Inspiring People
Selasa, 29 Juni 2021

Dims the Meat Guy: Kecemplung di TikTok, Kasih Pengaruh Buat Banyak Orang

  • Share

Nggak bisa dipungkiri, “influencer” bukan sesuatu yang asing lagi dan udah menjamur dimana-mana. Asal lo anaknya kreatif, lo bisa jadi influencer di bidang lo. Mau itu di bidang musik, game, fotografi, travel, atau sports, seru nggak sih kalau lo bisa kasih inspirasi dan pengaruh buat banyak orang melalui hal yang lo suka?

Kayak Dims the Meat Guy, Inspiring People kita yang terkenal dengan konten masak dagingnya di aplikasi TikTok. Ide-ide menariknya, cenderung bisa diikuti sama banyak orang yang nggak punya background di bidang masak.

Menggeluti profesi sebagai konten kreator di bidang permasakkan, Dimas ternyata nggak punya background pendidikan resmi di bidang tersebut. Dimas dulunya berkuliah jurusan accounting. Saat sedang menjalani semester enam pendidikan S1 tersebut, Dimas sempat mengikuti program bekerja di Jerman selama setahun.

Di sana Dimas ditempatkan di salah satu restoran Italia dan bertanggung jawab di bagian keuangan. Merasa gaji yang diberikan kurang untuk kebutuhan dan keinginannya selama tinggal di Jerman, ia pun akhirnya bekerja juga sebagai tukang masak di restoran tersebut. Berkat pekerjaan tersebut, Dimas jadi mendapatkan banyak pengetahuan tentang memasak.

Keputusan Dimas buat terus konsisten mengunggah konten soal daging ternyata datangnya nggak jauh-jauh dari keseharian Dimas. Buat Dimas, daging selalu jadi makanan pokok buatnya. Perpaduan antara kecintaan Dimas akan daging, dan dirinya yang saat itu punya banyak waktu untuk mengolah dan menyebarkan konten perihal daging lah yang ngebuat dirinya terjun jadi seorang content creator.

“Karena gue sebenernya kalau nggak makan daging itu gue kayak nggak makan. Kayak kosong aja gitu. Jadi gue kalau makan itu pasti ada daging. Plus sekarang lagi panedmi kan, terus pas awal hits itu kan WFH kan kita semua. Terus akhirnya jadi banyak waktu. Yaudah deh jadinya bisa ada waktu buat bikin konten terus.” cerita Dimas.

Lewat TikTok nya, Dimas dikenal dengan konten dagingnya yang bermanfaat dan unik. Inspirasinya untuk membuat konten seperti itu datang dari YouTuber asal luar negeri, Guga Foods, yang terkenal sama kontennya tentang cara masak daging, dll. Selain itu, Dimas juga terinspirasi sama komentar di TikToknya, dimana para viewers nya selalu memberikan tantangan yang unik untuk dicoba sama Dimas.

Dari Nggak Suka, Nggak Sengaja, Nggak Berhenti TikTok-an

Dims The Meat Guy

Dimas pertama terjun ke TikTok di April 2020. Masuknya Dimas ke dunia TikTok awalnya karena ketidaksengajaan. Malahan, Dimas dulu nggak terlalu suka sama platform TikTok. Buat Dimas, dulu konten yang ada di TikTok dinilai kurang informatif.

Konten pertama Dimas di TikTok bermula dari dirinya yang kebetulan membeli daging seberat 2.5 kg, dan iseng ingin membuat video tentang teknik dry aging. Dimas yang nggak tahu aplikasi mengedit video, disaranin sama adiknya untuk mengedit dan merekam menggunakan aplikasi TikTok.

Setelah melalui proses perekaman dan pengeditan melalui akun TikTok milik istrinya, Dimas yang nggak ngerti cara menyimpan video tersebut, disarankan adiknya untuk posting videonya terlebih dahulu.

Nggak lama setelah video tersebut diunggah, ternyata video yang dibuat Dimas udah memiliki 7.000 views. Dan dalam kurun waktu dua hari, video tersebut viral dan udah ditonton 140.000 kali. Keren!

Dari situ, Dimas yang memiliki otak bisnis, mengambil kesempatan tersebut dan langsung ke toko daging dan membuat konten lainnya. Video-video berikutnya pun viral kembali. Setelah itu, Dimas menjadi konsisten membuat konten masak daging.

Karena saat itu akun TikToknya udah mencapai 6.000 followers, Dimas berinisiatif untuk mengubah username akun TikTok milik istrinya dengan tujuan untuk branding. Awalnya, Dimas sempat kebingungan nama apa yang cocok untuk merepresentasikan dirinya dan konten yang ia buat.

Nama ‘Dims the Meat Guy’ sendiri dibuat oleh istrinya. Awalnya, Dimas sempat nggak suka dengan nama tersebut. Namun, lama kelamaan ia merasa nama tersebut catchy dan memberikan personal branding yang kuat.

Sebelum rutin bikin konten di TikTok, Dimas dari dulu adalah seorang businessman. Dimas ngaku kalau dia nggak suka ada di depan layar. Makanya dia memutuskan untuk bisnis di digital marketing dan software house.

Setiap harinya, Dimas selalu membuat patokan untuk setidaknya mengunggah 2-3 konten per hari. Untuk jamnya sendiri, Dimas biasanya mengunggah konten di malam hari.

Konten Nyeleneh tapi Edible

Dims The Meat Guy

Kalau ditanya gimana Dimas bisa terus tetap up to date dan kasih konten yang fresh, Dimas sebagai seorang content creator selalu berusaha untuk selalu menjadi dirinya sendiri. Ia sangat nggak suka konten yang konsepnya ‘settingan’. Idenya biasanya secara tiba-tiba muncul di kepala Dimas. Dimas juga merupakan orang yang suka bereksperimen. Dalam setiap kontennya, ia pasti melakukan riset terlebih dahulu.

Dimas nggak mau membuat konten makanan yang nggak edible. Selain bereksperimen sendiri, salah satu cara agar nggak kehabisan ide adalah dengan menerima challenge yang diberikan oleh netizen. Ia merasa dengan menerima tantangan dari netizen, itu juga menjadi daya tarik mereka untuk tetap kembali dan menonton konten milik Dimas.

Challenge dari netizen yang pertama ia buat adalah memasak steak yang dagingnya dibeli di pasar. Konten tersebut ia upload di akhir Februari 2021. Selain itu, Dimas juga pernah menerima challenge memasak steak dengan bumbu Indomie, Samyang, dan Ajinomoto.

Kedepannya, Dimas punya beberapa rencana agar bisa terus influence banyak orang lewat masakannya. Pertama, ia berencana untuk lebih banyak bereksperimen lagi. Ia ingin selama 2021 ini, bisa mengejar semua request yang diberikan oleh netizen yang sebelumnya belum sempat ia kerjakan.

Selain itu, Dimas memiliki keinginan untuk membuka bisnis F&B sendiri yang menjual steak yang bisa dinikmati banyak orang dengan harga terjangkau. Terakhir, Dimas memiliki plan untuk bisa mencapai 100.000 subscribers di YouTube channel nya di tahun ini.

Kalau lo mau tahu lebih banyak tentang gimana Dims the Meat Guy bisa kasih influence ke banyak orang lewat platform TikTok, jangan lupa nonton MLDSPOT TV Season 7 Episode 12, “Influencer Beda Gaya” di YouTube channel MLDSPOT TV. Sekalian, subscribe juga YouTube channel MLDSPOT TV, dan follow Instagram @mldspot buat lihat konten-konten inspiratif lainnya. Get yourself inspired by MLDSPOT!

Comments

pemamfaatan media sosial
Mantap bosku