Inspiring People
Kamis, 27 Mei 2021

Dari Hobi Jadi Bisnis, Ini Alasan Steven Gunawan Dirikan Freundwagen

  • Share

Nggak bisa dipungkiri, mobil klasik memang memiliki daya pikat tersendiri yang bikin banyak orang tertarik untuk mengoleksinya, apakah lo salah satunya, bro? 

 

Well, mobil klasik dikenal punya nilai tersendiri untuk dikoleksi. Dengan statusnya sebagai mobil tua, dan pastinya udah nggak diproduksi, bisa digunakan sebagai investasi karena harganya yang terus meningkat. 

 

Sebelumnya MLDPODCAST Episode 52 udah ngebahas trend mobil klasik dan kemudahan dapetin mobil klasik di era digital. Tapi, kali ini MLDSPOT berkesempatan ngobrol langsung dengan pebisnis muda mobil klasik yang mulai bisnis berawal dari hobi hingga akhirnya bisa menghasilkan cuan. Penasaran bagaimana Steven Gunawan merintis bisnis mobil klasiknya? Yuk baca selengkapnya di sini. 

Hobi Koleksi Mobil Klasik

Steven Gunawan

Selain punya nilai sendiri, mobil klasik juga memiliki bentuk yang unik dan udah nggak banyak dipasaran. Apalagi kalo berhasil membeli mobil klasik impian lo, pasti manfaatnya besar karena itu menyangkut kepuasan batin saat lo bisa merealisasikan hobi yang lo miliki.

 

Memiliki mobil tentu membutuhkan perhatian lebih, apalagi buat lo yang hobi mengoleksi mobil klasik. Selain harganya yang nggak murah, mobil-mobil klasik juga membutuhkan perawatan ekstra dan tentunya lo harus merogoh kocek yang nggak sedikit. Tapi namanya hobi, bujet bukan lagi menjadi masalah ya, bro?

Jual Mobil dengan Cara Berbeda

Berawal dari hobi jadi bisnis, Steven memutuskan buat mendirikan @freundwagen bersama tiga orang temannya dengan mengusung tema yang berbeda dan konsep yang terinspirasi dari penjual mobil di luar negeri. 

 

“Jadi kita merancang model bisnis yang simpel, waktu itu mulai bertiga, cara jualannya juga mau yang berbeda, detail tapi transparan. Misal kita tuliskan satu-satu apa aja yang perlu direstorasi dari mobil tersebut sampe pajak pertahunnya berapa juga kasih tau. Yang menurut kita seru bakal kita share ke teman-teman” ujar Steven. 

 

“Sifat dealer atau seller ini friendly, jadi mau branding se-casual mungkin sih dan penggunaan bahasanya juga yang nggak terlalu berat, karena meskipun jualan mobil juga nggak melulu membahas soal teknis” tambah Steven. 

 

Selain cara pemasaran yang bisa dibilang unik - melalui akun media sosial @freundwagen, Steven juga sharing pengalaman berkendara dengan mobil tersebut. Ia mau lebih terbuka dengan para pelanggan dengan memberikan informasi yang belum diketahui kebanyakan orang. 

 

Melihat Peluang di Mobil Klasik

Menjalankan bisnis pasti ada rintangan yang dihadapi, misalkan pada bisnis mobil klasik, tantangannya yaitu mengerti otomotif dan harus menguasai produk. “Jadi kita haru willing buat belajar dan ngerti apa yang kita jual, kompetitor-nya bagaimana, persepsi orang-orang terhadap mobil itu seperti apa” tambah Steven.

 

Pastinya lo juga setuju kalo sebagai penjual mobil harus paham betul mengenai spesifikasi dan keunikan mobil yang akan dijual. “Sebelum dijual dan setelah dibeli, kita pelajari dulu tipe mobilnya. Sebagai penjual kita cobain mobilnya satu persatu karena harus paham dan kenal betul sama mobilnya, mulai dari user experience dan lain-lain”. 

 

Popularitas mobil klasik bisa dikatakan menjadi peluang bisnis yang memiliki prospek yang cerah. Terlebih di Indonesia, penggemarnya semakin banyak, tapi stok terbatas. Sehingga semakin banyak orang yang mencari mobil tersebut, semakin tinggi harganya. 

Jangan Ragu untuk Memulai 

Buat lo yang baru mau mulai mengoleksi mobil klasik, harus pandai mengatur keuangan ya, bro.. Alasannya, kalo udah mencintai mobil jenis ini, pasti lo bakal kecanduan untuk selalu membeli mobil incaran. Saat ini udah banyak banget cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan masa depan, salah satunya dengan mengoleksi mobil tua yang cocok untuk investasi.

 

Menurut Steven semua bisnis yang ditekuni dan lo bisa beradaptasi pasti ada masa depannya. Apalagi di mobil klasik ini, selama lo bisa ikutin trennya bisa menjanji bisnis yang cukup menjanjikan karena peminatnya juga semakin meningkat. 

 

Wah, obrolan MLDSPOT dengan Steven Gunawan kali ini sangat menginspirasi ya, bro - terutama tentang bisnis mobil klasik. Kalo lo sendiri, apa lo tertarik mengikuti jejak Steven? Atau justru lo punya ide yang lebih berbeda? 

 

Memulai bisnis memang perlu persiapan, nggak cuma tau apa yang lo mau tawarkan, tapi lo harus mengerti produk lo sendiri. Anyway, bisnis apapun yang lo bakal pilih, tapi yang terpenting ketika ada niat, jangan ragu buat memulai. Good luck!

https://open.spotify.com/playlist/3dwJgIRcwCZmqngWuPpBij?si=93b9a3f0f6a14a85

Comments

mantap sekali
keren banget sih