Inspiring People
Jumat, 07 Januari 2022

Pilih Jalur Independen, “Dekat” Lebih Bebas Bereksplorasi dengan Musik yang Unik

  • Share

 

Sebuah grup musik pasti nggak tau masa depannya bakal seperti apa, bisa jadi lebih keren dari sebelumnya atau pun malah sebaliknya. Inilah yang dirasakan oleh trio unit grup musik vokal asal ibukota bergenre pop/elektronik beraroma RnB yang baru saja meraih trofi Duo/Grup/Kolaborasi Urban Terbaik AMI Awards 2021 bareng Andien yaitu Dekat. Mereka adalah pecahan dari Tangga yaitu Mohammed Kamga, Tahir "Tata" Hadiwijoyo, dan Chevrina Anayang. Bisa dibilang juga Dekat adalah sebuah transformasi yang memiliki inovasi luas dalam skala bermusik.

 

Perubahan tersebut dikarenakan mereka bertiga telah lepas dari bayang-bayang major label. Dalam istilah lainnya, Dekat terlahir dengan memilih jalan independen. Maka dari itu kebebasan eksplorasi bermusik Dekat jauh lebih luas dan semakin di luar nalar, bahkan musik seperti Dekat sangat mudah untuk bisa menembus pasar internasional.

 

Dekat sendiri nggak punya filosofi panjang untuk mencetuskan namanya, semua hanya diambil dari pertemanan dekat mereka bertiga sejak pertengahan tahun 2000an. MLDSPOT TV mencuri kesempatan untuk menghadirkan Dekat dalam live session dengan membawakan dua lagu terpilih yaitu John Cena dan Machete.

 

Perjalanan sepanjang karir dan harapan Dekat dalam bermusik dituangkan lewat lagu John Cena. Agak terdengar absurd di mana nama tersebut adalah nama salah satu pegulat internasional namun dipilih oleh Dekat karena mengadaptasi sosoknya yang punya kekuatan besar menaklukan dunia.

 

Sedangkan pada lagu Machete, Dekat lebih membahas dampak buruk media sosial terhadap mental seseorang yang bisa mengambil banyak waktu hidupnya di sana. Hubungan pemilihan judul Machete sendiri adalah diambil dari film sadis favorit para personil Dekat yang diperankan Danny Trejo. Machete menjadi kiasan yang tepat, di mana Dekat menggambarkan media sosial layaknya sebuah algojo yang mengiris perlahan setiap harinya dengan belati yang tumpul.

 

Penasaran live session-nya kayak gimana? Lo bisa cek langsung di sini, hanya di MLDSPOT TV. Share dong di kolom komentar, lagu mana yang paling lo suka dan kenapa alasannya? Ditunggu bro!

Comments

Kereeeeeeennnnnnnnn
Kereeeeeeennnnnnnnn