Inspiring People
Sabtu, 06 November 2021

Konten Story Telling yang Stand Out Ala Podcast Lenyap dan Detective Aldo

  • Share

Semakin hari konten digital di berbagai platform sudah semakin kreatif dengan berbagai ciri khas yang dimiliki pada masing-masing konten kreator. Kali ini MLDPODCAST akan membahas kreativitas para konten kreator, khususnya lebih dalam mengupas konten di audio platform yang mulai marak dalam beberapa tahun terakhir; podcast. 

 

Kali ini ada Marissa Jeffryna (MJ) yaitu host dari Podcast Lenyap, yang membahas dan mengulas tuntas banyak kasus kriminal di Indonesia. Satu lagi adalah Rivaldo Santosa (RS) yang juga terkenal melalui konten dengan nama Detective Aldo, yang juga ngebahas kasus-kasus misteri di Indonesia dan seluruh dunia. 

 

Bersama host kesayangan kita Reza Alqadri, mereka akan membahas dan memberi tips gimana cara mereka untuk tetap stand-out diantara kreator yang lainnya, gimana cara mereka mengkurasi sebuah kisah untuk dijadikan konten, semua bisa lo dengerin di MLDPODCAST Episode 53.

 

(RA) Pertanyaan pertama untuk Marissa, selain lo sebagai content creator, lo juga sebagai aktris, dan lo juga seorang pengacara pidana, kenapa lo masih memilih karir sebagai pengacara? 

 

(MJ) Jadi aku sebenarnya adalah orang yang suka sekolah dulunya, walaupun sejak SMP kelas 3 sudah mulai jadi artis. Tapi gue gak mau di dunia entertain terus, dan aku memilih untuk belajar hukum waktu itu. Sebenarnya pengen jadi dokter dulunya, tapi karena masih jalan di entertain jadi agak susah sekolahnya. 



(RA) Kalau buat Aldo, siapakah Aldo sebenarnya sebelum jadi konten kreator?

 

(RS) Gue sebelumnya pekerja agency sih, AE (account executive) kalau bahasa kerennya. Gue mulai profesi konten kreator itu dari game reviewer awalnya sih, punya mimpi punya media sendiri. 



(RA) Lo sudah jadi artis juga, model juga, pengacara juga, kenapa masih memilih jadi konten kreator juga?

 

(MJ) Tadi kan udah sempat aku mention kalau aku orangnya suka observe dan research. Berhubung aku kerja di dunia hukum, jadi aku pikir-pikir bagus juga nih ya kalau misalnya kasus-kasus aku kupas secara mendetail banget, akhirnya aku kepikiran lah untuk bikin podcast. 



(RA) Kalo Aldo, dari AE, gamer, kenapa akhirnya memilih buat jadi konten kreator yang berhubungan sama misteri dan kriminal?

 

(RS) Sebenarnya mungkin sama sih sama kak Marissa, gue suka observe juga, suka baca-bacain kasus juga. Kadang suka capek kalau nge review game dari pagi sampai malam, liputan capek kemana-mana. Bagi gue refreshment juga sih nyari kasus terus gue ceritain. Akhirnya gue bikin channel baru. Jadi kalau lagi bosan dengan game-game gue, ya gue ngerjain kasus-kasus aja, dan ternyata menghasilkan.



(RA) Kalau boleh tau tim lo sekarang ada berapa banyak sih?

 

(RS) Sudah cukup gede. Sekarang sih total ada 12 orang.



(RA) Ada gak subscriber atau followers lo yang ngirimin kasus buat lo bahas?

 

(RS) Daily sih itu, tiap hari ada aja. 

 

(MJ) Dari awal juga gue sudah ada tim nya. Karena Podcast Lenyap kan kita benar-benar detail banget dan gak gampang ya, dan untuk ngerjain sendiri jadi agak susah, jadi memang ada tim yang bantu untuk research. 



(RA) Boleh diceritain gak sih proses kreatifnya? 

 

(MJ) Jadi prosesnya nih kalau diceritain ya, misalnya kita mau mengangkat salah satu episode, misalnya kasus Jessica Kumala Wongso. Jadi kasus itu kan sebenarnya sudah jadi konsumsi publik dan sudah lama banget ya, tapi orang kan tahu kasus itu cuma dari apa yang diberitakan media saja. Nah kita tuh cari detail-detail seperti latar belakang Jessica seperti apa, latar belakang Mirna seperti apa, jadi kita butuh tim untuk membantu. 



(RA) Kalau kalian berdua bikin konten kriminalitas seperti ini, siapa sih konten kreator yang menginspirasi kalian?

 

(RS) Gak ada kayanya deh, jadi memang cuma suka dan terus gue bikin aja gitu. Paling Buzzfeed sih, cuma kan itu sampai ke tempat-tempatnya kan, jadi gue juga punya mimpi lah bisa ke tempat-tempat kriminalitas nya langsung.



Obrolan seru bareng Aldo dan Marissa dilanjutin dengan sesi menjawab pertanyaan langsung yang dilemparkan oleh followers MLDSPOT melalui sosial media. Pertanyaan pertama ditujukan untuk Aldo tentang kendala dan kesulitan terbesar untuk research dan cari bahan buat podcast, dan segmen mana yang paling Aldo suka, dan kenapa?

 

(RS) Paling susah sih di waktu sih, karena gue ngerjain dua kerjaan kan. Terus nemuin kasus yang klik di gue, karena gak semua referensi gue ambil. Tetap harus ada idealisme yang gue tuangin di konten gue sih. Untuk segmen favorit gue suka segmen yang membahas orang-orang aneh, seperti episode pendeta palsu, figur-figur yang menyatakan diri mereka ajaib, dan ternyata ada trik-trik di belakangnya yang ujungnya untuk monetisasi, segmen itu yang paling gue suka sih.


Dan obrolan tentang konten digital bersama dua konten kreator podcast yang fokus di storytelling kasus-kasus seru ini terus bergulir dengan seru bersama Reza Alqadri, Marissa Jeffryna dari Podcast Lenyap, dan Rivaldo Santosa dari Detective Aldo dan bisa lo simak versi lengkapnya di sini, atau dengarkan versi audio-nya di sini.

Comments

Mau dongg..
kereatif kontennya