Inspiring People
Senin, 25 April 2022

Gaya Hidup Minimalis Di Tengah Badai Flexing? Kenapa Nggak?

  • Share
  • fb-share
Gaya Hidup Minimalis Di Tengah Badai Flexing? Kenapa Nggak?

Ngaku deh, siapa dari lo yang tiap ngeliat barang-barang yang lagi hype atau item lucu di kolom promo e-commerce langsung pengen buru-buru check out? Biasanya sih kejadian pas deket-deket waktu gajian. Padahal kalo lo pikir sebenernya lo gak butuh-butuh banget sama barang itu, gak beli juga gak apa-apa.

 

Tanpa lo sadari, sifat konsumtif kayak contoh tadi bisa ngerugiin diri lo sendiri. Nggak cuma status finansial lo jadi kacau, tapi jatah kebutuhan primer lo bisa jadi berkurang karena lo sering belanja hal-hal yang nggak penting. Solusinya? Coba adopsi gaya hidup minimalis di keseharian lo. Kalo bingung mulai dari mana, nih gue kasih apa aja yang bisa lo lakuin.

 

 1. Mulai Sisihin Sebagian Gaji untuk Tabungan

Entah gimana, stereotip nabung itu susah selalu terlintas di pikiran kita. Nyatanya nggak juga sih bro, malah gampang banget. Lo harus punya mindset dan niat dari awal kalo pas gajian bisa langsung oper sebagian pendapatan lo ke tabungan. Lebih enak lagi kalo lo punya dua rekening berbeda, satu buat kebutuhan pokok bulanan dan satunya khusus buat tabungan. Selain itu, sekarang lo bisa juga mulai berinvestasi bro. Gak perlu bingung mau mulai darimana, semua bisa dipelajari asal lo harus teliti biar gak gampang kegocek. Asal semuanya aman pasti berhasil bro!

 

 2. Utamain Kualitas daripada Kuantitas

Mindset-nya adalah, nggak apa-apa mahal asal awet dan bisa fasilitasin kebutuhan lo dalam jangka panjang. Nggak mau kan misalnya lo beli yang murah tapi cuma bisa dipakai beberapa bulan aja, itu bisa bikin pengeluaran lo terus keluar. Utamain kualitas bisa bikin lo lebih hemat.

 

 3. Fokus sama Kebutuhan

Ini nih, cobaan di tengah badai flexing. Biasain jangan kemakan gengsi buat beli kebutuhan yang tujuannya cuma buat flexing, terus akhirnya gak kepake. Mulai sekarang juga, lo harus benar-benar fokus dan selektif beli barang yang lo butuhkan aja.

 

 4. Terapkan Prinsip ‘Mengganti’ daripada ‘Menambah’

Lo boleh aja kok beli barang baru apalagi yang penting buat kebutuhan sehari-hari, tapi pertama-tama coba hidupkan prinsip mengganti daripada menambah. Lebih tepatnya lo harus menghindari penumpukan di rumah lo. Biar nggak berlebihan, lo bisa jual dulu stok barang lama atau lo kasihin ke keluarga atau temen lo sebelum mengganti sama yang baru.

 

 5. Tau Soal Tujuan Hidup Minimalis

Ini jangan sampe kelewatan. Kalo lo udah jalanin keempat tips di atas tapi nggak tau tujuan lo ke mana, yah bisa dibilang nanggung banget bro. Gue kasih bocoran dikit, tujuan gaya hidup minimalis yang utama adalah untuk menjalani kehidupan yang lebih bermakna.

 

Catet juga nih, lo harus kuat biar gak kemakan gengsi dan cuekin omongan orang lain. Bergaya hidup minimalis bukan pelit kok, bukan soal mampu atau nggak bisa beli, tapi tentang mempertahankan sesuatu yang menurut lo sangat esensial. Yang penting beranikan diri lo sendiri untuk dare to be you.


Udah siap beralih ke gaya hidup minimalis? Tenang aja, semua butuh proses dan lo semua pasti bisa. Dari tips yang gue sebut di atas, mana yang udah lo lakuin? Share di kolom komentar yok. Inget, lo bisa dapetin MLDPOINTS dengan share artikel ini di akun media sosial lo!

Comments
Kania Kristi
harus bisa dong
WILDA NOVITA
boleh juga,,........