Inspiring People
Selasa, 15 Februari 2022

Awal Mula Jozz Felix Menggeluti Fotografi, Inspirasi Buat Lo yang Baru Mau Memulai

  • Share
  • fb-share
Awal Mula Jozz Felix Menggeluti Fotografi, Inspirasi Buat Lo yang Baru Mau Memulai

 

Mengawali karirnya di dunia video production, Jozz Felix nemuin passion-nya di dunia fotografi gara-gara obrolan dengan seorang sahabat. Berlanjut ke fotografer panggung, Jozz akhirnya kecemplung menjadi fotografer komersial. Dari mulai moto buat majalah, brand, kolaborasi bikin buku, sampai akhirnya Jozz membentuk komunitas "Indonesian Still Photography".

 

Penasaran siapa aja orang-orang yang berpengaruh di balik perjalanan karir Jozz Felix? Dan apa saja tips & tricks untuk menekuni bidang tersebut? Simak berbagai cerita dari Jozz Felix berikut;

 

  1. Perjalanan menemukan passion
    Berawal dari kegundahannya saat menghadapi keinginan klien yang bikin Jozz gak bebas dalam berkarya di dunia video production, Jozz ngobrol dengan Tompi. Dari situ Jozz memilih untuk mengeksplorasi passion lainnya di dunia fotografi tanpa adanya pengalaman fotografi sama sekali. So, ketika lo ngerasa gak sreg, coba diulik lagi, siapa tau lo bakal ‘diarahin’ sama universe ke passion lo yang sebenarnya.

  2. Eksplorasi
    Eksplorasi Jozz ini bisa jadi inspirasi lo, bro. Memulai karir fotografi sebagai fotografer panggung; sesuatu yang sangat dicintainya, termasuk menjadi fotografer panggung untuk almarhum Glenn Fredly. Suatu hari Jozz dapet kesempatan buat bantuin Glenn di sebuah sesi foto potrait untuk sebuah majalah, sesuatu yang belum pernah dia lakuin sebelumnya. Dari situ Jozz Felix memulai karir untuk fotografi untuk sebuah brand-brand dan komersial.

  3. Berkarya dengan jujur
    Ini kata Jozz soal berkarya jujur, “Jadi intinya gue pengen berkarya jujur sih, kala itu gue bosen banget berkarya secara gak jujur yang di drive sama klien. Akhirnya gue mengajak Uchiet untuk mengerjakan sebuah project kolaborasi foto dengan tanpa edit.” Project ini digarap serius sampai akhirnya Jozz Felix merilis photobook berjudul “Bicara Tubuh’.”

  4. Eksplorasi lebih jauh
    Gak cuma nyaman di satu hal, Jozz berani buat eksplor lebih jauh salah satunya lewat still photography.

    Awal masuk ke still photography, lagi-lagi gue diminta almarhum Glenn Fredly untuk membantu Angga Sasongko pada saat itu untuk membantu motret Filosofi Kopi. Jadi awal masuk gue ke dunia still fotografi adalah saat gue bekerja bareng untuk Filosofi Kopi.

  5. Tantang terus diri lo
    Jangan gampang nyerah pas ketemu hal yang menantang, kayak Jozz yang meskipun nemuin kesulitan tetep berusaha buat memahami still photography.

    “Still Photography paling menantang sih menurut gue, karena banyak elemennya tuh. Di situ ada foto jurnalis, foto potrait, dan lainnya, jadi satu divisi itu sangat banyak kanal fotografinya.”


  6. Bangun komunitas
    Jadi kenapa gue membangun Indonesia Still photographer ini karena gue pengen membuat sebuah wadah di mana kita bisa menggabungkan semua still photographer di seluruh Indonesia.” Alasan Jozz bisa valid sih, karena lewat komunitas lo bisa ketemu orang-orang yang bakal memacu lo buat terus upgrade,

  7. Mendalami passion
    Suka sama suatu hal secara general gak masalah sih, tapi seandainya lo bisa pertajam lagi, pasti lo bakal lebih terarah. Kayak Jozz yang memilih portrait photography.

    Sebenarnya gue suka semua hal yang berbau fotografi, tapi kalo misalkan disuruh milih gue lebih memilih portrait photography. Karena banyak orang yang bilang portrait photography itu gampang, kaya pas foto aja gitu. Cuman kan hal tersulitnya adalah gimana caranya gue pengen setiap portrait ada emosinya, gak cuman gambar cantik yang gue sediain gitu. Gue pengen adanya emosi di dalam setiap foto yang gue buat.

  8. Pilih signature style lo
    Signature style bukan cuma gaya-gayaan, tapi lebih ke identitas buat karya-karya lo. Seperti Jozz yang suka dengan warna monokrom.

    Jujur gue lebih suka dominan orang ngelihat si warna itu (hitam-putih), jadi gak ke-distract. Karena ngomongin warna semua foto itu bagus, cuman kalo ngomongin warna kadang satu objek foto itu jadi ke-distract sama berbagai warna. Cuman kalo kita ngomongin black and white kita kan cuman fokus di monochrome nya itu, jadi kita bisa fokus nikmatin karya-nya.

Itu tadi beberapa cerita perjalanan Jozz Felix, seorang fotografer yang sudah merambah ke berbagai medium. Semoga bisa kasih lo inspirasi buat menekuni passion lo berikutnya ya, bro. Selengkapnya soal tips & trick dari Jozz Felix bisa lo simak di channel Youtube MLDSPOT TV di sini


Next, lo mau menekuni passion lo di bidang apa, bro? Kasih tau di kolom komentar ya!

Comments
Fatoni Adi Putra
Inspiratif sekali
Joe J
Keyen beud ya!