apa yang bakal lo dapat setelah memenuhi target membaca tersebut? Well, lo memang nggak dapat hadiah dari pihak pembuat challenge. Namun, rasa senang dan bangga yang lo dapatkan bakal sepadan dengan usaha lo dalam memenuhi book challenge tersebut, Urbaners.

 

Ikut challenge dari berbagai platform

Ikut challenge dari berbagai platform

Ada banyak online platform yang setiap tahunnya cukup rutin mengadakan book challenge. Salah satu yang paling banyak peminat adalah book challenge buatan Goodreads. Lo cukup mengetikkan angka target, lalu Goodreads bakal membantu lo keep track jumlah bacaan lo selama setahun ke depan nanti. Bahkan lo juga bisa melihat progress book challenge yang dilakukan teman-teman lo di Goodreads. Dengan begini, lo jadi bisa saling memotivasi agar target membaca bisa tercapai.

 

Tips buat memenuhi target baca tahunan

Tips buat memenuhi target baca tahunan

Agar bisa mencapai target book challenge, coba ajak teman agar bisa menyemangati satu sama lain. Selain itu, usahakan untuk menyisihkan waktu senggaknya 1 jam sehari buat membaca buku. Lo bisa melakukannya sebelum tidur atau sepulang kerja. Last but not least, selalu bawa buku ke mana pun. Nggak harus bawa buku fisik, sekarang sudah ada e-reader praktis seperti Kindle atau Kobo. Jadi, begitu ada waktu senggang, lo bisa langsung melanjutkan aktivitas membaca.

 

Yuk, lebih rajin baca dengan ikut book challenge 2019!

 

 

Sources: bookriot.com, epicreads.com