Berbagi Cerita Positif dengan Greatmind.id

Pernah nggak sih lo merasa jenuh melihat berita-berita buruk yang bertebaran di media mainstream dan media sosial? Secara psikologis, berita negatif yang terlalu banyak dikonsumsi bisa jadi toxic dan mengubah mood lo jadi lebih buruk, Bro! Untuk mengimbanginya, sekarang lo bisa mengunjungi Greatmind.id, sebuah situs yang menyebarkan berbagai konten positif soal kehidupan.

Yuk, cari tahu lebih lanjut dengan ngobrol bareng Co-Founder Greatmind.id, David Irianto!

 

Positive News, Positive Mind

Bisingnya media zaman sekarang yang sering kali memuat berita negatif merupakan awal tercetusnya Greatmind. Sekarang ini, banyak media yang bukannya fokus menghasilkan serangkaian berita yang informatif dan edukatif, tapi malah menjadi sesuatu yang menakutkan dan menimbulkan kecemasan pada sebagian orang.

David percaya kalau pemikiran dan perasaan yang dirasakan seseorang mudah banget tersugesti dari apa yang kita masukkan ke dalam pikiran itu sendiri. “Selayaknya tubuh yang bisa beraktivitas dengan adanya makanan, demikian pula dengan pikiran. Kita membutuhkan input konten,” ujar David. “Jika lo selalu mengonsumsi berita-berita negatif secara terus-menerus, maka nggak mustahil pikiran dan perasaan lo akan terbawa vibe negatifnya,” imbuhnya.

Salah satu konten positif Greatmind

Berbicara soal input konten, David menganut paham bahwa kualitas output sangat tergantung pada input-nya. Ia mengaku kalau Greatmind juga terinspirasi dari sebuah presentasi yang disajikan oleh seorang jurnalis bernama Tyler Brûlé. Tyler bilang kalau kualitas hidup sebuah negara dan masyarakatnya bisa dilihat dari media dan konten yang dikonsumsi oleh masyarakatnya.

Tujuan awal pendirian Greatmind pun sangat mulia. Salah satu pendiri, Ben Soebiakto, sempat menghadiri sebuah acara yang bertemakan literasi keuangan. Di acara tersebut, ia mulai sadar bahwa kesuksesan sebenarnya bukanlah soal kekayaan materi semata. Kekayaan pikiran dan kesehatan mental juga nggak kalah penting untuk dijaga. Dari pemikiran ini, Greatmind mencoba untuk menyampaikan perspektif yang berbeda: sukses itu juga meliputi kesadaran makna dan tujuan kehadiran seseorang di dunia. Menjaga hubungan baik antar manusia untuk hidup yang lebih positif pun nggak bisa dipungkiri, Bro! Dukungan-dukungan dari orang terdekat lo pastinya bakal berdampak baik pada sekitar kita.

 

Greatmind dengan Arti Harfiah

David yang sudah lama berkecimpung di dunia media mengaku, kalau selama ini ia bertemu banyak orang sukses yang mempunyai cerita masing-masing. “Kita lihat di luar kesuksesan material dan profesional ini, mereka memiliki cara pandang yang unik dan berbeda saat dihadapkan dengan masalah kehidupan,” ungkap David. Sesuai dengan namanya, pemikiran-pemikiran besar inilah yang dituangkan menjadi suatu koleksi bacaan bagi publik di situs Greatmind.id

Adinia Wirasti hingga Baskara ‘Hindia’ turut menjadi kontributor di Greatmind bersama puluhan figur lainnya

Lalu, bagaimana orang-orang tersebut, atau bahkan lo sendiri, bisa menuliskan pemikiran dengan menjadi kontributor di Greatmind? Saat ini, kontributor berasal dari kalangan Key Opinion Leader (KOL) yang ditantang untuk memberikan sebuah opini bermakna. David dan tim juga mengundang para ahli di bidangnya untuk menjelaskan suatu topik. “Topik yang dibahas di Greatmind sangat sensitif, jangan sampai malah menyesatkan hanya karena momentum,” tambah David. Greatmind juga sangat terbuka mengundang KOL dari berbagai bidang, misalnya saja Ringgo Agus dari dunia entertainment, Baskara Putra “Hindia” dari dunia musik, Andy F. Noya dari dunia jurnalisme, sampai Leonard Theosabrata dari dunia kreatif.

Meskipun begitu, nggak menutup kemungkinan buat lo untuk berkontribusi dengan mengirimkan pengalaman pribadi yang bermakna. Tim editorial siap mengolah menjadi suatu bacaan ciamik yang bisa menjadi food for soul bagi para pembacanya.

 

Media Sekarang dan Cara Berpikir Positif

Satu sesi bersama Anggun C. Sasmi tentang menikmati hidup

Media memang memiliki posisi yang sangat krusial di dalam masyarakat. David menilai, peran media sangat penting dalam pembentukan perilaku dan pola pikir masyarakat membuat masyarakat rentan misinformed. Ia melihat, sudah menjadi keharusan buat media untuk tetap mengedepankan kaidah jurnalistik, terlepas dari topik apa pun yang dituangkan, “Media bukan cuma sekedar mengejar clickbait atau pageviews semata. Di situs Greatmind.id, kita nggak akan melakukan hal semacam itu.”

Merasa hidup lo overthinking melulu atau penuh pikiran negatif? No worries! David pun meyakinkan kalau nggak mungkin seseorang bisa terus menerus berpikiran positif, karena pasti ada saatnya juga kita merasa down. Hal ini pula yang sering dituangkan dalam tulisan di Greatmind.id. “Penerimaan perasaan negatif sering menjadi awal dari hidup yang positif. Kuncinya ada di keberanian untuk menjadi vulnerable dan berpikir jernih,” tutur David.

Harus diingat pula kalau lo harus mencoba untuk terbiasa menerima hal-hal yang bisa dikendalikan dan yang tidak bisa dikendalikan. Lakukan sesuatu jika lo merasa mampu mengendalikannya, atau berdamai dengan sesuatu yang nggak bisa lo kendalikan. Dukungan orang-orang sekitar juga penting banget buat perkembangan diri dan kesehatan mental, Bro!

‘Slow’ menjadi kumpulan artikel di situs Greatmind.id yang dibukukan

Ke depannya, Greatmind.id berjanji akan terus menyajikan tulisan-tulisan bermakna yang dibutuhkan orang banyak. Untuk menjangkau audiens yang lebih luas, David berencana melakukan ekspansi juga melalui program video di channel YouTube.

Saat ini, Greatmind telah meluncurkan buku berjudul “Slow” yang berisikan kumpulan artikel di situsnya. Buku ini cocok banget jadi bekal untuk mulai membentuk positive vibe dari dalam diri lo sendiri. Jangan lewatkan pula sesi-sesi workshop online yang rutin diselenggarakan. Untuk informasi lebih lengkap, lo bisa pantengin terus Instagram @greatmind.id atau website www.greatmind.id. Saatnya cerahkan pikiran dengan cerita positif di Greatmind, Bro!