Divers Clean Action: Sekali Selam, Banyak Sampah Laut Dibersihkan

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dianugerahi dengan wilayah perairan yang begitu luas. Sejauh mata memandang, laut terbentang dengan begitu megahnya. Di sisi lain, keindahan laut yang tiada tara itu justru harus tercemar dengan tumpukan sampah, yang bahkan bisa ditemukan hingga ke dasarnya. Kalau dibiarkan begitu terus, mungkin laut kita nggak akan bisa lagi menjadi rumah bagi beragam jenis biota dalam beberapa tahun mendatang.

Menyadari akan bahaya yang mengancam tersebut, upaya pembersihan laut pun kini semakin gencar digalangkan. Nggak hanya dari pihak pemerintah atau organisasi lingkungan, dari kalangan masyarakat awam secara kolektif juga ikut berkontribusi. Contohnya seperti aksi nyata Divers Clean Action yang dicetuskan oleh Swietenia Puspa Lestari atau yang akrab disapa Tenia.

Kemunculan Divers Clean Action bermula dari hobi diving yang digeluti Tenia. Semakin dia berenang ke bagian terdalam, semakin dia menyadari seperti apa sesungguhnya kondisi bawah laut Indonesia. Bersama rekan-rekannya, Tenia mulai mengambil sampah-sampah yang dijumpai saat diving.

Setelah sekian lama bergerak secara individu dan atas kesadaran pribadi, Tenia mulai menyadari kalau dia masih membutuhkan dukungan yang lebih besar lagi. Itulah mengapa dia memutuskan untuk membentuk Divers Clean Action bersama dua rekannya, yakni Nesha Ichida dan M. Adi Septiono. “Mulai kepikiran untuk mendirikan sejak bulan November 2015, namun Divers Clean Action sendiri baru resmi dibentuk pada bulan Februari 2016,” ungkapnya.

 

Bergerak Sampai ke Dasar Agar yang Lain Sadar

So, secara garis besar Divers Clean Action merupakan sebuah LSM dan komunitas anak muda yang berfokus pada masalah sampah laut. Kepedulian mereka terhadap laut membuat diving nggak terbatas pada kegiatan hiburan dan olahraga saja. Secara aktif, mereka mengajak warga lokal pesisir beserta masyarakat umum untuk memerangi sampah lautan.

Para anggota komunitas memgang spanduk bertuliskan Divers Clean Action

Divers Clean Action memiliki tujuan untuk mengembangkan peran anak muda dalam mengatasi masalah pencemaran di pantai dan pulau-pulau kecil Indonesia, khususnya yang dijadikan kawasan wisata diving. Untuk mewujudkannya, mereka memiliki program rutin tahunan dan rolling bersih-bersih pulau setiap 3 bulan sekali. Mereka akan menyeleksi 70 orang volunteers per tahun dengan memberikan dana hibah untuk mengembangkan program pembersihan laut di daerah masing-masing.

Nggak berhenti sampai di situ, Divers Clean Action ikut berperan sebagai pembicara dan pelatih di berbagai seminar, workshop, dan konferensi. Mereka juga menjadi host maupun co-host pada event-event seperti Indonesian Youth Marine Debris Summit (IYMDS) 2017, YSEALI Marine Debris Expedition 2018, dan Our Ocean Youth Leadership Summit 2018.

Saat ini, Divers Clean Action memiliki tim yang terdiri dari 9 anggota tetap. Dalam waktu kurang lebih 3 tahun, mereka telah berhasil melibatkan hingga sekitar 1500 volunteers terdaftar dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Di samping itu, mereka bekerja sama pula dengan banyak pihak, termasuk Asosiasi Usaha Wisata Selam Indonesia (AUWSI), Masyarakat Selam Indonesia (MASI), dan Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia (FOPMI).

Untuk cara kerjanya sendiri, biasanya Divers Clean Action akan membersihkan sampah laut dari kedalaman 5-15 meter. Jenis sampah yang mereka temukan cukup beragam, mulai dari sampah plastik, makanan, kaleng, dan masih banyak lagi. “Durasinya sekitar 30 menit sampai 1 jam selama 2 kali. Akhir-akhir ini kami juga fokus di Palu, Nias, dan Lampung bersama volunteers,” tambah Tenia.

Anggota Divers Clean Action sedang memilah-milah sampah

Setelah dikumpulkan, Divers Clean Action akan memilah sampah berdasarkan jenisnya. Selanjutnya, sebagian sampah akan diberikan kepada pengepul atau bank sampah untuk dijadikan produk daur ulang, sedangkan sisanya akan diteruskan ke tempat pembuangan sampah.

Tuh kan, kalau nggak dimulai dari diri sendiri, siapa lagi yang bakal menyelamatkan laut kita, Urbaners? Buat lo yang tertarik join kegiatan Divers Clean Action, lo bisa cek infonya di MLDSPOT TV Season 5 episode 13 dengan tema “Beyond Diving” di YouTube Channel MLDSPOT TV. Pastikan lo sudah subscribe channel-nya, and get yourself inspired!